Ketua DPRD Jabar Mengapresiasi Kinerja Sistem Penanggulangan Gempa Sumedang


 




 

Algivon.com Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat H. Taufik Hidayat, mengapresiasi penanganan dan penanggulangan gempa bumi yang menimpa wilayah Kabupaten Sumedang yang terjadi pada 31 Desember 2023. Hal ini bila merunut dari pemberitaan Humas DPRD Jabar per 5 Januari 2024, indikasinya dilihat dari terintegrasinya pemusatan data Pemerintah Kabupaten Sumedang yang cukup bagus.

 

“Semoga ini menjadi awalan yang baik, dalam hal menanggulangi kebencanaan di Jawa Barat,” papar H Taufik Hidayat yang redaksi kontak pada 6 Januari 2024.

 

Diuraikan lebih jauh, beberapa saat setelah kejadian gempa kedua, kesigapan para pegawai RSUD Kabupaten Sumedang hasil koordinasi dengan BPBD Kabupaten Sumedang sangatlah tanggap. Tercatat, alhasil pembangunan tenda darurat dan proses evakuasi pasien tidak lebih dari 30 menit.

 

Disamping itu, sistem informasi kebencanaan yang dibangun pun, dilakukan secara terpusat pada kepala daerahnya. Sehingga tidak ada informasi yang simpang-siur sebagaimana terjadi pada proses penanganan kebencanaan, intinya untuk hal ini relative lebih terorganisasi. Peran direktur rumah sakit pun focus pada informasi internal.   

 

Terkait kinerja penanggulangan yang relatif atau dikatakan baik, Ketua DPRD Jabar H. Taufik Hidayat mendorong agar semua daerah menduplikasi sistem penanganan dan penanggulangan kebencanaan agar diterapkan di daerah lainnya di Jawa Barat,”setidaknya banyak hal yang bisa diambil hikmah serta hal yang baik dari penanggulangan gempa di Sumedang ini,” papar H Taufik Hidayat. (HS/Rls).  


Ketua DPRD Jabar Mengapresiasi Kinerja Sistem Penanggulangan Gempa Sumedang Ketua DPRD Jabar Mengapresiasi Kinerja Sistem Penanggulangan Gempa Sumedang Reviewed by Harri Safiari on 22.12 Rating: 5

Tidak ada komentar