Eka Santosa & Epi Kustiawan Hadir di Sosialisasi Pilkades Terbuka Jatiroke, Jatinangor Sumedang


 Bersemangat menghijaukan Desa Jatiroke, Jatinangor, Kabupaten Sumedang  - Gunung Geulis harus geulis oleh rimbunan pohon keras bukan sebaliknya ...


 

Algivon – Keramaian ala perdesaan yang langka di Jatiroke, Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang pada Sabtu, 23 Oktober 2021 sempat membuncah di antara ribuan penduduknya. Hari itu bertepatan tahapan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang. Isinya sosialisasi terbuka bagi 4 calon kades, masing-masing no urut 1 Ulan, no urut 2 Cuna, no urut 3 Tatang, dan no urut 4 Dede. Uniknya, saat kampanye terbuka ini digelar juga Ruwat Desa Sedekah Bumi. Ini merupakan syukuran atas kemakmuran sekaligus berkah, yang diterima seluruh warga Desa Jatiroke dan Jatinangor selama ini.      

 

“Banyak yang kami harapkan di momen ini. Lancar semuanya hingga waktu Pilkades pada 27 Oktober 2021. Termasuk, nanti hasilnya kades terpilih yang bisa memakmurkan warga Jatiroke dan sekitarnya,” ujar Saepudin Ketua Panitia, yang sehari-hari dikenal sebagai Ketua Forum Komunikasi Petani Gunung Geulis Desa Jatiroke.

 

Siap Hijaukan Gunung Geulis

 

Turut meramaikan gelaran unik di Desa Jatiroke ini, ada semacam duet tokoh Jabar, yakni Eka Santosa Ketua Umum DPP Gerakan Hejo yang juga sebagai Sekjen BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat), serta Epi Kustiawan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar.

 

“Saya apresiasi inisiatif meramaikan Pilkades dengan mata acara yang bernuansa budaya tradisi. Ada sedikit yang disayangkan wajah gunung Geulis yang berada di latar belakang daerah Jatiroke, tampaknya tak begitu rimbun. Ya, tak seperti hutan buatan di lahan kritis di Pasir Impun, Cimenyan, Kabupaten Bandung tempat saya tinggal, kini menghijau dan selalu didatangi banyak orang,” jelas Eka Santosa dalam cuplikan pidatonya.

 


Pok pek prak menghijaukan lahan kritis bekas galian c di Desa Jatiroke, Jatinangor ...



Pada kesempatan ini pula Eka Santosa memperkenalkan sosok Sonia Sugian, Ketua DPD Gerakan Hejo Kabupaten Sumedang. “Ini Ibu Sonia dan tim, intinya siap bersama aktivis dan elemen masyarakat di Jatinangor, Sumedang ikut serta membenahi penghijauan di daerah ini.”

 

Sebelumnya Epi Kustiawan, selain mengapresiasi gelaran sosialisasi terbuka calon kepala desa yang diisi dengan aneka kegiatan yang pro lingkungan, dirinya mengutarakan progres upaya penghijauan di Jawa Barat dewasa ini. “Dari target RTH 30% di Jabar, diakui baru 21,17%. Ini tugas berat namun harus kita kebut sesuai instruksi Pak Gubernur,” ujarnya.

 


Janji para calon kepala desa Jatiroke, beberapa di antaranya pro lingkungan ... 



Sementara itu Kang Aay Mulyana sebagai salah satu tokoh pengusaha lokal yang banyak memberdayakan warga lokal di Jatiroka dan sekitarnya, kepada redaksi merasa bersyukur dinamika Pilkades serentak menuju tanggal 27 Oktober sebagai hari pelaksanaan, berjalan lancar dan kondusif.

 

“Yang menggembirakan, gelaran ini dihadiri berbagai kalangan mulai dari seniman, budayawan, para anggota legislatif di Kabupaten Sumedang, juga kalangan milenial di Jatiroke, semoga ini dapat mendinamisasi Jatiroke dan Jatinangor,” pungkas Kang Aay Mulyana. (Harri Safiari)


Eka Santosa & Epi Kustiawan Hadir di Sosialisasi Pilkades Terbuka Jatiroke, Jatinangor Sumedang Eka Santosa & Epi Kustiawan Hadir di Sosialisasi Pilkades Terbuka Jatiroke, Jatinangor Sumedang Reviewed by Harri Safiari on 17.38 Rating: 5

Tidak ada komentar