Seca Berbudhy Laksono ‘Mas Don’ Jurnalis Bandung Pendiri Jurnalis Bela Negara, Tutup Usia



Seca Berbudhy Laksono ‘Mas Don’  23/1/1982  --  29/6/2021, Selamat Jalan Kawan ...


 


Algivon – Awan mendung pada minggu terakhir di bulan Juni 2021 entah kebetulan atau apa, sepertinya sarat dengan rona kelabu.  Pasalnya, menyusul kepergian salah satu jurnalis senior di kota Bandung, Isur Suryana (55) yang akrab disapa Kang Isur yang kembali ke alam baka pada Selasa pagi (29/6/2021) dan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cicalengka Kabupaten Bandung, hanya berbilang jam pada malam harinya kabar duka tentang pegiat jurnalis Seca Berbudhy Laksono yang akrab disapa Mas Don tutup usia menyusul kepergian Kang Isur. Sejatinya, antara almarhum Kang Isur dan almarhum Mas Don yang terakhir ini dikenal sebagai salah satu pendiri Jurnalis Bela Negara (JBN), selama di lapangan khususnya mereka ini kerap bekerjasama. Almarhum Kang Isur pun, kerap ikut terlibat dalam beberapa kegiatan di JBN yang baru berdiri pada 2017 lalu.   

 

Almarhum Mas Don pada Rabu pagi (30/6/2021) disemayamkan di kediamannya di jalan Kebon Jati No.1 Bandung, dan dimakamkan di TPU Sirnaraga Blok C jalan Pajajaran Bandung.

 

Selama pemakaman di TPU Sirnaraga tampak orang-orang terdekat Mas Don mendampingi keluarga besar Mas Don, hadir di antaranya Abah Alam Aditya dari Kawargian Abah Alam, Notaris Victory atau biasa disapa Bang Victor, juga para sahabat Mas Don di antaranya Ari Mulia Subagja, Peter, Wawan, Nyoman, Roedi Wiranatakusumah, Kasi Penerangan Media Elektronik (Penmedelek) Kodam III/Siliwangi Mayor Kav Susanto, dan keluarga besar Jurnalis Bela Negara (JBN).

 

Kiprah Mas Don

 

Mas Don dikenal sebagai salah satu pendiri organisasi profesi kewartawanan Jurnalis Bela Negara (JBN) pada tahun 2017, Pria kelahiran 23 Januari 1982 ini merupakan Putra dari Soedibyo Boedhilaksono. Sejak la ia tertarik dan menggeluti dunia kewartawanan yang dipadukan dengan unsur bela negara, maupun kemiliteran di Indonesia.

 

Secara personal Mas Don sendiri merupakan pendiri beberapa media online, di antaranya Seputar Jabar, SJOnews, Kabar Militer, Top Militer, Mitra Polisi, Mata Brata, Inohong, Asyikaja, Koran Bandung, dan Warta Kimjakpol.

 

Mas Don memulai karir kewartawanannya sejak akhir tahun 90an hingga akhir hayatnya, Mas Don sendiri lebih banyak memberitakan kegiatan kemiliteran, serta telah meliput di daerah-daerah konflik seperti di Papua, Poso, dan beberapa daerah lainnya. Kisah perjalanan peliputan Mas Don ke daerah konflik di tanah air ini, sering menginspirasi rekan-rekan jurnalis di Bandung.

 


Mas Don diberbagai kalangan dikenal sebagai sosok yang berkepribadian hangat, (Foto: istimewa)


 

Sosok Mas Don yang khas dengan pesona dirinya yang cepat akrab dengan siapa pun, kerap terasa mencair di kalangan para Jenderal TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, baik bintang satu, dua, tiga, hingga empat. Uniknya, Mas Don lebih senang berada di balik layar alias tidak memperlihatkan kedekatannya dengan para Jenderal. Mas Don juga mempunyai banyak kawan dari kalangan TNI dan Kepolisian mulai dari pangkat Kapten, Mayor, Letkol hingga Kolonel.

