Ringankan Lonjakan Kasus Covid-19, Singapura Kirim Bantuan Alkes untuk Indonesia



Serah terima bantuan dari pemerintah Singapura untuk Indonesia di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta (9/7/2021) - Total 10 ton Alkes .... (foto, Puspen TNI)

 


Algivon --  Demi meringkan beban pemerintah Indonesia dalam menangani lonjakan kasus pandemi Covid-19, pemerintah Singapura melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta mengirimkan Alat Kesehatan (Alkes). Rencananya, Alkes ini akan gunakan oleh Rumah Sakit khusus Covid-19 dan Nakes (tenaga Kesehatan)  yang tengah bertugas di lapangan. Tempat dan waktui penyerahan bantuan ini di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Jumat, (9/7/2021).

 

Bantuan Alkes ini diangkut mengunakan dua pesawat Hercules  SAF 9179 & SAF 9180 milik Republic Singapore Air Force (RSAF). Bantuan ini setiba di Lanud Halim Perdanakusuma, langsung diserahterimakan secara simbolis oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Mr. Anil Kumar Nayar kepada Menteri Luar Negeri RI, yang diwakili oleh Kepala Biro Umum Kementerian Luar Negeri RI Sigit S. Widiyanto, S.IP., yang didampingi oleh Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., dan perwakilan pejabat dari Kemenkes RI dan Puskes TNI.

 

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., menyampaikan bahwa bantuan Alkes ini diangkut menggunakan dua pesawat Hercules dengan berat masing-masing 5 ton, total bantuan kali ini 10 ton. Isinya, masing-masing berupa ventilator, tabung kosong oksigen, masker bedah, dan APD. Lainnya untuk bantuan tabung isi oksigen, akan dikirim melalui jalur laut dan akan tiba di Indonesia pada hari Rabu (14/7/2021) di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, menggunakan kapal milik pemerintah Singapura.

 

"Seluruh Alkes bantuan pemerintah Singapura selanjutnya akan disalurkan ke Kemenkes RI, Kemenhan RI dan Mabes TNI yang kemudian akan diserahkan ke tiga Angkatan untuk segera didistribusikan penggunaannya," ujar Danlanud.

 

Sebelum meninggalkan bandara, seluruh Alkes diperiksa kelengkapan dokumennya oleh tim Bea Cukai Halim Perdanakusuma.

 

Rinciannya, seluruh bantuan Alkes ini terdiri dari 220 ventilator, 756 unit tabung isi oksigen konsentrat, 600 Philips Respironics Everflo Oxygen Concentrators, 75.000 buah masker bedah, 25.000 buah masker N95, 2000 pasang sarung tangan bedah, 1000 tutup kepala bedah OKA dan 1000 pakaian APD.

 

Turut hadir dalam penyerahan bantuan Alkes ini Kabidmatfaskes Puskes TNI Kolonel Laut (K) Asngari, Apt., Plh. Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI Dr. Sumarjaya, S.Sos, SKM., M.M., MFP, CFA., dan Kasi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Halim Perdanakusuma Bobi Patigor Tampubolon, S.H. (Harri Safiari/KabidpeninterPuspen TNI)

Ringankan Lonjakan Kasus Covid-19, Singapura Kirim Bantuan Alkes untuk Indonesia Ringankan Lonjakan Kasus Covid-19, Singapura Kirim Bantuan Alkes untuk Indonesia Reviewed by Harri Safiari on 16.07 Rating: 5

Tidak ada komentar