Saling Merapat, Pelukis Jamil Supriatna & Kolektor Djen Himawan – Pandemi Jadi Flu Covid …?

 


Pelukis Jamil Supriatna di tengah karyanya yang berada di 'Djen Gallery' milik Djen Himawan di betulan  Jl. Islamic Cennter - Jatihandap Kota Bandung (27/10/2021) - 'Aku mah dari dulu total hidup bekesenian ...'



 

 

Algivon – Boleh dibilang demikianlah adanya! Pelukis Jamil Suprtiatna (61) dan sobat dalitnya kala masa kecil di Kota Bandung, bertemu kembali pada Rabu, 27 Oktober 2021 di kediaman Djen Himawan (61). Ko Odjen sendiri panggilan akrab dari Djen Himawan selama ini dikenal sebagai salah satu kolektor untuk perupa Umar Sumarta dalam kurun seperempat abad lebih.

 

“Saya bahagia hari ini, bayangkan sahabat kecil saya ketika di daerah Pungkur, bisa bertemu kembali. Ini mungkin saja berkah tersendiri dari pandemi Covid-19,” kata Djen Himawan dengan menambahkan –“Kang Jamil ini ternyata 2 tahun terakhir kembali ke Bandung, setelah kita dilanda Covid-19. Beliau kan sejak 1984 memang tinggal di Bali, katanya sih demi memperdalam ilmunya,” ujar Djen Himawan dengan bungah.

 

Masih menurut Djen Himawan yang dikenal sebagai pebisnis batu mulai, dan barang-barang antik, kehadiran Kang Jamil Supriatna:”Rasanya beliau bisa meramaikan kembali dunia seni rupa di Kota Bandung. Pengalamannya bertahun-tahun di Bali, termasuk pergaulannya yang khas dengan kolektor asing, dan kolektor dari dalam negeri, ini basis penting dan bagus bagi Kang Jamil sendiri.”




Eriyadi Budiman (kiri)  selaku penulis dan pengamat seni berbincang dengan Djen Himawan di 'Djen Gallery' - Semoga bakal ada darah baru berkesenian di Bandung - 



Sementara itu penulis dan pengamat seni rupa Eriyadi Budiman yang punya hobi berat beternak ikan cupang yang secara kebetulan hadir pada saat yang sama di kediaman Djen Himawan, yang juga sedang merintis pembangunan galeri seni di betulan Kompleks Islamic Center Jatihandap Kota Bandung, berharap:

 

”Semoga ini bisa memperkaya nuansa kesenirupaan khususnya di Bandung, Jabar, dan DKI. Ini kan salah satu barometer dunia senirupa di Indonesia. Siapa tahu, Ko Odjen yang kini punya tim tersendiri, mampu menelorkan kiat-kiat khusus demi menggairahkan dunia seni rupa. Yakin, malah bisa …”

 

Harapan Jamil Supriatna    

 

Jamil Supriatna sendiri alumni SMAN 9 di Jl. Belitung Kota Bandung era 1979, secara khusus kepada redaksi yang dikenal banyak kalangan sebagai pelukis kontemporer dengan segala seginya,”melukis praktis sejak 1984 setelah 1 tahun sebelumnya bekerja di pabrik, lalu merantau ke Bali dengan segala pahit-getir, termasuk banyak pula manisnya bergaul erat dengan berbagai seniman dalam dan luar negeri di sana. Ini semua modal saya di Bandung ke depan,” ujarnya kala ditemui disela-sela anjang sana ‘reuni’ dengan sahabatnya Djen Himawan.

 


Jamil Suriatna - Seiring melandai fenomena pandemi Covid-19, semoga bangkitlah dunia berkesenian di Tanah Air dan mancanegara, kita butuh darah segar...



Dalam catatan redaksi, telaah kiprah Jamil Supriatna dalam dua tahun terakhir ini pada dunia senirupa di Bandung. Pertama, ia memulai dirinya bermukim total di Sanggar Olah Seni (S.O.S) di Babakan Siliwangi. Selanjutnya, ia berpameran di Galeri Seni Orbital Dago  bersama Perupa Tony Antonius (Jl. Rancakendal No. 7 Cigadung, Bandung), Nyoman Nuarta Gallery (Jl. Setra Duta Raya, Bandung), dan terakhir ber-pameran tunggal pada Agustus – Oktober 2021 di Galeri Lumbung Majun (Tisna Sanjaya) Jl. Batu Rengat, Cigondewah Kaler, Bandung Kulon, Bandung.     

 

“Saya mah dari dulu juga total berkesenian. Sekarang bertemu rekan penulis dan pengamat seni, jurnalis, serta kolektor, makin sumanget atuh untuk berkarya. Saya tak mau redup berkarya, apalagi hanya gara-gara pandemi atawa pageblug. Semoga saja pandemi itu segera hilang, saling merapatlah, biar menjadi flu biasa, ya seperti flu covid saja…” (Harri Safiari)


Saling Merapat, Pelukis Jamil Supriatna & Kolektor Djen Himawan – Pandemi Jadi Flu Covid …?  Saling Merapat, Pelukis Jamil Supriatna & Kolektor Djen Himawan – Pandemi Jadi Flu Covid …? Reviewed by Harri Safiari on 07.41 Rating: 5

8 komentar

  1. semoga kehadiran kang Jamil meramaikan kembali dunia seni lukis...sukses terus buat ko ojen dan kang jamil

    BalasHapus
  2. Sukses ko Ojen selaku kolektor lukisan² berkelas, dan sukses kang jamil.. teruslah berkarya. Sukses !!

    BalasHapus
  3. Sukses selalu..lukisan makin digemari banyak kalangan sekarang...

    BalasHapus
  4. Sukses selalu kang Jamil, dari dulu sudah sangat sering mengadakan pameran 👍

    BalasHapus
  5. Mantab euy ko Odjen... mantab euy Kang Jamil... terus berkarya utk kebanggaan Indonesia

    BalasHapus
  6. Sukses terus buat 'Ko Odjen dan Djen Gallery nya, semoga terus berkembang, semakin melebarkan sayapnya berkarya bersama para seniman di seluruh Indonesia..

    BalasHapus
  7. Hebat Lukisannya pak Jamil sangat bgus

    BalasHapus
  8. Kerennm!! Sukses terus!!

    BalasHapus