 

Mas Don juga sangat dekat dengan beberapa Pejabat dari kalangan sipil, dan para pengusaha, pastinya Mas Don tidak pernah memilih-milih dalam hal perkawanan, almarhum kerap dikenal siap membantu siapa saja yang sedang membutuhkan pertolongan. Sisi lainnya, di kalangan jurnalis Bandung, Mas Don ibarat kamus berjalan dalam hal kemiliteran. Tak pelak ia selalu dimintai pendapat dan petimbangan, sekaligus sebagai rujukan handal untuk bahan pemberitaan.

 

Salah satu kawan Mas Don bernama Iwan Lumintang mengatakan, dirinya sangat kehilangan sosok Mas Don, “Saya sudah tidak bisa lagi tertawa terbahak bahak bersama Mas Don, tidak ada lagi makan sate bersama, bersenda gurau, investigasi malam malam, dan kebut-kebutan mengejar berita,” ujarnya ketika ditemui selama di TPU Sirnaraga.



Dua sosok wartawan Bandung nyaris pada hari yang sama Selasa, 29 Juni 2021 hanya berbeda jam, Kang Isur (kiri) dan Mas Don pergi meninggalkan kita - Insya Alloh warisan dan amanahnya akan diteruskan oleh rekan-rekannya ... (foto:istimewa) 


 

Lainnya, terrekam ucapan duka mendalam salah satunya dari sobat kentalnya pengacara Roedy Wiranatakusumah, tertulis ‘My beloved brother Alm. Don..extraordinary good man. We miss you Alfatih dengan tambahan emoticon sedih yang mendalam, ini tercuplik di group percakapan WhatsApp (WA) internal JBN. Masih di group percakapan WA ini, Harisman sebagai salah satu kawan dekatnya menulis ‘Dua sahabat kita Kang Isur dan Mas Don telah berpulang ke Rahmatullah, semoga di akhir hidup keduanya  khusnul khatimah....Alfatihah amin ya robal alamin.

 

 

Kata Jay, Sahabatnya …

 

Tersiar kabar dari salah satu Anggota JBN bernama Fajar Ariffulloh, dirinya bersama Tedi, Bagoes, dan Nyoman, sempat mengantar Almarhum Mas Don berobat ke Jaya Abadi Klinik dan menemui dr Azril Hasan pada Kamis sore, (24/6/2021), dan Mas Don seperti biasa didiagnosa Asma.

 

Fajar Ariffulloh mengatakan, sejak Mas Don sakit dan berobat, dirinya bersama Tedi rutin menengok Mas Don di Awiligar, namun takdir berkata lain, pada Kamis sore, (29/6/2021), saat Fajar dan Tedi menengok Mas Don di Awiligar, termyata Mas Don sudah meninggal di kamarnya dalam posisi bersujud.

 

Salah satu sahabat Mas Don bernama Hasan Zaelani atau biasa disapa Jay menyatakan, sosok Mas Don itu merupakan orang baik, ia selalu membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Menurut Jay pula, kiprah atau warisan yang ditinggalkan Mas Don dalam hal peletakan ide besar maupun gagasan salah satunya  untuk meningkatkan profesi jurnalistik melalui upaya pendirian JBN, harus terus kita jalankan, janganlah kendor tanpanya.   

 

 “Selamat jalan kawan, sampai jumpa di kehidupan yang lain,” ujar Jay yang khusus datang langsung dari Cirebon untuk menghadiri pemakaman Mas Don. Diketahui, Jay bahkan sempat membonceng ibu Kandung Mas Don ke pemakaman. (Harri Safiari/BRH)

 


Seca Berbudhy Laksono ‘Mas Don’ Jurnalis Bandung Pendiri Jurnalis Bela Negara, Tutup Usia Seca Berbudhy Laksono ‘Mas Don’ Jurnalis Bandung Pendiri Jurnalis Bela Negara, Tutup Usia Reviewed by Harri Safiari on 11.04 Rating: 5

Tidak ada komentar