Kadivre Jawa Barat-Banten Perum Perhutani Berkunjung ke DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa: Pemberdayaan Out of the Box …

 


Membangun kebersaamaan dalam hal pengembangan masyarakat perdesaan-hutan melalui pemberdayaan kepariwisataan yang berkelanjutan  - Salah satunya, melalui pendekatan ekonomi kreatif yang out of the box, terbukti bisa, asal ...


 

Algivon – Kepala Divisi Regional (Divre) Jawa Barat – Banten (Janten) Perum Perhutani Amas Wijaya yang baru dilantik pada 8 April 2021 lalu menggantikan Dicky Yuana Rady, pada Kamis, 29 April 2021 kembali berkunjung ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa di Desa Cikadut, Cimenyan Kabupaten Bandung. Amas Wijaya sejak sore hingga malam hari sambil berbuka puasa bersama di Alam Santosa didampingi Administratur KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Bandung Selatan Tedy Sumarto, dan Administratur KPH Bandung Utara Usep Rustandi, dengan tuan rumah Ketua Umum DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa.

 

“Sejak ditandatangani MoU antara lembaga kami dengan DPP Gerakan Hejo yang disaksikan kala itu (17/10/2020) oleh Menkumham Yasonna Laoly di Alam Santosa, sudah ada beberapa rintisan kerjasama di lapangan. Malam ini kita diskusikan secara  santai agar diperoleh penajaman lanjutannya nantinya. Ternyata, hasilnya banyak yang menarik, penuh kejutan. Ini memperkaya implementasi bisnis kami yang berpatokan pada konsep people, planet, dan profit, kami butuh itu” terang Amas Wijaya sambil menambahkan –“Diskusinya seru dan menarik, salah satunya potensi pengembangan wisata perdesaan di Bandung Utara dan Selatan di mata aktivis Gerakan Hejo mengungkap prospek yang selama ini, jarang terekspos.”



Membangun kebersamaan antara Divisi Regional Jawa Barat – Banten Perum Perhutani dengan Gerakan Hejo - Memunculkan entitas baru pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar desa dan hutan, khususnya.

 

Tuan rumah Eka Santosa yang malam itu tampak bungah karena didampingi tim baru ‘Sahabat Desa’ yang intensif menggarap pengembangan desa wisata di Kampung Nyampay (Kanaan Hijau) dan Stamplat Girang  Desa Indragiri, Rancabali Ciwidey, termasuk mulai menggarap di sekitar Oray Tapa seputaran Manglayang Cimenyan Kabupaten Bandung, sepertinya memperoleh wawasan baru:

 

“Betapa pemberdayaan masyarakat di sekitar desa-hutan ke depan, tak hanya mengandalkan peran LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dalam artian konvensional, melainkan bisa dengan aneka pendekatan kekinian, menyertakan peran para milenial. Tadi itu muncul macam-macam ide menarik, sederhana namun mengena dari pegiat kepariwisataan yang rata-rata out of the box. Inilah geliat ekonomi kreatif itu …” papar Eka Santosa.          



Fungsional berdiskusi, mencari kesamaan dari keberagaman gagasan, hasilnya diharapkan sesuatu terapan yang bernas - ya, out of the box yang berdaya guna di lapangan ...



 

Adalah Fajar dari ‘Sahabat Desa’ dalam diskusi malam itu, banyak memunculkan peran crew-nya di antaranya dari Leni, Iwenk, Syahril, Punjung, David, Rudi Lygia, dan Adi. Dalam diskusi ini, dibahas sejumlah ide yang bernas tentang bagaimana jurus memelihara keseimbangan hutan dan penduduk secara efektip dan efesien, ”justru hal inilah yang kita cari, ini akan dapat memperkaya staf kami di lapangan, tak melulu dengan cara konvensional,” kata Amas Wijaya ketika merespon bagaimana memanfaatkan limbah kayu di hutan menjadi merchandize yang lebih bernilai karena adanya sentuhan handy craft yang khas. Hasilnya, limbah kayu yang tadinya, bersahaja setelah diolah dengan sentuhan skill (keahlian) tertentu, di mata pengunjung wisata desa menjadi lebih bernilai ekonomi.      

 

Alhasil ajang silaturahim ini menurut Tedy Sumarto dan Usep Rustandi sangatlah bermanfaat,”mari kita teruskan perwujudannya di lapangan dengan sejumlah inovasi yang malam ini telah kita diskusikan. Action-nya langsung di lapangan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat di sekitar desa-hutan,” pungkas Tedy. (Harri Safiari)  


Kadivre Jawa Barat-Banten Perum Perhutani Berkunjung ke DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa: Pemberdayaan Out of the Box … Kadivre Jawa Barat-Banten Perum Perhutani Berkunjung ke DPP Gerakan Hejo, Eka Santosa: Pemberdayaan Out of the Box … Reviewed by Harri Safiari on 06.17 Rating: 5

Tidak ada komentar