Hejotekno Terima Walikota & Ketua DPRD Pekalongan – Atasi Sampah via KaMiSaMa & StungtaXPindad

 

Sepakat dan bertahap kolaborasi Pemkot Pekalongan dan Gerakan Hejo serta Hejotekno mengatasi overload 140-an ton sampah  per hari - 'Sepakat kita harus merubah mind set seluruh warga untuk tidak membuang sampah tidak pada tempatnya'. 




Algivon --  Dalam catatan redaksi, rombongan Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah sudah dua kali berkunjung ke Bandung dalam satu bulan terakhir ini. ”Ya, ini yang kedua kalinya  setelah pertama pada 6 September 2021 lalu. Waktu itu ke Pindad dilanjut ke TPS 3 R (Tempat Pengelolaan Sampah, Reuse, Reduce, & Recycle) di Kawasan Melong, Kota Cimahi,” ujar Betha Kurniawan CEO Hejotekno  merangkap sebagai Direktur PT. Top Tekno Indo.

 

Diketahui PT. Top Tekno Indo ini merupakan  produser dan inventor mesin pengolah sampah ramah lingkungan StungtaXPindad yang telah bersertifikat SNI dan KLHK. Diketahui pula, secara sporadis produk Hejotekno ini sejak 2018-an telah dipakai di 10 provinsi dan 13 kabupaten mapun kota di Indonesia.

 

Sebagai catatan, Betha Kurniawan memberi penjelasan itu (30/11/2021) tatkala kantornya di Rumah Kolaborasi  Hejotekno di Bizpark Hegar Kav. No. 04 Jl. Terusan H. Alpi No. 103 Bandung Kulon, dikunjungi rombongan Pemkot Pekalongan. Tak lain yang ‘duet pimpinan’ itu  masing-masing Walikota H. Achmad Afzan Djunaid dan Ketua DPRD Kota Pekalongan Mohamad Azmi Basyir. Turut hadir mendampingi ‘duet pimpinan’ Kota Pekalongan itu, di antaranya Kadis LH Joko Purnomo, beserta staf Ahli Walikota Pekalongan Suroso.



Cukup seru mengamati jalannya diskusi ala KaMiSaMa (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri) yang kelak akan dibantu insinerator StungtaXPindad untuk menuntaskan residu yang relatif sukar 'dikompromikan' - Yakin, bertahap persoalan sampah di Pekalongan dapat di atas, dengan syarat terjadi kolaborasi ...antar para pihak terkait, terutama warga ...


 

Rombongan Pemkot Pekalongan usai berdiskusi secara intensif membahas konsep penuntasan sampah di hulu (domestik/rumah tangga) di Rumah Kolaborasi Hejotekno dengan fokus kajian pada program KaMiSaMa (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri), ternyata dihadiri juga oleh Ketua Umum DPP Gerakan Hejo Eka Santosa, sebagai naungan induk organisasi dari Hejotekno:

 

“Banyak hal kami diskusikan bersama tamu istimewa ini. Utamanya, bila konsep KaMiSaMa diaplikasikan di Kota Pekalongan akan menjadi mile stone tersendiri. Sebabnya, hampir pada waktu yang sama di awal 2022 di Kota Banjar (Jabar), ada 2 TPS yang segera mengaplikasikan program serupa. Ke depan dua kota ini bisa menjadi pilot project. Ini memudahkan kota lainnya di pulau Jawa dan Bali bila ingin meninjau. Tak harus ke Cimahi atau Bandung.”      



Walikota Pekalongan menjajal sendiri rasanya mengemudikan kendaraan roda tiga bertenaga batre untuk TPS KaMiSaMa di Kota Pekalongan kelak - "Tak berik dan hemat, serta ramah lingkungan." 



 

Solusi Atasi Sampah - Kolaboratif

 

Selesai tamu dan tuan rumah berdiskusi intensif terkait rencana penerapan program KaMiSaMa yang akan dibantu dengan pemusnahan residu sampah melalui insinerator StungtaXPindad, para tamu secara bergantian mencoba menggunakan kelengkapan TPS yang direncanakan kelak. Alatnya  berupa kendaraan roda tiga (Hejotekno tri cycle) yang sudah dilengkapi dengan ruang pemilahan sampah, organik dan non organik.

 

“Soal KaMiSaMa, tadi kami dalami secara bersama. Termasuk ini nanti ada motor listrik yang ramah lingkungan. Makanya, Pak Ketua DPRD Kota Pekalongan saya ajak ke sini, biar kita tanggulangi sampah yang sudah over load di TPA kota kami (sekitar 140 ton/hari – red),” jelas Walikota Pekalongan yang sebelumnya sempat menjajal menggunakan kendaraan roda tiga bertenaga listrik.

 

Berikutnya, Ketua DPRD Kota Pekalongan dalam waktu hampir bersamaan mengemukakan doorongan atas inisiatif walikotanya dalam hal membereskan soal persampahan di daerahnya yang selama ini selalu menjadi persoalan tersendiri:



Walikota Pekalongan dalam sisi lain menjajal kendaraan pengelola sampah di kotanya ...




“Saatnya, kita memecahkan persampahan ini secara kolaboratif, ya di antaranya kami lakukan dari segi regulasinya. Optimis, ke depan persoalan sampah ini akan berangsur-angsur dapat kita atasi. Tidak lagi menjadi masalah utama seperti selama ini.”

 

Pamungkas dalam kunjungan ini, Eka Santosa menyatakan apresiasi kepada warga Kota Pekalongan dan Jawa Tengah, yang bersedia mengaplikasikan solusi mengatasi persampahan ala kreasi bangsa sendiri.

 

“Masalah sampah di negara kita yang sudah merdeka lebih dari 70 tahun, sedihnya kini masih menjadi masalah nasional. Semoga dengan adanya penemuan alat dan metoda maupun program dari anak bangsa, ya kita sebut  KaMiSaMa. Intinya, kami mengajak mengatasi masalah sampah itu, harus digarap secara bersama-sama. Ya, kami sama dengan Anda, kami sama dengan Pak Walikota dan Pak Ketua DPRD, serta kita semua…,” pungkasnya. (Harri Safiari).

 


Hejotekno Terima Walikota & Ketua DPRD Pekalongan – Atasi Sampah via KaMiSaMa & StungtaXPindad Hejotekno Terima Walikota & Ketua DPRD Pekalongan – Atasi Sampah via KaMiSaMa & StungtaXPindad Reviewed by Harri Safiari on 22.57 Rating: 5

Tidak ada komentar