Bambang Sukardi Kepala Bakesbangpol Kota Bandung di Ngopi Bareng JBN: Silaturahmi & Kondusifitas


Bambang Sukardi Kepala Bakesbangpol Kota Bandung (kiri) di antara para pewarta JBN (Jurnalis Bela Negara), Rabu, 5 Agustus 2020 di Sheraton Bandung Hotel & Tower Jl. Ir. H. Juanda Bandung -- Mari kita jaga kondusifitas Kota Bandung ...


Algivon – Puluhan pegiat media yang hadir di acara Ngopi Bareng JBN (Jurnalis Bela Negara) pada Rabu, 5 Agustus 2020 di Sheraton Bandung Hotel & Tower jalan Ir. H. Juanda No. 390, tepatnya di Toastina Café, pada sesi terakhir yakni paparan dari Bambang Sukardi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, banyak memuncukan isu menarik. 

“Tetap pelihara, tingkatkan situasi kota Bandung selalu kondusif. Lainnya, wujudkan visi yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis,” papar Bambang Sukardi yang diketahui sebelumnya hampir empat setengah tahun menjadi Camat di Gedebage – “Saya percaya itu, bila kita teguh di kota yang punya sekitar 200-an ormas (formal) dengan dinamikanya yang tinggi, berperanlah sebagai bapak pembina, kedepankanlah silaturahmi, insya Alloh akan kondusif.”

Lontaran Bambang Sukardi di atas yang baru dilantik selaku Kepala Bakesbangkol Kota Bandung pada 24 Juli 2020 lalu, tercuplik salah satunya tatkala diberondong aneka pertanyaan dari para Jurnalis Bela Negara – Apa yang akan Anda kerjakan di jabatan baru ini, bagaimana strateginya, seberapa siapkah Anda mampu menghadapi tantangan ini?

Bagi Bambang Sukardi menghadapi aneka tantangan mengoptimalkan potensi dan enerji, contohnya dari para generasi muda, dalam hal meningkatkan kesadaran ideologi negara kita, sekaligus menghindarkan diri dari pengaruh buruk ‘virus-virus’ intolerasi ? Menurutnya, sejumlah pengalamannya dalam hal membina puluhan ormas dan generasi muda, selama ini:

“Optimalisasi pembinaan ideologi Pancasila di kalangan generasi muda harus terus digalakkan. Dulu ada P4, sekarang berbeda pendekatan dan strateginya. Bidang komunikasi dan informasi (medsos) harus kita jaga agar selalu kondusif. Semua sektor terkait harus terpadu,” ujarnya dengan menambahkan –“Perihal intoleransi itu musuh bersama. Percayalah, Bandung itu kondusif, seperti pada Parade Kerukunan Lintas Agama  yang bertema 'Kota Bandung Rumah Bersama, Milik Kita Bersama' yang baru kita gelar.”

Lebih jauh menurut Bambang Sukardi dalam diskusi hangat ini, terkait adanya 6 kampung toleransi di Kota Bandung, secara bertahap akan ditingkatkan peran dan bobotnya. “Melalui kampung inilah kita ingin menunjukkan kepada dunia sosok ramah tanah dan saling pengertian di antara warga Bandung yang sedikitnya dihuni oleh penganut 6 agama,” ungkapnya dengan nada optimis.

Ngopi Bareng JBN
Dalam kesempatan berbeda Gun Gun Gunawan yang akrab disapa Mang Igun sebagai Ketua JBN dengan pendampingnya Sekertaris JBN Bagoes Rintohadi, mengapresiasi kehadiran Bambang Sukardi . Menurut keduanya, program Ngopi Bareng JBN yang hari itu sebelumnya menampilkan diskusi tentang HaKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dipandu ‘host’ Boy Omar dari Sorotnusantara.com, dengan nara sumber Felix Wangsaatmaja SH (Advokat), dilanjut paparan dari Wakaf Salman ITB tentang upaya mengumpulkan donasi 750 paket smartphone bagi guru dan siswa terdampak pandemi Covid-19 di area Bandung Raya, program semacam ini akan dilakukan secara rutin. 

“Siapa pun boleh berpartisipasi di acara Ngopi Bareng JBN yang pasti pesertanya, ya utamanya para pegiat media massa dari matra elektronik, cetak, dan online,” tutup Bagoes Rintohadi. (Harri Safiari)
Bambang Sukardi Kepala Bakesbangpol Kota Bandung di Ngopi Bareng JBN: Silaturahmi & Kondusifitas Bambang Sukardi Kepala Bakesbangpol Kota Bandung di Ngopi Bareng JBN: Silaturahmi & Kondusifitas Reviewed by Harri Safiari on 02.06 Rating: 5

Tidak ada komentar