Tingkatkan Sinergitas, JBN Kota Bandung Hadiri Silaturahmi Ormas Inisiasi Bakesbangpol - Bersatu & Jaga Kondusifitas


Sebanyak 166 orang perwakilan Organisasi, hadir pada acara Silaturahmi Organisasi Kemasyarakatan Kota Bandung Tahun 2023, Senin, (13/11/2023), di Ballroom Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung. (Foto: Dok JBN).





Algivon.com -- Kembali, Jurnalis Bela Negara (JBN) Kota Bandung memenuhi undangan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung untuk menghadiri Kegiatan Silaturahmi Organisasi Kemasyarakatan Kota Bandung Tahun 2023, Senin, (13/11/2023), di Ballroom Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung.


Kegiatan Silaturahmi ini dihadiri, Ketua DPC Jurnalis Bela Negara (JBN) Kota Bandung, Drs. Harisman Subawijaya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabakesbangpol) Kota Bandung Drs. H. Bambang Sukardi, M.Si., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung, Drs. Asep Saeful Gufron, M.Si., Komandan Kodim (Dandim) 0618/Kota Bandung Kolonel Inf Donny Ismuali Bainuri. S.Hub.Int., M.A.S.S S., Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP Drs. Sutorih, M.Si., Ir. Dr. Dede Farhan Aulawi, M.M., CHt., dan 83 Ketua Organisasi Kemasyarakatan Kota Bandung beserta pendampingnya.


Kegiatan ini dihadiri 166 orang perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Kota Bandung, yang dikemas dalam bentuk dialog, dan tanya jawab usai pemaparan para pemateri. 


Ada tiga pemateri dalam dialog ini, antara lain, pemateri pertama Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP Drs. Sutorih, M.Si., dengan materi "Menjaga Kamtibmas Kota Bandung", pemateri kedua Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel Inf Donny Ismuali Bainuri. S.Hub.Int., M.A.S.S S., yang menyajikan materi "Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa", dan pemateri ketiga Ir. Dr. Dede Farhan Aulawi, M.M.,CHt., dengan materi "Integritas Organisasi" .


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabakesbangpol) Kota Bandung Drs. H. Bambang Sukardi, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan Silaturahmi Organisasi Kemasyarakatan Kota Bandung Tahun 2023 merupakan bagian dari program Bakesbangpol Kota Bandung untuk membangun sinergitas dan kaloborasi serta kepedulian Pemerintah Daerah  dengan seluruh komponen Organisasi Kemasyarakatan di Kota Bandung dalam rangka menjamin keberlanjutan pembangunan. 


“Silahturahmi dalam sosial politik merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam mencegah peluang terjadinya konflik di bidang sosial politik, terlebih menjelang Pemilihan Umum, Pemilu serentak tahun 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah pada 2024 mendatang," kata Kabakesbangpol Kota Bandung Bambang Sukardi.


Lebih lanjut Kabakesbangpol Kota Bandung Bambang Sukardi mengatakan, pihaknya mengajak seluruh Organisasi Kemasyarakatan untuk memelihara, menjaga stabilitas, kondusifitas, serta menciptakan daerah yang sehat dan dinamis.



Kawah Candradimuka



Pada pihak lain,  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung, Drs. Asep Saeful Gufron, M.Si., membacakan sambutan tertulis Pj Wali Kota Bandung, Ir. Bambang Tirtoyuliono, M.M., dikatakan, Organisasi Kemasyarakatan secara spesifik menjadi katalisator juga sebagai media yang tepat untuk mempertahankan nilai-nilai sosial, gotong royong dan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat. 


Selain itu, menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung, Asep Saeful Gufron, Organisasi Kemasyarakatan berfungsi sebagai kawah Candradimuka yang melahirkan kader-kader Pemimpin masa depan.


“Acara ini bisa dijadikan ruang partisipatif dan wahana untuk membentuk kader pemimpin yang visioner, Organisasi Kemasyarakatan sebagai mitra Pemerintah diharapkan bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan, dan berkontribusi secara profesional, bertanggungjawab dan konsisten,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung, Asep Saeful Gufron.


Lebih lanjut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung, Asep Saeful Gufron mengatakan, peran Organisasi Kemasyarakatan sebagai kontrol sosial dan sarana partisipasi masyarakat terkadang ditunggangi berbagai kepentingan kelompok tertentu untuk menggunakan Organisasi Kemasyarakatan bagi kepentingan mereka, "Kami berharap hadirnya Organisasi Kemasyarakatan bisa menjadi kontrol dan katalisator partisipasi masyarakat, sehingga terbangun sinergitas bersama dalam mewujudkan Kota Bandung yang kondusif.


Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel Inf Donny Ismuali Bainuri. S.Hub.Int., M.A.S.S S., dalam paparannya mengatakan, pembinaan bagi Organisasi Kemasyarakatan dapat memberikan pemahaman serta menyamakan persepsi terkait implementasi Undang-Undang nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.


Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel Inf. Donny Ismuali Bainuri berharap kegiatan pembinaan Organisasi Kemasyarakatan dapat semakin menguatkan sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Kota Bandung dengan Organisasi Kemasyarakatan dalam rangka menjamin keberlanjutan pembangunan menuju Kota Bandung Aman.


“Setelah mengikuti pembinaan ini diharapkan akan terbangun Organisasi Kemasyarakatan yang mandiri, peka terhadap permasalahan sosial di masyarakat, mampu mengaktualisasikan aspirasi masyarakat, mendukung visi misi Pemerintah Daerah untuk membawa kehidupan masyarakat Kota Bandung semakin sejahtera,” jelas Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel Inf. Donny Ismuali Bainuri.


Sedangkan  Drs. Harisman Subawijaya mengatakan, Kegiatan Silaturahmi Organisasi Kemasyarakatan Kota Bandung Tahun 2023 yang diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sangat penting untuk sinergitas dan menjaga kekompakan Organisasi Kemasyarakatan di kota Bandung.


"Pastinya Jurnalis Bela Negara Kota Bandung dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Kota Bandung siap bersatu dan menjaga kondusifitas Kota Bandung menjelang Pemilihan Umum, Pemilu serentak tahun 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah 2024 mendatang," pungkas Harisman Subawijaya. (HS/RLS)

Tingkatkan Sinergitas, JBN Kota Bandung Hadiri Silaturahmi Ormas Inisiasi Bakesbangpol - Bersatu & Jaga Kondusifitas  Tingkatkan Sinergitas, JBN Kota Bandung Hadiri Silaturahmi Ormas Inisiasi Bakesbangpol - Bersatu & Jaga Kondusifitas Reviewed by Harri Safiari on 08.34 Rating: 5

Tidak ada komentar