M Farhan Anggota DPR RI Disela Kundapil di Cijawura kota Bandung, Kritisi Pencegahan Demam Berdarah

  

Algivon – Kehadiran Anggota DPR RI dari Partai NasDem Dapil Jabar l (Bandung-Cimahi), Muhammad Farhan saat melakukan Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) di RW 03 Kelurahan Cijawura Kecamatan Buahbatu kota Bandung, Minggu, (9/2/2020), disambut suka cita warga setempat.

“Semoga saja Oom Farhan tak hanya sekarang hadir ke tempat kami. Sering juga tak mengapa?” celetuk Mak Minah (48) warga Cijawura yang tahu idolanya dulu sebagai presenter di stasiun TV nasioanl – “Ya, dulu kan suka bikin quiz quiz gitulah, sekarang bawa fogging ke daerah kami. Hatur nuhun, biar bisa berantas nyamuk demam berdarah. Biasa musim hujan selalu ada korban.”

Diketahui pada Minggu pagi itu Farhan hadir diiringi tim fogging terdiri atas dua orang. “Ini untuk PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) karena di RW 03 ini sudah terjadi dua kasus Demam Berdarah,” ujarnya dengan menambahkan - “Biarlah kader Nasdem dengan warga lainnya, memulai pencegahan merebaknya DBD.”

Tatkala ditanya para pewarta mengapa pemerintah setempat, harus menunggu minimal 3 korban Demam Berdarah, baru diadakan fogging? Menjawab hal ini, Farhan spontan melontarkan semacam kritik kepada para pembuat kebijakan:”Coba saja kita kaji secara logika, khususnya tentang apa itu makna konsep pencegahan dalam konteks penyakit Demam Berdarah? Sepertinya, fogging hanya dilakukan setelah jatuh korban di suatu daerah?” urainya dengan gestur penuh tanda heran.


Namun, akhirnya Farhan menjawab sendiri keheranan itu dengan menjelaskan, kemungkinan ini untuk efesiensi. “Sebaiknya, untuk hal ini jangan ada unsur untung rugi, melainkan tepat guna atau tepat sasaran. Yang lebih penting lagi, justru pola hidup sehat dan bersih, itu yang harus lebih digalakkan,” imbuhnya yang hari itu rombongannya membawa sumbangan satu set sound system untuk kegiatan senam di daerah ini – “Biar warga rajin senam, dan badan sehat tentunya.”

Menyinggung isi dialog dengan penduduk Cijawura yang bercirikan campuran warga urban dan sedikit pedesaan, Farhan mensyukuri makna fenomena stunting (gizi kronis) sudah mulai dikenal cara mencegahnya di daerah ini. Menurutnya, rata-rata di negara kita masih sekitar diidap sekitar 35 anak dari 1.000 kelahiran:”Semoga di tahun 2030, dicapai zero stunting di negara kita.”

“Makanya, fungsi Posyandu di negara kita ini amatlah perlu. Mereka ini salah satu ujung tombak dalam hal peningkatan taraf hidup kesehatan,“ tuturnya yang sehari-hari di DPR RI di Komisi I berurusan dengan masalah luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelejen.(Harri Safiari)
M Farhan Anggota DPR RI Disela Kundapil di Cijawura kota Bandung, Kritisi Pencegahan Demam Berdarah M Farhan Anggota DPR RI Disela Kundapil di Cijawura kota Bandung, Kritisi Pencegahan Demam Berdarah Reviewed by Harri Safiari on 12.39 Rating: 5

Tidak ada komentar