Pangdam III/Siliwangi di Posko Sektor 21 Citarum, Menanam Pohon Baros - Kota Cimahi Makin Sejuk


 

Pangdam III/Siliwangi menanam pohon baros di Posko Sektor 21 Ciageran Kota Cimahi - Menanam pohon saat ini untuk perbaikan lingkungan di masa depan dan selanjutnya ....


Algivon -- Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto setiba di Posko Sektor 21, tepatnya di area pembibitan Cimenteng Cipageran Kota Cimahi Jawa Barat, kala itu disambut Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat langsung melakukan peninjauan sarana dan prasarana di area ini. Di antara sarana dan prasarana yang ditinjau yakni barak anggota, WC, perkantoran, musolla,  serta lokasi pembibitan dan penyemaian tanamana (17/6/2020).

Tuan rumah Dansektor 21 Kolonel Inf  Yusep Sudrajat dalam kesempatan ini melaporkan:“Tanah ini milik Pemkot Cimahi, kami Dansektor 21 berkoordinasi dengan Wali Kota dan alhamdulillah disetujui, area ini dikelola oleh Satgas Citarum Sektor 21, untuk perbaikan lingkungan."

Lebih lanjut menurut Yusep Sudrajat:"Dari 5 hektar itu tanaman yang awalnya berpola tumpang sari, nantinya begitu tanaman kopi sudah tinggi tumbuhnya, mereka tidak menanam disini lagi. Harapannya, tempat tempat yang strategis di Kota Cimahi ini, hutannya tetap kita jaga,” jelasnya dengan menambahkan –“Kita hutankan lagi secara benar. Mereka tidak lagi berkebun secara kecil-kecilan. Tindaklanjutnya, kami akan buat organisasi dengan persetujuan Pak Walikota. Kita akan kawal demi terwujudnya hutan kota, untuk edukasi lingkungan hidup di Cimahi. Nantinya, yang mengelola dan duduk di organisasi ini, di antaranya Pak Rektor Unjani, Rektor Siliwangi, Dr. Eki, Dr. Dini, dan saya sendiri termasuk Pak Wali Kota dan Pak Rony LH.”  

Merespon paparan Yusep Sudrajat, Pangdam III/Siliwangi menyatakan:”Saya memang sudah melihat beberapa waktu lalu, dilaporkan oleh Dansektor 21 tentang pembangunan Posko ini. Saya sempat sampaikan, suatu saat akan saya lihat Posko ini, tetapi karena ada musibah Covid-19, makanya agak tertunda".

Dalam kesempatan yang sama  Pangdam III/Siliwangi, mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Cimahi yang telah mendukung Sektor 21, khususnya dalam membuat paru-paru di Cimahi ini. Harapannya, cita-cita Pak Wali Kota Cimahi bisa segera terwujud. Dipaparkan lebih lanjut oleh Nugroho Budi Wiryanto,  dengan banyaknya tanaman suasana  wilayah ini pun menjadi sejuk:

”Enak dan bisa juga dimanfaatkan untuk sarana rekreasi bagi masyarakat maupun untuk acara-acara lain. Saya berharap, lingkungan sejuk dan berudara bersih yang luasnya sekitar 5 hektar ini bisa membawa banyak kebaikan bagi warga Cimahi.”

Lebih lanjut dikatakan Pangdam III/Siliwangi, bukankah di Cimahi banyak berdiri perusahaan (industri), kalau ada yang masih bandel ya ditegur, bila sekali dua kali enggak mampan, ya boleh dicor?!”

Masih kata Pangdam III/Siliwangi yang hadir dalam upaya penegakan Peraturan Presiden RI Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemarandan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum: "Limbah industry yang dibuang ke sungai harus bersih, makanya mereka harus mempunyai IPAL supaya bisa memfilter, menjadi air bersih yang boleh dibuang ke sungai, sehingga ikan-ikan pun bisa hidup normal. Mari kita sama-sama baik TNI, Polri, masyarakat maupun PNS menjaga lingkungan, agar anak cucu kita nanti bisa menikmati alam yang ada di Indonesia ini dengan aman, dan tidak takut keracunan," pungkasnya.

Menariknya, kunjungan Pangdam III/Siliwangi ke Posko Sektor 21 hari itu diakhiri dengan acara penanaman pohon. Terlihat Pangdam III/Siliwangi dan Wali Kota Cimahi menanam jenis pohon Baros (Manglitea Glauca Bi), yang diikuti para Dansektor, serta tamu dan undangan lainnya. (Harri Safiari/Pendam Siliwangi)


Pangdam III/Siliwangi di Posko Sektor 21 Citarum, Menanam Pohon Baros - Kota Cimahi Makin Sejuk Pangdam III/Siliwangi di Posko Sektor 21 Citarum, Menanam Pohon Baros - Kota Cimahi Makin Sejuk Reviewed by Harri Safiari on 22.52 Rating: 5

Tidak ada komentar