Umar Sumarta & Aksi Peduli Covid-19: Semula di TPU Cikadut Kini di Alam Santosa: Gotong-royong Seantero Jagat


 


Algivon    -- Menyambung pemberitaan ihwal Umar Sumarta (73) ‘Seniman Dunia’ atawa maestro pelukis yang dirinya antusias, berencana  ingin menyumbang  sejumlah dana melalui karya lukisnya, untuk para penyintas atau korban pandemi Covid-19 di negara kita. Rencananya, Umar Sumarta akan melukis secara langsung di lokasi.  “Wah, makin bulat tekad saya. Saya saksikan sendiri sebagian korban pandemi di Bandung dan sekitarnya. Puluhan, bahkan katanya pernah mendekati seratusan tiap hari.  Ini bencana luar biasa, cepatlah ini berakhir, sembuhlah dunia,” paparnya. Hari Rabu siang, 4 Agustus 2021, Umar Sumarta diantar rekannya Djen Hermawan berkunjung khusus ke area TPU (Tempat Pemakaman Umum).

 

Ada hal yang menarik selama Umar Sumarta beberapa saat mengamati TPU Cikadut yang dihadapannya terhampar ratusan hingga ribuan makam penyintas Covid-19, rata-rata dalam kondisi makam yang masih relatif baru – spontan kala itu,  ia berteriak mengumandangkan beberapa bait dari salah satu puisi seniman besar negara kita Chairil Anwar. “Saya agak lega, barusan telah mengungkap  keprihatinan melalui puisi kemanusiaan. Puncaknya, semoga niat melukis di lokasi ini untuk amal membantu sesama, segera terwujud. Inginnnya segera, namun itu tergantung rekan-rekan yang mengurus soal teknis.”

 

Lainnya, sejumput Umar Sumarta secara spontan melantunkan puisi keprihatinan yang memiliki intonasi khas dari pria seusianya, malah terkadang terdengar cukup menggelegar ke beberapa sudut di TPU Cikadut yang nyaris sepi. Reaksinya, malah ada  beberapa penggali kubur yang sedang beristirahat di beberapa sudut sempat terhenyak. Namun seketika, mereka langsung mengerti ketika diberitahu siapa Umar Sumarta:”Oh, ya saya tahu siapa Pak Umar seniman lukis yang ada di pemberitaan akhir-akhir ini. Malah, kan sudah ada di youtube ya?” kata Uwen (35) salah satu penggali kubur yang  sedang beristirahat, tampak ia seakan tak pernah lepas memegang gadget di tangannya.

 

 

Ada Perubahan Tempat  

 


Usai Umar Sumarta mengunjungi TPU Cikadut pada Rabu siang itu, sorenya ia berkunjung ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa. Lokasi ini  masih di satu hamparan letaknya dengan Desa Cikadut, Cimenyan Kabupaten Bandung yang juga dikenal sebagai kediaman Eka Santosa.  Menurut Djen Hermawan tujuan menemui Eka Santosa, salah satu tokoh Jawa Barat yang sejak awal turut memberikan motivasi bagi Umar Sumarta untuk berprakarsa melalui talentanya,”Sangat kuat beliau memotivasi niatan aksi amal Pak Umar,” ujar Djen Himawan dengan menambahkan –“Sekailan untuk koordinasi.”  

 


Salah satu dari lukisan karya monumental seniman Umar Sumarta yang dikoleksi Djen Himawan (foto:Rivansyah Dunda)  



Belakangan melalui keterangan Eka Santosa sendiri setelah Umar Sumarta melihat area yang sudah dipersiapkan sebagai camping ground di salah satu bukit yang dinamai ‘Persahabatan Asia-Afrika’ masih di kawasan Alam Santosa:”Tadi Pak Umar sendiri telah menjajagi kemungkinan memindahkan aksi amalnya, semula di TPU Cikadut ke lapang ‘Persahabatan Asia Afrika’ di Alam Santosa. Dari sini bahkan bisa melihat hampir 75%  lebih cekungan danau purba Bandung, termasuk TPU Cikadut secara telanjang mata. Tampak malah Pak Umar, antusias melakukan aksinya nanti di bukit ini. Esensinya, kan Pak Umar sendiri telah paham, apalagi tadi siang telah berkunjung ke sana, dari bukit inilah nanti dipertajam.”

