Bencana Sukawening Garut, Dugaan Joker ‘PMPRI’ Bukan Karena Faktor Alam: Bupati, Mundurlah …



Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat, Lembaga Swadaya Masyarakat, Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia, Rohimat alias Kang Joker - bukan karena faktor alam ! 


 


Algivon – Sudah sama-sama kita ketahui, pada Sabtu, 27 November 2021 di Kecamaan  Sukawening Kabupaten Garut Jawa Barat, ada beberapa kampung yang diluluhlantakkan oleh banjir bandung yang dahsyat. Terkait hal ini, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (PMPR-I) Rohimat alias Kang Joker, bersama Sekretaris Jenderal DPP LSM PMPRI Anggi Dermawan telah meninjau lokasi bencana ini.

 

Dalam pantauan  Kang Joker saat peninjauan, secara logika dan akal sehat dirinya melihat posisi sungai berada di bawah pemukiman,”tidak di atas tapi kenapa air bisa naik ke pemukiman, yang mana kondisi pemukiman tersebut lebih tinggi, dan sedikit jauh dari sungai. Ini artinya ada yang tidak beres dengan banjir in?!” ujar Kang Joker dalam rilisnya yang dikirim ke redaksi (1/12/2021).  

 

Dalam hal ini Kang Anggi Dermawan sempat bertanya kepada warga di kampung Munjul Desa Sukawening Kec. Sukawening Kab.Garut, apakah banjir yang meluap dari sungai itu sering terjadi ?

 

" Selama saya tinggal di kampung ini sudah 58 tahun, saya pernah merasakan banjir sekali-kalinya itu sudah lama pada 1983. Kalau tidak salah, selain itu air memang tinggi tapi tidak pernah meluap, baru kemarin sampai meluluhlantakkan rumah kami," kata salah satu warga yang didampingi Ketua RT dan RW di Kampung Munjul Desa Sukawening Garut.



Akibat banjir bandung di Sukawening Kabupaten Garut - luluh-lantak ... 



Selanjutnya Kang Anggi menyatakan,”bukan soal curah hujan yang tinggi tapi ada yang bermasalah dalam proses aliran air sungai dari hulu hingga ke hilir.”

 

Selanjutnya Kang Joker menambahka,"kemarin saya melakukan investigasi dan komunikasi dengan beberapa warga Garut mengenai masalah ini. Saya menemukan fakta di lapangan, ada alih fungsi lahan seluas 20 hektar yang digunakan oleh Bupati Garut, untuk kepentingan pribadi, yaitu penanaman kentang, jagung dan lainnya bekerjasama dengan perusahaan Indofood, dan lainnya.”  

 

Sekjen DPP LSM PMPR-I ini akhirnya membenarkan pernyataan Kang Joker: “Benar adanya, dan ini real di lapangan. Ditinjau dari aspek kerugian, terbukti masyarakat rugi besar, dengan banjir bandang kemarin yang diakibatkan oleh hilangnya resapan air di hulu sungai. Ditinjau dari aspek hukum, ini jelas bertentangan dengan UU No.22 Tahun 2019 Tentang Sistem Budidaya Pertanian (syarat alih fungsi yang dilanggar ).”

 

Kembali dalam rilisnya, Kang Joker menyatakan,”sudah jelas bahwa Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH.MH telah memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi, dan kepentingannya itu menimbulkan kerugian lingkungan, sosial dan hukum,” ujarnya dengan menambahkan – “H. Rudy Gunawan itu tidak jauh berbeda seperti kompeni Belanda, yang memanfaatkan kekuatan dan kedudukan untuk kekayaan, serta merugikan masyarakat, juga mencederai lingkungan.” .

 

Bupati Garut, Mundurlah …

 

Terkait bencana banjir bandang di Garut ini, DPP LSM PMPR-I juga menyoroti keberadaan anggota DPRD Kab. Garut untuk segera mengusung hak angket terhadap Bupati Garut .

 

“Dalam Waktu dekat kami juga akan akan beraudiensi dengan Gubernur Jawa Barat, mengenai situasi yang terjadi di Kecamatan  Sukawening, sekaligus akan mempertanyakan tentang sejumlah fakta yang terjadi di lapangan. Banyak keanehan dari penyebab banjir bandang ini, kata Kang Joker sambal menambahkan –“Hal ini pun sudah dikomunikasikan ke Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup, dn orang-orang di Gedung Merah-Putih di KPK di Jakarta.”

 


Yang terdampak menjadi luluh-lantak  di Sukawening Kabupaten Garut ...



Masih terkait banjir bandang di Garut ini, DPP LSM PMPR-I akan tetap bergerak dan mengawal warga Garut, terutama yang amat dirugikan oleh peristiwa ini:

 

“Tuntutannya, sampai Bupati Garut itu mundurlah dari jabatannya, dan mempertanggujawabkan perbuatannya di depan hukum,”tutup Kang Joker dengan nada geram. (Harri Safiari/Rls)

Bencana Sukawening Garut, Dugaan Joker ‘PMPRI’ Bukan Karena Faktor Alam: Bupati, Mundurlah … Bencana Sukawening Garut, Dugaan Joker ‘PMPRI’ Bukan Karena Faktor Alam: Bupati, Mundurlah …  Reviewed by Harri Safiari on 16.09 Rating: 5

Tidak ada komentar