Temui Pimpinan Ponpes Cipasung KH Abun Bunyamin, Eka Santosa Ajak Santri Wujudkan Pesan Mentan SYL: Tingkatkan Ketahanan Pangan



KH Abun Bunyamin Ruhiat (kiri) bersama Eka Santosa tatkala melakukan video call dengan Ade Wardhana, CEO Minaqu Indonesia - Kita sinergikan potensi bangsa dalam hal ketahanan pangan. 


 

Algivon – Hampir dua minggu sejak Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo juga selaku Duta  Sawala (Sekjen) Baresan Olot Masyarakat Adat (BOMA) Jabar, berkolaborasi dengan Minaqu Indonesia, dan PADI (Perhimpunan Anak Desa Indonesia) menerma kehadiran Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL)  di Alam Santosa, Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung (3/11/2021), terkini pada Minggu, 14 November 2021 ia melakukan kunjungan khusus menemui sesepuh pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung, Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, KH Abun Bunyamin Ruhiat.  

 

“Bukan siapa-siapa beliau Mang Abun (KH Abun Bunyamin – red.) adalah baris kerabat dekat terutama dari istri saya,” ucap Eka Santosa per telepon kepada redaksi dengan menambahkan –“Bukan apa-apa pula, ini ada pesan khusus dari Pak Mentan SYL yang sempat bertemu kembali pada peringatan 10 November 2021 di Jakarta. Pak SYL ingin bersilaturahim ke Ponpes Cipasung, sekaligus membahas lebih jauh, upaya bersama untuk meningkatkan ketahanan pangan bersama ribuan santri di sana.”

 

Lebih jauh menurut Eka Santosa, selama satu jam berbincang dengan baris pamannya KH Abun Bunyamin Ruhiat, pesan dari Mentan SYL direspon dengan baik, tinggal menentukan waktu dan hal teknis lainnya.



Suasana perbincangan yang hangat, semua bermuara pada pembanguan cluster baru untuk terciptanya pusat-pusat pengembangan produk agrikultur, demi meningkatkan ketahanan pangan bangsa Indonesia.


 

“Silahkan Pak Mentan SYL hadir di Cipasung bersilaturahim dengan para santri kami. Sekedar diketahui, mayoritas keluarga santri ini adalah para petani yang dominan petani kalangan bawah, sedikit sekali yang menengah. Karenanya, kunjungan Pak Menteri ini sangat strategis apalagi untuk upaya membuat cluster, serta menaikkan ketahanan pangan di negara kita, terlebih setelah kita semua terkena dampak Covid-19,” ujar Eka Santosa mengikhtisarkan perbincangannya bersama KH Abun Bunyamin, yang selama di sana ditemani aktivis lingkungan dan pertanian serta perikanan di Kabupaten Tasikmalaya Eet Riswana.

 

Hal lain yang menggembirakan Eka Santosa, selama berbincang dengan KH Abun Bunyamin, dirinya sempat melakukan video call bersama rekannya di Kota Bogor, yaitu Ade Wardhana, CEO Minaqu Indonesia:

 

“Tadi, ke Mang Abun sempat memperkenalkan sekilas sosok Kang Ade Wardhana. Selama ini ia sukses mengekspor tanaman hias dengan nilai fantastis triliunan rupiah hanya dalam tempo kurang dari dua tahun. Berkat keberhasilan ini, Kang Ade yang berjasa untuk meningkatkan perekonomian secara nyata terutama di pelosok daerah, kerap menjadi perhatian Pak Mentan SYL terutama setelah kita didera pandemi Covid-19.”   

 


Teken MoU StungtaXPindad

 


Eka Santosa tatkala ditanya, adakah agenda lain, dalam perjalanan kali ini dari Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung tempat tinggalnya ke Periangan Timur? Menurutnya, pada Senin, 15 November 2021 dirinya dan tim dari Hejotekno yakni divisi khusus teknologi lingkungan di Gerakan Hejo, yang di antaranya menangani persoalan sampah di perkotaan dan daerah urban:

 

“Paling khusus Senin ini akan lakukan teken MoU dengan Walikota Banjar untuk pencanangan penggunaan mesin ramah lingkungan StugtaXPindad di kota ini. Lalu kunjungan ke beberapa komunitas masyarakat adat di Ciamis dan sekitarnya. Agendanya, membahas implementasi bantuan sapi ongolen (pembiakan) dari Pak Mentan SYL untuk masyarakat adat. Ternyata, perlu penanganan khusus di lapangan, harus melibatkan banyak pihak termasuk dinas terkait di pemda setempat,” pungkasnya. (Harri Safiari)   

 

Temui Pimpinan Ponpes Cipasung KH Abun Bunyamin, Eka Santosa Ajak Santri Wujudkan Pesan Mentan SYL: Tingkatkan Ketahanan Pangan Temui Pimpinan Ponpes Cipasung KH Abun Bunyamin, Eka Santosa Ajak Santri Wujudkan Pesan Mentan SYL: Tingkatkan Ketahanan Pangan Reviewed by Harri Safiari on 00.57 Rating: 5

Tidak ada komentar