Pertama Kali Rapat Paripurna DPRD Jabar Dihadiri Pj Gubernur Jabar, Ketua DPRD Jabar: Bahas Dua Agenda Utama & Penting


Ketua DPRD Jabar H. Taufik Hidayat (ke-3 dari kiri) dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Mahmudin (ke-2 dari kiri) usai Rapat Paripurna DPRD Jabar (8/9/2023). (Foto: Ist).  




Algivon.com  -- DPRD Jawa Barat hari ini Jumat (8/9/2023) ini terbilang istimewa, pasalnta digelar Rapat Paripurna DPRD Jabar. Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidaya, dan didampingi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru’yat, Ineu Purwadewi Sundari, Ade Ginanjar dan Oleh Soleh, dihadiri oleh Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin setelah dirinya dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian di Jakarta (5/9/2023). Rapat paripurna yang berlangsung di Kantor DPRD Jabar di Jl. Diponegoro No. 27, juga dihadiri oleh unsur-unsur dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar.

 

Sejatinya, ada dua agenda utama dalam Rapat Paripurna kali ini, yaitu penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Gubernur dan DPRD Jawa Barat atas Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran (TA) 2024, dan persetujuan DPRD Jawa Barat terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Daerah.

 

Pada kesempatan ini Taufik Hidayat menuturkan, KUA-PPAS Provinsi Jabar TA 2024 merupakan bagian dari dokumen kebijakan anggaran yang harus dibahas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Pada pihak lain, DPRD Jawa Barat melalui Badan Anggaran (Banggar) telah membahas KUA-PPAS 2024 tersebut, dan Sekretaris DPRD Jawa Barat telah menyampaikan KUA-PPAS APBD Provinsi Jabar TA 2024 pada 31 Juli 2023 dalam rapat Banggar.

 

“Selanjutnya untuk memenuhi amanat peraturan tata tertib DPRD Pasal 180. Hari ini dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Gubernur dan DPRD Jawa Barat atas Rancangan KUA-PPAS APBD TA 2024,” papar Taufik Hidayat dalam penjelasan di Rapat Paripurna DPRD Jabar ini.

 

Pembahasan pada agenda kedua, berupa persetujuan DPRD Jawa Barat terhadap Raperda tentang Penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Daerah sekaligus penandatangan persetujuan bersama. Hal ini dilakukan karena Panitia Khusus (Pansus) IV telah menyelesaikan pembahasan Raperda tersebut.

 


Suasana Rapat Paripurna DPRD Jawa Barat (8/9/2023) (Foto: Ist.).




Hari itu Pansus IV harus melaporkan hasil kerjanya, dan selanjutnya Raperda tentang Penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Daerah tersebut disetujui bersama DPRD Jawa Barat.

 

Pada rapat paripurna yang terdiri atas dua agenda itu, Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menyampaikan sambutan dan pendapat yang intinya, bersiap setiap saat untuk melakukan kerjasama sesuai aturan dan tata kelola pemerintahan yang berlaku, “semua landasannya, demi meningkatkan kesejahteraan warga Jawa Barat pada umumnya,” terang Bey Triadi Machmudin. (HS/Rls).

 

 

 


Pertama Kali Rapat Paripurna DPRD Jabar Dihadiri Pj Gubernur Jabar, Ketua DPRD Jabar: Bahas Dua Agenda Utama & Penting Pertama Kali Rapat Paripurna DPRD Jabar Dihadiri Pj Gubernur Jabar, Ketua DPRD Jabar: Bahas Dua Agenda Utama & Penting Reviewed by Harri Safiari on 10.26 Rating: 5

Tidak ada komentar