Ada Fauna Langka Yang Lahir Di Bandung Zoological Garden

Hewan Tapir di Bandung Zoological Garden (Foto: Rivansyah Dunda)


ALGIVON - Pada 30 Agustus 2022 Bandung Zoological Garden (BAZOOGA) kedatangan anggota baru. Novi, Tapir berusia 12 tahun baru saja punya penerus. Tapir Malayan tersebut melahirkan anak seberat kurang lebih 15 kilogram. Bayi Tapir yang belum memiliki nama ini lahir setelah jantan pasangan Novi mati beberapa waktu lalu. 

BayiTapir yang belum bernama ini memiliki corak yang berbeda dengan induknya. Namun, setelah berusia 4 bulan, corak itu akan berubah seperti warna induknya yaitu dominan hitam dan putih. Tapir adalah hewan langka, yang tidak semua kebun binatang memilikinya.

Bayi Tapir sedang bermain dengan Zookeeper Bandung Zoological Garden (Foto: Rivansyah Dunda)

Mahluk Nocturnal

Kini Bazooga punya anggota Tapir menjadi 11 ekor yang terdiri dari 6 ekor jantan dan 5 ekor betina. Supaya air susu Novi lancar, secara berkala dua kali sehari diberi makanan berupa kangkung, buncis, wortel, dan pepaya.
 
Tapir hewan yang soliter, kecuali musim kawin. Aktivitasnya lebih banyak pada malam hari (nokturnal). Kegiatan memah biak biasanya dilakukan sambil tetap terus berpindah-pindah. Jangkauan jelajah tapir sangat luas karena mereka cenderung berjalan jauh untuk menemukan lokasi yang kaya garam mineral.

Novi di penangkaran Bandung Zoological Garden (Foto: Rivansyah Dunda)

Tapir adalah binatang herbivora yang memakan dedaunan muda di sepanjang hutan atau pinggiran sungai. Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia. Kira-kira apa ya nama bayi Tapir ini nanti?(RD)

TELUSURI

Ada Fauna Langka Yang Lahir Di Bandung Zoological Garden Ada Fauna Langka Yang Lahir Di Bandung Zoological Garden Reviewed by Harri Safiari on 19.03 Rating: 5

Tidak ada komentar