Desa Cikadut Cimenyan Berlabel Bersih Narkoba ke-56 ala BNN Jabar, Sufyan Syarif: Jabar Bersinar, Wujudkan !

Para pemangku dari BNN P Jawa Barat dan Kepala Desa Cikadut bertekad mewujudkan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) ke-56 di Jawa Barat 


Algivon  – Ada bewara teranyar per 14 Oktober 2020, faktanya Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, ditetapkan BNNP (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Jawa Barat sebagai satu dari 56 ‘pilot project’ Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba). Seremoninya,  akan dihelat pada 17 Oktober 2020 di Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, di Desa Cikadut. Yang tak biasa, peresmian ini direncanakan dihadiri Menkumham Yasonna H. Laoly, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Naser, dan pihak terkait lainnya.


Nah, berkaitan rencana peresmian ini, pada Rabu, 14 Oktober 2020 di Kantor Desa Cikadut diadakan  sampling test urine. Ini hal yang langka dan pertama terjadi di daerah Cikadut.


“Kami sangat gembira, pertama ada test urine di Desa Cikadut. Semoga segera terwujud Cikadut sebagai Desa yang bebas narkoba. Para pengedar narkoba, insyaflah jangan ganggu warga kami,” papar Listati Kepala Desa Cikadut di kantornya yang ditemui redaksi usai pelaksanaan sampling test urine yang dihadiri Kepala BNN Kota Bandung AKBP Deni Yus Danial, Kepala BNN Kota Cimahi Ivan Eka Sayta, Kabid P2M BNNP Jabar, Drs. Wuryanto, dan Penyidik  Madya BNNP Jabar Kompol Susiana Soegarda, SH . M.H.


Para pemangku dari BNNP Jawa Barat dan Ketua Umum DPP Gerakan Hejo - Idamkan Desa Cikadut menjadi Desa Bersinar ke-56 menjadi nyata di lapangan, generasi muda khususnya terbebas dari penyalahgunaan narkoba yang kini tak pandang bulu, menyengsarakan warga.


Selain itu, secara terpisah Brigjen Pol. Drs. Sufyan Syarif M.H, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat seusai meninjau kegiatan sampling test urine di kantor Desa Cikadut, lalu ditemui dirinya sedang berada di Alam Santosa, kediaman Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo selaku tuan rumah helatan pada Sabtu, 17 Oktober 2020:


“Ini bisa disebut sebagai Desa Bersinar ke-56 di Jabar. Sejauh yang saya tahu ada sekitar 1.500-an pemakai dari narkotika golongan III jenis suboxone, khusus di sekitaran Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung atau Bandung Raya. Jenis narkotikan ini harganya yang paket murah, terjangkau oleh para remaja. Bahayanya, sangat luas serta mendalam. Makanya, perangilah mulai saat ini, agar generasi muda kita selamat,” ujar Sufyan Syarif sambil menambahkan – “Harapannya, hari ini sampling test urine hingga ke beberapa keluarga di Cikadut dan Kecamatan Cimenyan. Ini terus berlanjut hingga ke Jabar Bersinar.”


Sementara itu Eka Santosa yang menjadi tuan rumah dari hajatan pada 17 Oktober 2020 yang berprotokol pencegahan Covid-19, yang akan dihadiri Menkumham Yasonna H Laoly, seiring kesaksian terwujudnya MoU (kesepakatan bersama) antara Gerakan Hejo dengan BNNP Jabar, juga MoU Gerakan Hejo dengan Divisi Regional Jabar-Banten Perum Perhutani dalam hal Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Nusantara, yang khusus kali ini melibatkan seni budaya Sunda dan Nias, tampak sedikit kaget atas prakarsa BNNP Jabar melakukan sampling test urine di Desa Cikadut:


“Gerak cepat dari BNNP Jabar ini, ibarat merangsek aktif menyadarkan warga Cikadut dan Cimenyan serta Bandung Raya, untuk memerangi maraknya penyalahgunaan narkoba di daerah ini,” tutur Eka Santosa sambil menambahkan – “Urusan pencegahan dan pemberantasan nanti kita sama-sama lakukan bersama masyarakat dengan bimbingan BNN dan pihak berwajib lainnya.”  (Harri Safiari)  

Desa Cikadut Cimenyan Berlabel Bersih Narkoba ke-56 ala BNN Jabar, Sufyan Syarif: Jabar Bersinar, Wujudkan ! Desa Cikadut Cimenyan Berlabel Bersih Narkoba ke-56 ala BNN Jabar, Sufyan Syarif: Jabar Bersinar, Wujudkan ! Reviewed by Harri Safiari on 00.17 Rating: 5

Tidak ada komentar