Kang Taufik Hidayat, Ketua DPRD Jabar Ungkap Sisi Gurih Camilan Urang Sunda: Cing Naon, Kue Saroja?



Screen capture taufikhidayat_dprd Nuju ngadamel naon cing...? 

 


Algivon – Bagi warga Tanah Pasundan, rasanya nama Brigjen TNI (Purn), Taufik Hidayat, SH,MH, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat cukuplah akrab untuk  kepemimpinan di badan legislatif tingkat Provinsi Jabar 2019 – 2024 . Pada Rabu (20/4/2022) Kang Taufik Hidayat spaan akrabnya, tatkala ditemui di ruang kerjanya di Jl. Diponegoro No. 27 Kota Bandung, dikonfirmasi tentang tayangannya di instragram taufikhidayat_dprd  milik dirinya  - Apa pasal menghadirkan video singkat atawal reel dengan pancingan kalimat nuju ngadamel naon cing?   

 

Tak pelak berkat pancingan tayangan bergreget ini di instagramnya, muncul aneka jawaban, di antaranya dari goes.soegih menjawab Ngadamel Saroja. Begitu juga menurut pemilik akun Instagram buckywikagoe rupanya tegas ia menjawab Saroja dengan menambahkan emoticon tertawa. Lainnya ada pula heri_aristandi mereaksi dengan menyebut Kembang Goyang.

 

Alhasil, gimik yang ditayangkan Kang Taufik Hidayat di instragramnya kali ini, tatkala redaksi konfirmasi, ini katanya:



Kang Taufik Hidayat di kantornya DPRD Jabar - lestarikan dan kembangkan kuliner berbasis kearifan lokal demi memperkuat identias bangsa. (Foto: HS) 


 

“ Betul ini camilan saroja khas dari Tanah Pasundan, mirip dengan Kembang Goyang dari Betawi sana yang berasa agak manis. Kalau ini terasa agak asin dan gurih tentunya. Bahan dasarnya  tepung beras, campur sedikit tepung terigu, garam, irisan halus daun jeruk biar harum mewangi. Membuatnya seperti kembang saroja, pakai cetakan khusus bergagang panjang, acapkali berbahan alumunium,” ujarnya sambil terkekeh penuh nostalgia akan masa kecilnya di bulan Ramadhan, hingga lebaran kelak menjadi pelengkap camilan warga Sunda.

 

“Di rumah nenek atau ibu kita, pada era 1960 hingga 1980-an mungkin hingga sekarang di daerah Tasikmalaya, Majalengka, Subang, Ciamis, termasuk Bekasi dan Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bogor,  dan Cikampek pun masih banyak ditemui pembuatan kue Saroja ini,” tambahnya sambil menambahkan –“Terjawab juga ya, apa yang saya tanyakan, nuju ngadamel naon cing ?   

 

Last but not least, hasil dari pertemuan redaksi dengan Kang Taufik Hidayat hari itu yang cukup jeli menyematkan salah satu kearifan lokal camilan berasa krenyes krenyes asin nan gurih di lidah, yang olehnya dimuat di lini masa Instagram-nya, tiada lain menimbulkan refleksi tersendiri – Apapun, bagaimanapun, dan hingga kapanpun kita khususnya yang kental berbudaya Sunda, harus ingat dan kukuh pada akar budaya bangsa, salah satunya camilan atawa kuliner khas Saroja.

 

“Melalui hal kecil dan sederhana, mulailah lestarikan dan kembangkan aneka kearifan lokal, juga budaya yang akhir-akhir ini sering dilupakan orang,” tutup Kang Taufik Hidayat. (Red/Rls)     


Kang Taufik Hidayat, Ketua DPRD Jabar Ungkap Sisi Gurih Camilan Urang Sunda: Cing Naon, Kue Saroja? Kang Taufik Hidayat, Ketua DPRD Jabar Ungkap Sisi Gurih Camilan Urang Sunda: Cing Naon, Kue Saroja? Reviewed by Harri Safiari on 02.21 Rating: 5

Tidak ada komentar