FAGI & KPAI Sepakati Pembelajaran Tatap Muka - Usai Guru & Siswa Beroleh Vaksin Covid-19 !


 Pembelajaran tatap muka (PTM), setelah vaksinasi Covid -19 ? (foto MediaIndonesia/ilustrasi)


Algivon – Kabar paling anyar dari Ketua FAGI (Forum Aksi Guru Indonesia) Jabar, Iwan Hermawan pada Kamis, 3 Desember 2020 mengabarkan telah dicapai kesepakatan antar lembaganya dengan KPAI (Komite Perlindungan Anak Indonesia), menyarankan agar pelaksanaan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) di sekolah digelar setelah dilakukan vasinasi Covid-19, baik siswa maupun guru. Tentu, dengan catatan khusus, vaksin yang diberikan pun harus dijamin keamanannya.

 

"Kebijakan PTM ini dapat dilakukan oleh semua pihak, jika para siswa dan guru sudah dilakukan suntik vaksin, agar kita bisa menghadirkan pencegahan maksimal kepada peserta didik dan guru  dari keterpaparan covid19," kata Iwan Hermawan.

 

Galibnya, vaksinasi bisa dilakukan pada Januari 2021 kepada peserta didik dan guru. Diketahui, potensi anak dan guru  terpapar virus corona cukup tinggi. Dalam hal ini FAGI dan KPAI mengutip data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada indikasi bahwa dari sembilan orang ada satu anak reaktif Covid-19ovid-19.

 

Lebih jauh menurut Iwan Hermawan, kebanyakan anak-anak yang positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala. Namun beberapa kasus juga ada yang bergejala hingga masuk ruang ICU.

 

"Tentu realitas ini jangan dianggap sepele para orang tua. Bukan untuk menakuti, tapi benar-benar menyiapkan protokol kesehatan, dan kebutuhan khusus anak lainnya.”


Demikian juga guru di beberapa sekolah,  “Banyak guru yang terpapar covid 19 karena setelah melaksanakan PTM.”

 

Penerapan pembelajaran jarak jauh selama sembilan bulan ini memang menjadi masalah terberat. Terutama soal komunikasi yang kurang efektif antara anak, orang tua dan guru.


"Sebenarnya kalau terjalin baik di PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), akan sangat menolong menyegarkan belajar anak dari rumah."

 

Namun Saat  ini siswa dan guru memasuki titik jenuh PJJ, agak beruntung tertolong oleh  masa Penilain Akhir Semester (PAS) pada minggu-minggu ini, artinya pada bulan Desember 2020.

 

Akhirul kata, FAGI dan KPAI, khusus mencermat  masa PTM yang kemungkinan dimulai pada Januari 2021, Kemendikbud yang didukung 3 mentri  lainnya merencanakan akan menggelar PTM di seluruh Indonesia:


“Hal yang krusial ini kelak harus seizin atau rekomendasi dari Satgas Covid-19 yang datang dari pemda setempat serta dari orang tua siswa,” pungkas Iwan Hermawan sambil menambahkan - ”Intinya, harus yang terbaik buat anak-anak kita, dan tidak boleh karena hal-hal yang subyektif.”  (Harri Safiari)

FAGI & KPAI Sepakati Pembelajaran Tatap Muka - Usai Guru & Siswa Beroleh Vaksin Covid-19 ! FAGI & KPAI Sepakati Pembelajaran Tatap Muka - Usai Guru & Siswa Beroleh Vaksin Covid-19 ! Reviewed by Harri Safiari on 12.58 Rating: 5

Tidak ada komentar