Djen Himawan dan Umar Sumarta, akhirnya pada Rabu sore itu sepakat akan menggelar aksi amal ini di bukit ‘Persahabatan Asia-Afrika’. “Sepaham dengan saran Pak Eka Santosa, kita akan menggelar aksi amal itu dari bukit ‘Persahabatan Asia Afrika’, waktu tepatnya kita tentukan nanti ya?”kata Djen Himawan yang diamini Umar Sumarta dengan menambahkan –“Dari bukit di sini, justru saya bisa melihat TPU Cikadut dan cekungan Bandung lebih luas. Ini malah bisa memperkaya nuansa dan kedalaman karya. Terpenting, pesan perlunya gotong royong tersampaikan ke seantero jagat.”

 

Info lain, penyelenggaraan aksi amal ‘peduli Covid-19’ yang digagas dan mengetengahkan acara ‘live’ goresan maestro seniman Umar Sumarta, yang karyanya telah dikoleksi kolektor dan museum di dalam dan luar negeri sejak era 1970-an.:”Masih digodok kapan waktunya, yang jelas pada Agustus 2021 ini. Hanya, masalah teknis saja kan. Uuntuk acara amal atau fund raising, yang memungkinkan ada acara lelang lukisan, atau pengumpulan dana melalui saluran khusus, harus dipikirkan matang,” pungkas Djen Himawan dengan mengimbuh – “Mohon bersabar pula ke para pegiat media massa, atau  jurnalis yang sudah menghubungi saya menanyakan kepastian kapan waktunya? Dalam beberapa hari akan ada keputusan.”  (Harri Safiari/Rivansyah Dunda)  


Umar Sumarta & Aksi Peduli Covid-19: Semula di TPU Cikadut Kini di Alam Santosa: Gotong-royong Seantero Jagat    Umar Sumarta &  Aksi Peduli Covid-19: Semula di TPU Cikadut Kini di Alam Santosa:  Gotong-royong  Seantero Jagat   Reviewed by Harri Safiari on 16.23 Rating: 5

15 komentar

  1. Lukisan nya keren banget sukses selalu ya...

    BalasHapus
  2. Maestro satu ini selain karya2 nya yg sudah dikenal ke manca negara juga memliki kepedulian sosial tinggi membantu pemerintah memmerangi Covid19....
    Maju terus pak Umar dan koko Djen

    BalasHapus

  3. Lukisam yang membuat takjub. Selalu sukses yah


    BalasHapus
  4. Delapan jempol untuk kegiatan amal pa umar..pa jen ..dan pa eka...
    Mantulllllllll

    BalasHapus
  5. Gaasss terus pa umar dan pa jen

    BalasHapus
  6. Luar biasa Pak Umar n Pak Djen, makin sukses yah.

    BalasHapus
  7. Ide yg jeniuss semoga bisa cepat di realisasikan..sukses buat pa Umar pa djen dan pa eka

    BalasHapus
  8. Semoga lancar persiapan dan pelaksanaannya

    BalasHapus
  9. Lukisan yang mengandung daya magic luar biasa memandang tersa masuk kedalam lukisan

    BalasHapus
  10. Luarrrr biasaa acara aksi amal nya...semoga sukses dan dilancarakan...Bravo utk Pak Umar Sumarta dan Pak Djen Himawan..

    BalasHapus
  11. Lukisan nya mantap,sukses selalu

    BalasHapus
  12. Semoga acara amal nya bisa cepat terlaksana dan berhasil mengumpulkan banyak

    BalasHapus