Petani Garut Optimis, Ajuan Kerjasama Penggunaan Lahan dengan PTPN VIII Terealisasi …


TB Santika (tengah) dan rekannya menunjukkan tanda terima pengajuan ke PTPN VIII di Alam Santosa Kabupaten Bandung -- Opitimis ajuannya terkabul petani Garut lebih sejahtera ..

Algivon -- TB Santika, aktivis ligkungan yang tergabung dalam Gerakan Hejo DPD Kabupaten Garut didampingi Dicky Dirga, dan Asep Abda ditemui di Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung (15/6/20200), ketiganya baru saja mengunjungi kantor PTPN VIII di Jalan Sindangsari No. 4 Bandung.

“Tadi di PTPN VIII diterima oleh Bapak Febian Lucky dari bagian Optimalisasi Aset. Kami ajukan permohonan PMDK (Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Kebun). Ajuannya dilengkapi kelembagaan koperasi,” ujar TB Santika sambil menjelaskan – “Hari ini kembali diserahkan surat permohonan kerjasama penggunaan lahan yang sesuai arahan, kelembagaan Koprasi Bina Usaha berdomisili Kabupaten Garut dengan luas 30 ha.”

Diketahui pengajuan dari pihak TB Santika ini awalnya tiga bulan lalu dilakukan melalui CV. Akwa Mandiri dengan Direktur Jejen Zaenudin S.Pd. Seiring perjalanan waktu, proses permohonannya mengalami kendala, pun penolakan dari pihak management PTPN VIII. Alasannya, berkas persyaratan administrasi pada saat itu dinilai kurang lengkap.

Sekedar info Pembina Koperasi Bina Usaha (Kopbinus) KH. A Abdul Mujib M.Ag. adalah pimpinan Pondok pesantren Al Fauzan di Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut.

“Terpenting bagi kami pengajuan pengelelolaan lahan tadi ada 3 hal target yang akan dicapai,” lanjut TB Santika sambil menguraikan pentingnya program ini sebagai pionir terdepan dalam program penyuluhan, pengembangan sektor perekonomian bagi masyarakat tani.

Memiliki potensi pasar yang besar sehingga punya kesempatan untuk mengembangkannya. Dan optimis lahan di Garut yang masih luas, serta subur, dengan cuaca yang kondusif, sangatlah mendukung sektor pertanian.

“Kami optimis, ajuan ini akan dipenuhi seperti tadi diungkapkan saat di kantor PTPN VIII," pungkas TB Santika yang bergegas pulang ke Garut pada malam hari itu usai melihat puing-puing kebakaran Balegede sebagai markas besar Gerakan Hejo yang berada di Kawasan Alam Santosa yang terbakar pada 9 Juni lalu – “Semoga Balegede kembali tegak berdiri dalam waktu dekat.(Harri Safiari)
Petani Garut Optimis, Ajuan Kerjasama Penggunaan Lahan dengan PTPN VIII Terealisasi … Petani Garut Optimis, Ajuan Kerjasama Penggunaan Lahan dengan PTPN VIII Terealisasi … Reviewed by Harri Safiari on 19.03 Rating: 5

Tidak ada komentar