Gantikan Enjang Mulyana, Asep Sukendar Ketua IKA Menwa Mahawarman Yon XI/UPI 2021 -2024 : Solusi untuk Dana Rutin …

 


 helatan Musyawarah dan Pemilihan Ketua Ikatan Keluarga Besar Resimen Mahasiswa mahawarman YON XI UPI (5/6/2021) - Perkokoh kesatuan dan persatuan di lingkungan internal keluarga besar ...




Algivon – Meski masih ditengah pandemi Covid-19, helatan Musyawarah dan Pemilihan Ketua Ikatan Keluarga Besar Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon XI Universitas Pendidikan Indonesia ( IKA Menwa Yon XI/UPI), berjalan mulus. Galibnya acara ini mengusung tema “Melalui Silaturahmi IKA YON XI Kita Tingkatkan Jiwa Korsa”. Peserta  musyawarah  ini sebanyak 23 orang (luring), dan puluhan orang (daring). Mereka ini merupakan  perwakilan masing-masing angkatan, dan 28 orang panitia, tempatnya berlangsung di Mako Menwa Yon XI Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung, Sabtu (5/6/2021).

 

Menurut pantia penyelenggara, kegiatan yang dilakukan sebagai gabungan dari dua purna Komandan Menwa Yon XI/UPI lintas generasi, angkatan 1973 (masuk), dan angkatan 44/2016 (masuk) yaitu Drs. H. Umar Djani Martasuta, M.Pd. (Ketua Pengarah), dan Reza A. Suntara, S.Pd. (Ketua Pelaksana), serta presidium pimpinan sidang Drs. Dadang Wahidin angkatan1973 (masuk), telah merampungkan kesepakatan dan pengesyahan AD/RT IKA Menwa Yon XI/UPI yang mandiri dan tidak berafiliasi ke organisasi manapun sebagai landasan organisasi yang harus dipatuhinya. Selain itu juga, meluncurkan buku sejarah Menwa Yon XI/UPI sebagai wawasan bagi generasi penerus.

 

 Ketua IKA Menwa Yon XI/UPI demisioner, Dr. Enjang Mulyana, M.Si., kepada redaksi, menjelaskan:“Hari ini ada yang luar biasa, semenjak saya dilantik yang pertama dan kedua, tidak dibekali oleh administrasi apapun, dan kita buta dengan sejarah menwa Yon XI/UPI termasuk belum adanya AD/RT. Maksudnya, belum disepakati,” ujar Pak E alias Enjang Mulyana, dalam kata sambutannya.

 

Sebelumnya dalam hal pemilihan Ketua IKA Menwa Yon XI/UPI, terjaring dua bakal calon Ketua IKA yaitu Dr. Asep Sukendar, M.Pd. dan Drs. Dudi Komaludin. Rencananya,  proses pemilihan akan dilaksanakan melalui voting, namun pada sesi verifikasi bakal calon, Drs. Dudi Komaludin menyatakan mundur dari pencalonnya. Walhasil, Asep Sukendar  dinyatakan terpilih secara aklamasi sebagai ketua IKA Menwa Yon XI/UPI masa bakti 2021-2024.



Asep Sukendar, Ketua IKA Menwa Mahawarman Yon XI/UPI 2021 -2024 - memunculkan solusi 'permanen', mencari bantuan dana di luar anggaran rutin UPI secara institusional ? Perlu kebersamaan !


 

“Bersyukur prosesnya lebih cepat dari yang dijadualkan, sukses dan lancar. Azasnya, musyawarah mufakat, Kang Asep terpilih secara aklamasi,” papar Kang Huzaenal salah satu senior purna Komandan Menwa Yon XI/UPI angkatan 1968 (masuk), dengan menambahkan  – “Periode kepemimpinan mendatang, justru harus kita back up, demi penyempurnaan.”

 

Bagi Asep Sukendar, alumni Menwa YON XI/UPI angkatan 10/1981 (masuk), yang juga purna Komandan Menwa Yon XI/UPI 1984, menamatkan program S-1 dari FKSS Jurusan Sastra Indonesia IKIP/UPI, S-2 UPI dan S-3 UNY, kini berkarir sebagai Kepala Sekolah SMA Presiden – Boarding School, di Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat. Sebelumnya Asep Sukendar pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA Taruna Magelang, Jawa Tengah:

 

”Terima kasih atas dukungan rekan-rekan. Satu saja keinginan saya. Bantulah dikepengurusan yang baru ini. Tujuannya, agar kita dapat membantu adik-adik Menwa aktif, lebih maksimal. Dan mari kita tumbuhkan jiwa korsa antara sesama menwa aktif dan alumni, sebagai ajang silaturahmi. Insya Alloh saya siap mengemban amanah ini,” tutur Asep  saat ia menyampaikan visi misinya.

