Mugi Sudjana Ketua KBPP Polri Jabar Bagikan Makanan Gratis di Jumat Barokah

Algivon -
Ketua Pengurus Daerah KBPP Polri Jawa Barat Mugi Sudjana membagikan sedikitnya 550 bungkus nasi kotak kepada panti jompo, anak yatim, pesantren, anak jalanan, pedagang kaki lima, abang becak, linmas, jamaah jumatan di beberapa masjid, serta pedagang asongan, tepat di hari Jumat Barokah, Jumat 5 Maret 2021.

Bakti Sosial (Baksos) itu merupakan bentuk syukuran setelah rampungnya pelaksanaan Munas KBPP Polri di Jakarta dan sudah terpilih Dr Evita Nursanty MSc sebagai Ketua Umum KBPP Polri dan Brigjen Pol Purn ADV Drs Siswandi sebagai Sekjennya.

Bagi Mugi Sudjana, hari Jumat merupakan hari raya bagi kaum dhuafa. Di hari ini Alloh SWT menurunkan berkah dan kebahagiaan bagi mereka. Siapa pun yang bersedekah sama artinya kita sedang mengundang rahmat Alloh SWT. Pahala kebaikan akan dilipatgandakan. 

"Jumat yang merupakan penghulu seluruh hari itu memberikan keistimewaaan bagi seluruh manusia, terlebih bagi yang beriman kepadanya dan beramal kebajikan," kata Mugi Sudjana kepada pers, Jumat.


Pembagian nasi kotak itu diberikan secara simbolis kepada Maktal M Nugraha, Ketua KBPP Polri Resort Cimahi, mewakili Jawa Barat untuk didistribusikan kepada mustahik hari itu juga.

Nasi kotak itu terkumpul atas sumbangan dari anggota dan donatur. Dana mereka himpun sehingga terkumpul uang sebanyak Rp5,8 juta. Jumlah ini setara dengan 580 boks nasi gratis, sehat dan barokah yang kemudian dibagikan kepada para pihak yang memerlukan.

KBPP Polri Jawa Barat H Mugi Sudjana menunjuk pelaksana lapangan Maktal Nugraha untuk mendistribusikan 550 boks nasi siap konsumsi itu ke sejumlah daerah.


Pendistribusian makanan dilakukan oleh masing-masing Resort KBPP Polri. Dari jumlah itu terdistribusi ke Restabes Bandung 100 boks, Resort Kab Bandung KBB 100 boks, termasuk distribusi ke Pesantren Al Hilal 1 Cililin beralamat di Jln Bonceret Belakang Pasar Rancapanggung RT01/RW08 Desa Rancapanggung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.


Distribusi makanan diterima Ustadzah Sherly selaku penanggung jawab pesantren, untuk 50 orang penerima. Mereka sangat bersyukur atas bantuan makanan untuk penghuni pesantren itu. Sontak para santri berdoa untuk kebaikan KBPP Polri Jawa Barat.


Bantuan makanan juga didistribusikan KBPP Polri melalui Resort Kota Cimahi, disampaikan langsung ke:


1. Pesantren Nurul Anwar - Ciibabat beralamat di Jln Pesantren Cibabat RT 06 RW 15 kel Cibabat Kec Cimahi Utara, diterima melalui penanggung jawab pesantren Ustadz Jajang untuk diberikan kepada 50 orang.


2. Panti Jompo Yatira Padasuka Cimahi beralamat di Jln KH Usman Dhomiri RT06/19 Kel.Padasuka Kec.Cimahi Tengah melalui penanggung jawab panti ustadzah Hj Sri /Dewi, untuk diberikan kepada 50 orang penerima.


3. Panti Wreda Karitas - Cimahi beralamat di Jln. Cibeber - Cimahi Selatan, melalui 

penanggung jawab panti Ny. Rindu, akan diterima oleh 50 orang.


4. Pesantren Yatim dan Dhuafa Insan Kamil Cimahi beralamat di Jln Raya Cihanjuang No. 81B Cimahi Utara melalui Penanggung jawab panti KH Asep, untuk diberikan kepada 100 penerima.


5. Masjid Al Falah RW24 Pharmindo sebanyak 100 boks. Ini Sehingga jumlah kesuluruhan nasi kotak yang dibagikan mencapai 550 boks. 



Mengingat waktu dan tenaga, dengan tidak mengurangi rasa syukur kehadirat Alloh SWT atas sodakoh jariah para donatur, maka pendistribusian kepada mustahik dilakukan oleh panitia/anggota KBPP POLRI Resor Cimahi kecuali untuk Restabes Bandung diserahkan di Sekretariat Pengurus Daerah KBPP Polri Jabar oleh ketua PD kepada Ketua/Pengurus Restabes Bandung.


"Jumat Barokah sebagai manifestasi dan berbagi kebahagiaan bagi para mustahik berupa makanan sehat, gratis, dan barokah. Bagi yang langsung menyerahkan nasi boks itu, ini kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Mugi Sudjana.  


Tidak hanya kepada pesantren dan panti jompo, bantuan makanan gratis sehat dan barkah itu juga dibagikan langsung kepada masyarakat di jalan, ada linmas, petugas parkir, penjaga posko covid-19, pedagang asongan, tukang becak, anak yatim, dan lain-lain.


Ditambahkan, bingkisan Jumat Barokah ini merupakan juga bentuk rasa syukur berkaitan Hari Ulang Tahun ke18 KBPP Polri. Kegiatan ini akan terus dilakukan setiap Jumat Barokah. "Semoga banyak yang ikut berpartisipasi," ungkap Mugi Sudjana.


Bentuk kegiatan lain, KBPP Polri Jabar juga bekerjasama dengan Satuan Brimob Polda Jabar, menanam ribuan bibit pohon tanaman keras di kawasan rawan longsor, termasuk Cimanggung Sumedang dan daerah rawan lainnya di Kab Bandung dan daerah lainnya di Jawa Barat.


Penanaman bibit pohon itu, lebih dikhususkan tanaman produktif seperti buah-buahan yang bisa diambil buahnya tetapi tidak ditebang pohonnya. 


Ditambahkan Maktal M Nugraha selaku pelaksana program KBPP Polri Jabar, tim sengaja menanam tanaman berbuah (produktif) agar pohonnya tidak ditebang. Berbeda terbalik dengan tanaman anti longsor seperti mahoni, ki hujan dan pohon lainnya, seringkali ditebang jika sudah besar.


"Setelah besar biasanya ditebang untuk keperluan bisnis bangunan. Sama juga bohong ditanam kemudian untuk ditebang, Nantinya area dimaksud kembali menjadi rawan longsor, dong," ungkapnya.(isur/rls)

Mugi Sudjana Ketua KBPP Polri Jabar Bagikan Makanan Gratis di Jumat Barokah Mugi Sudjana Ketua KBPP Polri Jabar Bagikan Makanan Gratis di Jumat Barokah Reviewed by ALGIVON on 21.07 Rating: 5

Tidak ada komentar