Ketua DPRD Jabar Bangkitkan Warga Apresiasi Hari Pendidikan Internasional: Tingkatkan Pendidikan Kita

 


 

 


Algivon.com – Disamping Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang kita peringati setiap tahun pada tanggal 2 Mei, ternyata setiap tanggal 24 Januari diperingati sebagai Hari Pendidikan Internasional. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) menjadikan tanggal 24 Januari sebagai peringatan Hari Pendidikan Internasional. Khusus pada 2024, UNESCO mendedikasikan momen ini sebagai hal penting bagi dunia pendidikan dan guru, khususnya dalam upaya melawan ujaran kebencian (hate speech).

 

Kepada redaksi Ketua DPRD Jabar H. Taufik Hidayat saat dikontak pada Rabu, 24 Januari 2024 di kediamannya di Kota Bandung, kepada warga Jawa Barat ia khususnya agar membangkitkan untuk mengapresiasi Hari Pendidikan Internasional ini. Temanya kali ini, amatlah menarik yakni dunia pendidikan dan guru untuk melawan semakin banyaknya ujaran kebencian, terutama di media sosial,” papar H. Taufik Hidayat yang kerap disapa Kang Opik.

 

Dalam praktiknya dewasa ini, dapat kita rasakan peningkatan fenomena ujaran kebencian, yang dibarengi konflik kekerasan dan peningkatan diskriminasi, rasisme, dan xenofobia (ketakutan terhadap orang asing-red). Dampak kekerasan tersebut melampaui batasan apa pun di dunia siber maupun tatap muka, baik berdasarkan geografi, gender, ras, agama, hingga politik.

 

“Dimensi hate speech yang sudah merasuk ke berbagai sendi kehidupan ini, bikan hanya masalah regional, maupun nasional, melainkan  meng-internasional. Ini kita perlu hadang atau eliminasi, dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas kependidikan di segala jenjangnya,” pungkas Kang Opik. (HS/Rls).


Ketua DPRD Jabar Bangkitkan Warga Apresiasi Hari Pendidikan Internasional: Tingkatkan Pendidikan Kita Ketua DPRD Jabar Bangkitkan Warga Apresiasi Hari Pendidikan Internasional: Tingkatkan Pendidikan Kita Reviewed by Harri Safiari on 20.47 Rating: 5

Tidak ada komentar