Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Dijadwalkan Hadir di Alam Santosa, Eka Santosa: Ini Alasannya …

 


Ade Wardhana Adinata (kiri) dan Eka Santosa 



  

Algivon – Kabar teranyar (2/10/2021) dari Ketua Umum DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa yang makin intensif menggarap program lingkungan hidup di Jawa Barat:” Ini sih masih digodok jadwal dan materi acaranya. Terdekat kalau lancar, dua minggu Pak Mentri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo akan menyempatkan diri menyapa para Olot (tetua adat) BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jabar,” ujarnya sambil menambahkan – “Tentu bakal ada komunitas lainnya yang bisa hadir di Alam Santosa nanti. Hampir samalah waktu Pak Menkumham Yasonna Laoly dahulu (Oktober 2020 -red), ada komunitas lainnya.”

 

Diperoleh info lain, rencana kehadiran Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) ini di antaranya diinisiasi oleh rintisan CEO Minaqu Home Nature, Ade Warhana Adinata. Diketahui Ade Wardhana, terbilang sukses mengekspor tanaman hias ke Eropa – AS senilai Rp. 2,3 Triliun pada April 2021. Ia ternyata sukses mendongkrak program Gratieks, yakni Gerakan Tiga Kali Ekspor Kementerian Pertanian melalui pemberdayaan petani milenial utamanya.

 

“Tidak ada salahnya kisah sukses ini, perlu pula ditularkan ke warga Jabar pada berbagai komunitas lainnya. Rupanya, Pak Mentan SYL tergerak atas himbauan Kang Ade Wardhana, karena kebetulan sedang mengembangkan pemberdayaan bagi warga Jabar. Khususnya membuka potensi pertanian dengan sejumlah tokoh Jabar lainnya, dan komunitas itu di antaranya Gerakan Hejo, dan BOMA Jabar. Sedikitnya warga masyarakat adat di Jabar yang berjumlah sekitar 8 juta jiwa dari 24 komunitas , adalah sleeping giant,” terang Eka Santosa.

 


Pertemuan Ade Wardhana Adinata dan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo - Bersedia hadir di Bandung Jawa Barat ...



Bocoran lainnya, rencananya para tokoh Jabar yang akan berdiskusi secara intensif dengan Mentan SYL, selain dengan berdialog dengan para petani yang tergabung di Gerakan Hejo, BOMA Jabar, unsur PADI (Perhimpunan Anak Desa Indonesia), dan Relawan Berkarya:

 

”Juga akan ada  sesi dialog khusus dengan representasi tokoh Jabar, di antaranya Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia (mantan Rektor Unpad ke-10), Dedy Djamaluddin Malik, Ir Entang Sastraatmadja Ketua Harian DPD HKTI Jabar,” lanjut Eka Santosa yang diketahui termasuk dalam kepesertaan pada dialog ini.

 

Alam Santosa Tropical Garden    

 

Terpisah, hingga berita ini dinaikkan, rencananya pada saatnya bila Mentan RI SYL hadir di Alam Santosa yang terletak di Pasir Impun Desa Cikdut, Cimenyan Kabupaten Bandung, Kembali pihak tuan rumah ‘Gerakan Hejo dan BOMA Jabar’ dalam kaitan menggenjot ekspor tanaman hias menyusul saudara tuanya Minaqu Home Nature:


“Kami akan resmikan Alam Santosa Tropical Garden (ASTG) yang terletak di kawasan ini yang luasnya sekitar 6 ha, dan dulunya dikenal sebagai lahan kritis penyebab banjir dan longsor di Bandung timur. Kini, setelah dua dekade diperbaiki ekosistemnya secara bertahap, diisi oleh kegiatan ekonomi kreatif,” kata Eka Santosa.

 


Gerakan Hejo dalam persiapan menyongsong era baru ekspor tanaman hias, mendirikan  fasilitas Alam Santosa Tropical Garden (ASTG)



Rencana lainnya selain unsur di atas selama Mentan RI SYL hadir di Alam Santosa, juga akan hadir divisi Mekanisasi Pertanian PT. Pindad (Persero):

 

”Pihak Pindad turut menyambut kebangkitan pertanian di Jabar, melalui mekanisasi yang efesien dan efektip demi peningkatan produktivitas. Kita tahu, Pindad dan Gerakan Hejo, serta Hejotekno selama ini sedang bahu-membahu meproduksi insinerator ramah lingkungan StungtaXPindad yang banyak dilirik oleh pemerintah daerah di Indonesia untuk menyelesaikan masalah persampahan dan limbah B3, khususnya,” ujarnya.  

 

24 Kampung Adat di Jabar


Skedar info inilah susunan 24 Kampung Adat yang tergabung dalam BOMA Jabar, antara lain:  A. Kab. Sukabumi terdiri atas 1. Kampung Adat Cipta Gelar, 2. Kampung Adat Sirna Resmi, 3. Kampung Adat Cipta Mulya B. Kab. Bogor terdiri atas 1. Kampung Adat Urug. C. Kab. Bandung terdiri atas 1. Kampung Adat Cikondang, 2. Kampung Adat Mahmud, 3 Kampung Adat Bumi Alit. D. Kota Cimahi terdiri atas a. Kampung Adat Cireundeu . E. Kab. Garut terdiri atas 1. Kampung Adat Dukuh, 2 Kampung Adat Ci Ela, 3. Kampung Adat Pulo, 4 Kampung Adat Sancang. F. Kab. Tasikmalaya terdiri atas 1. Kampung Adat Naga, 2 Kampung Adat Sanaga. G. Kab. Ciamis terdiri atas 1. Kampung Adat Kuta, 2. Kampung Adat Cibodas 3. Kampung Adat Geger Sunten 4. Kampung Adat Panjalu Cibangban 5 Kampung Adat Bunter. H. Kota Banjar terdiri atas Kampung Adat Rawa Onom. I. Kab. Pangandaran terdiri atas Kampung Adat Cibanter, 2 Kampung Adat Badud. J Kab. Indramayu Kampung Adat Bumi Dayak Segandhu di Kec. Losarang. K . Kab. Sumedang 1. Kampung Adat Rancakalong.  (Harri Safiari)


Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Dijadwalkan Hadir di Alam Santosa, Eka Santosa: Ini Alasannya … Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Dijadwalkan Hadir di Alam Santosa, Eka Santosa: Ini Alasannya … Reviewed by Harri Safiari on 22.01 Rating: 5

Tidak ada komentar