Kadivre Jabar-Banten Perum Perhutani Hangatkan Diskusi Lingkungan Hidup di Alam Santosa



Diskusi yang hagat di Alam Santosa - Hutan dan lingkungan hidup tanggung jawab kita bersama ...



Algivon  – Suatu malam di hari Minggu, 26 Juli 2020 di kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun Cimenyan, Kabupaten Bandung, telah hadir para pembuat keputusan di tingkat regional Jawa Barat & Banten. Pimpinan rombongannya Kepala Divisi Regional Jawa Barat – Banten Perum Perhutani Dicky Yuana Rady. Ia didampingi Wakil Kepala Divisi Regional Jabar – Banten Amas Wijaya, Adm Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin, dan Adm Perhutani KPH Bandung Selatan Tedi Sumarto. Para tamu ini menyambangi seniornya di bidang lingkungan hidup dan dunia ‘rimbawan’ di Tanah Pasundan, Eka Santosa (61) anggota DPR RI Ketua Komisi II era 2014 – 2019, yang kini bergiat selaku Ketua Umum DPP Gerakan Hejo.

“Banyak hal kami bahas, di antaranya dalam waktu dekat akan ada nota kesepahaman antara Gerakan Hejo dengan Perum Perhutani Jabar. Kepedulian kami untuk meningkatkan ratio lahan hutan di Jabar yang masih kurang dari 30%, itu di antara materinya. Utamakan, pendekatannya secara budaya, bila perlu ada terobosan baru dengan teknologi,” kata Eka Santosa sambil menambahkan: “Kebetulan kami sudah punya pakarnya di bidang teknologi remote sensing, kenapa tak kita manfaatkan optimal?”  

Sementara itu tamunya Dicky Yuana Rady tampak antusias menanggapi harapan dari Ketua Umum DPP Gerakan Hejo:

”Kami diskusikan dengan santai, hadir di Alam Santosa, sekalian saya bawa para Adm PerhutaniDPP KPH Bandung Utara dan Bandung Selatan. Tujuannya,  agar ada penajaman di nota kesepahaman. Nantinya, mudahan bisa diimplementasikan dengan baik di lapangan. Fokusnya, perbaikan lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar desa-hutan. Nih, rasanya sambil menerima juga aspirasi Satgas Jaga Leuweung dari Pangandaran.”

 

Satgas Jaga Leuweung

 

Yang khas pada malam itu, terjadi diskusi hangat membahas permasalahan kondisi perhutanan di Jawa Barat pada umumnya. Tilikan pembahasannya terpantau cukup bervariasi dan memancing perdebatan hangat.

“Ada tamu khusus dipimpin oleh Refi Ariadi Ketua Satgas Jaga Leuweung. Mereka, intinya ingin menghijaukan hutan yang selama ini habis digunduli oleh pihak tertentu di daerahnya. Niat baik ini amat disetujui Kang Dicky. Selama peduli demi menghijaukan hutan, apa pun dan dimana pun bentuknya, Perum Perhutani Jabar-Banten siap bekerja sama,” kata Agus Warsito, Sekjen DPP Gerakan Hejo yang malam itu didampingi rekan kerjanya Tomy Z ‘Rimbawan’ dari jajaran pengurus DPP Gerakan Hejo.

Secara terpisah Roni Priatna aktivis lingkungan yang sedang merintis berdirinya DPD Gerakan Hejo di Kabupaten Pangandaran kepada redaksi yang hadir karena ikut mengantar kehadiran Satgas Jaga Leuweung di Alam Santosa, merasa optimis perbaikan lingkungan terutama penghijauan hutan di daerahnya, dalam waktu dekat janjinya akan menghadirkan perubahan nyata.  

“Buktinya, kini makin banyak warga yang tinggal di sekitar desa-hutan berani melaporkan bila terjadi pembalakan hutan. Dulu, satu atau dua tahun lalu, warga takut bersuara karena tiada perlindungan bagi masyarakat yang peduli lingkungan,” tutup Ai Nanan Handayani Sekertaris Satgas Jaga Leuweung tatkala ditanya perihal kinerja organisasinya.  (Harri Safiari)


Kadivre Jabar-Banten Perum Perhutani Hangatkan Diskusi Lingkungan Hidup di Alam Santosa Kadivre Jabar-Banten Perum Perhutani Hangatkan Diskusi Lingkungan Hidup di Alam Santosa Reviewed by Harri Safiari on 03.43 Rating: 5

Tidak ada komentar