Yang Baru Dr Wawan Mulyawan, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2021-2024 – Perlu Sumbangsih Nyata …

 


Kol Kes Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS(K), SpKP, FINPS, FINSS, AAK Ketua Umum ILUNI FKUI 2021 - 2024 - Pengabdian tiada batas ...

 

 

 

Algivon – Terbaru pada 6 Oktober 2021 hasil Musyawarah Nasional Ikatan Alumni UI (ILUNI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)  yang berlangsung online pada akhir September lalu, akhirnya para peserta memilih Kol Kes Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS(K), SpKP, FINPS, FINSS, AAK sebagai Ketua Umum yang baru. Terpilihnya Dr Wawan Mulyawan, ini menggantikan Prof Dr Budi Sampurna, SH, DFM, SpF, SpKP yang telah menjabat posisi ini selama 2 periode.

 

Dalam pidato pengukuhannya sebagai Ketua Umum, dr Wawan menyampaikan, “Sudah seharusnya alumni FKUI memberikan sumbangsih yang nyata dan signifikan kepada bangsa dan almamaternya. Kami pun mengkhawatirkan masalah mahasiswa dalam masa pendidikan di era pandemi Covid-19.  Pun, berkurangnya minat alumni FKUI untuk memasuki karir di birokrasi beberapa tahun terakhir ini seperti di Kemenkes, dan TNI-Polri yang kini menjadi tantangan tersendiri. Dengan intelektualitas yang tinggi dan soft skill yang dimiliki, alumni FKUI sudah seharusnya merintis karir, dan bisa memberikan kontribusinya bagi pembangunan kesehatan di Indonesia.”

 

Acara ini dihadiri Dekan FKUI, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, Finasim, MMB, dan Ketua Ikatan Alumni UI, Andre Rahadian, SH, LLM, juga diikuti oleh lebih 200 peserta, dan ini merupakan jumlah terbesar peserta Munas Iluni FKUI selama ini. Antusiasme ini ditunjukkan dengan hadirnya para alumni lulusan mulai angkatan lulusan FKUI 1963 (usia diatas 80 tahun) sampai yang termuda yaitu angkatan lulusan dokter 2020.


Donasi APD …

 

Dalam pidato Pembukaan Munas, Dekan FKUI, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD menyebutkan bahwa dengan cukup agresifnya FKUI mencetak doktor dan guru besar dan mendidik sekitar 5.000 mahasiswa S1, S2 dan S3 serta spesialis dan subspesialis saat ini, dibutuhkan kontribusi dana, dan fasilitas dari para alumninya. Biaya Pendidikan harus diimbangi dengan adanya penyediaan dana dan fasilitas yang tidak hanya disediakan oleh universitas, namun juga dari peran serta berbagai stakeholders UI dan FKUI, yang salah satu pilar utamanya adalah alumni FKUI.

 

Dekan FKUI ini bersyukur bahwa saat mengalami kelangkaan APD (alat perlindungan diri) untuk para mahasiwa klinik, dan residen spesialis dalam menangani pasien Covid-19 di RSCM dan Rumah Sakit Satelitnya, Iluni FKUI dengan berhasil mengatasinya dengan donasi APD yang sangat signifikan untuk para pejuang garis depan Covid ini. Hal ini diaminkan oleh Ketua Umum Iluni FKUI 2018-2021, Prof Budi Sampurna, yang berterima kasih kepada para alumni yang telah membantu.

             

Dalam acara Munas tersebut, para alumni FKUI senior juga menyoroti keterlibatan alumni FKUI dalam mengatasi masalah kesehatan nasional seperti pandemi Covid. Kini telah terbentuk penyediaan fasilitas pendidikan yang lebih baik di FKUI, juga telah terbentuk dana abadi (endowment fund). Para alumni tampak sangat mendukung, berkat adanya beasiswa, termasuk kepedulian terhadap alumni yang sudah sepuh.


“Setidaknya, bantuan untuk pemantauan kesehatan mereka para alumni yang sudah sepuh ini, kini ada penerusnya, ya oleh para pengurus baru,” demikian ucap sejumlah peserta Munas ILUNI FKUI pada awal September 2021 lalu. (HS/Rls)


Yang Baru Dr Wawan Mulyawan, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2021-2024 – Perlu Sumbangsih Nyata … Yang Baru Dr Wawan Mulyawan, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 2021-2024 – Perlu Sumbangsih Nyata … Reviewed by Harri Safiari on 11.35 Rating: 5

Tidak ada komentar