Fadel Muhammad di Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jabar: Air Berani & Kemungkinan Jokowi Bilang Ya

Fadel  Muhammad (kedua dari kiri) dan tokoh Sunda - Menyerap aspirasi yang mengendap sejak 1926 ...

 Algivon – Bak membuka sejarah lama ke kurun waktu 1926 tentang identitas Provinsi Jawa Barat, hari Senin, 12 Oktober 2020 kembali dibahas oleh sejumlah tokoh Sunda atawa Jawa Barat di Perpustakaan Ajip Rosidi di Kota Bandung. Adalah Ketua SC Kongres Sunda, Andri Kantaprawira, ia buka suara inginnya agar nama Sunda minimal tertulis dalam sebuah nama administratif, sebuah provinsi. Menurut Andri, kisah ini sesungguhnya sudah dimulai sejak 1926, saat Pemerintah Kolonial Belanda mempersilakan penggunaan nama Provinsi Sunda sebagai nama Provinsi Jawa Barat.

 

“Saya akan langsung menyurati Presiden RI Joko Widodo supaya sejarah pengembalian nama provinsi ini tercipta di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo,” tambah Andri yang diamini tokoh lainnya seperti Anggota DPD RI Erni Sumarni, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Maman Wangsaatmadja, Iwan Gunawan, Ridho Eisy, Memet H Hamdan, Acil Bimbo, Ganjar Kurnia, Adji Esha Pangestu dan sejumlah tokoh lainnya.

 

Air Berani …

Lanjutannya, Fadel di ajang ini menampung aspirasi pergantian nama Provinsi Jabar menjadi Provinsi Sunda. Demi mewujudkan ide ini, ia memberi jalan bagi penyelenggara Kongres Sunda untuk menjalin komunikasi dengan tokoh Sunda lainnya di Jabar, daerah lain, maunpun yang sedang berada di luar negeri.

 

“Lainnya, nih saya beri hal khusus yaitu air berani. Tokoh-tokoh Sunda biar kompak dan berani. Juga jalan khusus ke Pak Presiden Jokowi biar beliau bilang ya. Kalau Pak Jokowi bilang ya, bereslah itu,” kata Fadel yang berhasil mendirikan Provinsi Gorontalo di Sulawesi pada tahun 2000 - “Kuncinya kita itu harus berani, tadi tuh sudah saya beri air berani.”  

                                   

Nih, Kongres Sunda 2020 ...


Lain halnya Fadel Muhammad yang mencontohkan keberhasilan penggantian nama provinsi Irian Barat menjadi Provinsi Papua, Eni Sumarni menguraikan kini nama Sunda sudah nyaris tidak ada di peta.

 

“Kalaupun ada itu sangat sedikit, contohnya Selat Sunda, ujar Eni sambil menambahkan “Padahal nama  Sunda dulunya merupakan kepulauan sampai ke Nusa Tenggara. Dan, Kalimantan dulu juga ada namanya Sudah Kecil. Sunda bukanlah hanya suatu etnis, tapi nama geografis sehingga tidak usah dibenturkan dengan kesukuan lainnya yang tinggal di Jawa Barat."


Harus kompak, katanya ...

Alhasil dari pertemuan ini, para tokoh Jawa Barat tampaknya tak padam ber-asa sejak 1926, menginginkan nama khas menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda, terutama setelah berdirinya Provinsi Banten yang berdiri sendiri atau memisahkan diri pada tahun 2000, yang menurut sejarahnya telah diperjuangkan sejak 1953. (Harri Safiari)

Fadel Muhammad di Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jabar: Air Berani & Kemungkinan Jokowi Bilang Ya Fadel Muhammad di Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jabar: Air Berani & Kemungkinan Jokowi Bilang Ya Reviewed by Harri Safiari on 10.16 Rating: 5

Tidak ada komentar