Sektor 3 Satgas Citarum Harum Subsektor 2 & 4, Sungai di Mandalahaji & Tanjungwangi, Pacet Kab. Bandung: Kinclong, and Lancar Aliran …



Bahu membahu TNI & warga memperlancar aliran di DAS Citaum 

Algivon – Kabar teranyar dari  Dansektor 3 Satgas Citarum Harum, Kol. Inf. Parulian Marpaung S,Sos.M.M, pada Selasa, 14 Januari 2020 khusus satuannya di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, subsektor 2 di Kampung Salakaso RT 14 RW 04 Desa Mandalajati, dan subsektor 4 di Kampung Cinunuk RT 05 RW 05 Desa Tanjungwangi, melakukan kegiatan pembersihan dan kurve di sungai masing-masing daerah.

“Kegiatan ini kami lakukan secara berkelanjutan, utamanya untuk memberikan contoh nyata kepada warga yang tinggal di bantaran sungai dalam kaitan mensukseskan visi dan misi Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang ‘Revitalisasi DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum,” papar Dansektor 3 Satgas Citarum Harum kepada redaksi.


Dalam progres menuju perubahan penataan bantaran sungai  ...

Mengapa bantaran sungai dan anak sungai maupun cicit (Sub DAS) sungai Citarum kami garap bersama warga setempat saat ini secara intensif? “Tiada lain, awal tahun 2020, sudah masuk awal musim hujan,” ujar Parulian Marpaung yang dalam penugasannya di area Kabupaten Bandung relatif telah mengenal karakter warga setempat.

Bagi Peltu Agus ‘pegendali tugas’ di Subsektor 2, dan rekannya Sertu Heru ‘pengendali tugas’ di Subsektor 4, secara umum upaya pembersihan bantaran dengan membabat rumput liar, mengangkut sampah ke daratan dari masing-masing sungai sepanjang 200 – 300 meter bersama warga setempat yang tergabung pada kelompok ‘Gober’ (Gotong Royong Bersama), memiliki kesan tersendiri.

Sungai dan bantaran, semoga semakin kinclong di Sektor 3 Citarum Harum, menuju revitalisasi DAS Citarum

“Apresiasi dari warga setempat yang bantaran dan sungainya kami bersihkan, tak urung beroleh perhatian tulus. Kami percaya ini, akan memberikan efek positif dimasa depan, mereka sendiri akan lebih peduli pada pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem,” papar Peltu Agus yang diamini rekannya Sertu Heru dengan menirukan omongan warga yang dibantunya – “Gara-gara ada Pak TNI, daerah kami jadi lebih kinclong, and lancar aliran … sungainya.”

Sementara itu Dansektor 3 Satgas Citarum Harum, menutup reportase ini kembali memaparkan sejumlah optimisme: “Warga di Kecamatan Pacet khususnya, dalam beberapa bulan terakhir ini, mulai menyadari pentingnya menjaga dan mempertahankan ekosistem lingkungan yang baik,” ujarnya dengan memberi contoh nyata –“Di beberapa sudut yang tadinya sampah sering menumpuk, kini berangsur hilang. Harapannya, ini akan menjadi kebiasaan untuk menjaga kebersihan lingkungan.”(Harri Safiari)
Sektor 3 Satgas Citarum Harum Subsektor 2 & 4, Sungai di Mandalahaji & Tanjungwangi, Pacet Kab. Bandung: Kinclong, and Lancar Aliran … Sektor 3 Satgas Citarum Harum Subsektor 2 & 4, Sungai di Mandalahaji & Tanjungwangi, Pacet Kab. Bandung: Kinclong, and Lancar Aliran … Reviewed by Harri Safiari on 23.49 Rating: 5

Tidak ada komentar