 

Tak berapa lama usai sukses digelar helatan ini, ucapan selamat pun mengalir deras, ratusan pesan dari pelosok Nusantara, baik peserta Musyawarah yang hadir langsung (luring) maupun yang melalui fasilitas zoom meeting (daring) dan di group WA Mahawarman serta group WA IKA Menwa Yon XI/UPI, datang silih berganti.

 


Solusi, Bantuan di luar UPI

 


Secara khusus hari itu pula Asep Sukendar menyatakan tentang bocoran info bahwa Markas Komando Menwa Batalyon XI/UPI (Mako Menwa Yon XI), yang saat ini menempati gedung heritage, harus dikosongkan sampai batas waktu bulan Oktober 2021:

 

“Akan ada penataan bangunan heritage di sekitar kawasan ini oleh UPI. Sebagai gantinya, akan dibangunkan gedung Mako Menwa Yon XI/UPI yang baru. Lokasinya masih tentative. Semoga saja lokasinya strategis seperti mako saat ini, karena mobilitas yang tinggi, menwa memerlukan lokasi strategis.”



Dalam rangka, membina kebersamaan demi keberlangsungan eksistensi Resimen Mahasiswa Mahawarwan Yon XI/UPI - tatap muka di segala lini dalam berbagai matra ... 


 

Masih kata Asep Sukendar untuk ke depan masih ada tantangan rutin bagi organisasi ini, yakni membina dan mengembangkan silaturahim antar anggota dan keluarga besar Menwa XI/UPI:


”Utamanya, pada program rutin Menwa organik/aktif, seperti pendidikan dan latihan dasar (diklatsar). Biasanya, satuan anggarannya cukup besar. Ini perlu kami carikan solusinya, di luar bantuan dari institusi UPI.”

 

 Secara terpisah Komandan Batalyon XI Menwa UPI, Muhammad Aldi Jatnika, dikonfirmasi terkait rencana pemindahan mako menwa Yon XI/UPI, pihaknya membenarkan dan menjelaskan beberapa hari lalu, dirinya pernah didatangi tim arsitek dari PT. EDUN, selaku Badan Usaha Milik (BUM) UPI, bahkan hari ini (5/6/2021) asiteknya mau datang men-survey untuk mengukur mako:


“Berharap semoga ada solusi terbaik, kedepannya kita tetap memiliki Mako seperti Batalyon-Batalyon di Perguruan Tinggi lain. Setidaknya seperti salah satu perguruan tinggi di Bandung, menurut saya gedung Mako Menwanya megah dan strategis .”

 


Temu Alumni

 


Lainnya, kehadiran para alumni di mata Danyon XI Menwa UPI, Muhammad Aldi Jatnika, yakni para alumni yang selama ini hanya muncul di group-group WA misalnya, adalah berkah tersendiri. ”Kami menjadi kenal lebih dekat dengan para alumni yang besar perannya bagi organisasi ini. Terpilihnya Pak Asep Sukendar menggantikan Pak E yang selama ini penuh perhatian bagi Menwa YON XI/UPI, sangatlah menggembirakan kami”.

 

 Diketahui, Resimen Mahasiswa Mahawarman YON XI ini sejak berdiri tahun 1967, telah memiliki ribuan alumni yang tersebar di pelosok Nusantara. Sebagian besar alumninya berkair di bidang kependidikan yang tergabung di berbagai lembaga berstatus negeri maupun swasta, yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara.


Demi peningkatan rasa korsa di keluarga besar Resimen Mahasiswa Mahawarman Yon XI/UPI - pereratlah ajang silaturahim ... 

 

Sementara itu Dadan Yusuf, alumni Menwa Mahawarwan Yon XI/UPI, juga salah satu anggota DPRD kota Sukabumi, yang kebetulan sempat hadir.  ”Terpilihnya Kang Asep, kami dukung sepenuhnya. Trpenting, marilah kita tetap tanamkan jiwa korsa, dan selalu bersilaturahmi sepanjang masa.”  (Harri Safiari/ destinasiaNews)

 


Gantikan Enjang Mulyana, Asep Sukendar Ketua IKA Menwa Mahawarman Yon XI/UPI 2021 -2024 : Solusi untuk Dana Rutin … Gantikan Enjang Mulyana,  Asep Sukendar Ketua IKA Menwa Mahawarman Yon XI/UPI 2021 -2024 : Solusi untuk Dana Rutin …  Reviewed by Harri Safiari on 12.21 Rating: 5

Tidak ada komentar