HM Farhan: Menjaga 4 Pilar Kebangsaan, Vaksinasi Covid-19 Tunjukkan Kepada Dunia, Indonesia Bangkit !



 

Algivon – Kembali, Anggota MPR RI Muhammad Farhan (HM Farhan) yang juga Anggota DPR RI dari Partai NasDem Dapil 1 Jawa Barat (Kota Bandung-Kota Cimahi) menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bertajuk, ‘Vaksinasi Covid-19 Bagian dari Perjuangan Menjaga 4 Pilar Kebangsaan’. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa, (16/3/2021), di Dash Futsal Jalan A.H. Nasution Kota  Bandung, Jawa Barat.

 

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya  Ketua DPD Partai NasDem kota Bandung Rendiana Awangga, Camat Antapani, Kapolsek Antapani, dan warga Cibiru, Ujungberung, Cinambo, dan Antapani.

 

HM Farhan seusai acara mengatakan, kedatangannya ke kota Bandung untuk melakukan satu agenda tunggal, yaitu Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan terkait  tugas dan amanat dari Anggota MPR RI:

 

"Kegiatan khusus ini fokus dalam hal sosialisasi vaksinasi, dan kenapa vaksinasi ada hubungannya dengan empat pilar? Jawabnya, vaksinasi  adalah usaha kita bersama-sama demi menjadikan  kita bisa bertahan ditengah-tengah deraan pandemi Covid-19," ungkap HM Farhan.

 

Lebih lanjut HM Farhan menegaskan, vaksinasi memiliki nilai strategis, karena akan memberikan kepercayaan diri dan kepercayaan kepada dunia bahwa Indonesia sudah siap bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

 

"Maka kita harus berusaha bersama-sama dan harus masif, untuk itulah jika dilihat dari perspektif empat pilar kebangsaan maka sesuai dengan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, ini memastikan bahwa keadilan sosial itu tidak hanya bagi penyelenggara negar saja,a tetapi juga seluruh warga negara Indonesia," kata HM Farhan.

 

"Insha Allah mudah-mudahan kita akan bisa menjadi bagian solusi untuk melakukan vaksinasi secara nasional, baik di Jawa Barat khususnya di kota Bandung dan Cimahi, karena kita sedang menjalin komunikasi dan kerjasama dengan lembaga-lembaga swasta untuk menyelenggarakan vaksinasi massal," ungkap HM Farhan.





"Seperti diketahui jumlah penduduk Bandung dan Cimahi sekitar 2,6 juta jiwa, apabila setiap hari dilakukan vaksinasi untuk 20.000 orang, maka membutuhkan waktu 130 hari atau enam bulan," kata HM Farhan.

 

"Sesuai arahan Pemerintah fokus vaksinasi adalah untuk usia 60 tahun ke atas dahulu, dan pekerja pelayanan publik, misalkan usia 16 tahun sudah menjadi guru maka boleh divaksin, namun bila usia 16 tahun hanya berstatus Pelajar atau Mahasiswa sebaiknya jangan dulu diberi vaksin," ungkap HM Farhan.

 

HM Farhan menjelaskan, vaksin, alat suntik dan tenaga kesehatan sudah disediakan oleh negara, sedangkan penyelenggaraannya seperti penyediaan fasilitas tenda, pendaftaran dan lainnya disupport oleh pihak swasta, namun pengelolaan data, pendaftaran dan lainnya akan dilakukan oleh dinas kesehatan Jawa Barat.

 

"Kendala vaksinasi saat ini masih banyak, di antaranya masih ada pertanyaan dalam sosialisasi mengapa yang memiliki penyakit jantung, tumor, darah tinggi dan lainnya tidak bisa ikut divaksin, dan hal tersebut memang harus dijelaskan oleh kita, ini karena uji coba klinis itu belum sampai menyentuh kelompok yang beresiko tinggi, baru kepada kelompok biasa," ungkap HM Farhan.

 

"Kemudian pada saat yang bersamaan, ada keluhan dari masyarakat tentang ketersediaan vaksin, dan hal ini adalah masalah bersama di mana Menteri Kesehatan sudah mengakui Indonesia mengalami keterbatasan stok vaksin, dan pada saat yang bersamaan ada tugas lain yang sangat besar yaitu mengawasi penggunaan anggaran 74 triliun rupiah untuk vaksinasi, dan ini yang harus kita awasi bersama-sama," tegas HM Farhan.

 

Terkait vaksin kadaluarsa, HM Farhan mengatakan, vaksin kadaluarsa harus dibuang dan jangan dipaksakan, "Harus ada transparansi dari Pemerintah, apabila ada kesalahan pencatatan harus diperbaiki jangan dibiarkan, dan kita memastikan tidak ada pelanggaran hukum," tegasnya. (Harri Safiari)


HM Farhan: Menjaga 4 Pilar Kebangsaan, Vaksinasi Covid-19 Tunjukkan Kepada Dunia, Indonesia Bangkit ! HM Farhan: Menjaga 4 Pilar Kebangsaan, Vaksinasi Covid-19 Tunjukkan Kepada Dunia, Indonesia Bangkit ! Reviewed by Harri Safiari on 08.16 Rating: 5

Tidak ada komentar