M Farhan Gelar Sosialisasi dan Penguatan Empat Pilar Kebangsaan di Bandung: Bangun Daya Tahan Bangsa, Belajarlah dari kondisi …



M Farhan saat gelaran Sosialisasi dan Penguatan Empat Pilar Kebangsaan di Bandung - Gali dan kembangkan potensi generasi bangsa.

 

 

Algivon  -- Anggota MPR RI, Dapil I Jawa Barat, Fraksi Nasdem Muhammad Farhan melakukan kegiatan Sosialisasi dan Penguatan Empat Pilar Kebangsaan bertajuk, "Semangat Generasi Muda Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika", pada Senin, (28/9/2020), di Bandung, yang dihadiri 200 mahasiswa.  Farhan pasca kegiatan mengatakan, dirinya kembali ke kota Bandung khusus untuk melakukan kegiatan ini:

 

"Tujuan kita mengadakan kegiatan ini memang merupakan sebagian tugas saya sebagai Anggota MPR RI, yakni melakukan sosialisasi dan edukasi tentang Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya dengan menambahkan –“Mengapa kami lakukan kegiatan sosialisasi ini, karena saat ini tidak ada pendidikan formal tentang ideologi kebangsaan, maka tugas saya sebagai Anggota MPR RI untuk melakukan pendekatan secara lebih secara formal memberikan pengetahuan Empat Konsensus Kebangsaan."

 

Lebih lanjut menurut M Farhan, dirinya bersyukur karena: ”Banyak teman- teman mahasiswa datang, menyimak, dan melontarkan banyak pertanyaan yang menarik, utamanya pertanyaan yang sifatnya mempertanyakan relevansinya Empat Konsensus Kebangsaan dengan kondisi sekarang yang mengalami disrupsi akibat Pandemi Covid-19 maupun akibat disrupsi digital."

 

Masih kata M Farhan, elaborasi dari kegiatan ini, di antaranya ada mahasiswa yang menanyakan apa untungnya belajar tentang Empat Konsensus Kebangsaan menghadapi disrupsi digital ?. Bila dirunut katanya:

“Empat Konsensus Kebangsaan ini akan membentuk karakter kita sebagai manusia Indonesia yang mampu melakukan filterisasi terhadap konten-konten digital yang cocok untuk kita, serta bagaimana kita menciptakan dan mengkreasikan konten-konten digital ini.”

 

Harapan M Farhan, mahasiswa tetap menjadi insan yang selalu membuka mata, hati, dan pikiran, serta mau terus belajar, dan jangan pernah berhenti. Dalam hal ini, peluang dan tantangan kita masih sangat besar. Intinya, masa depan yang menjadi tanggung jawab itu mahasiswa itu menyangkut masa depan Indonesia yang menentukan kehidupan banyak orang.

 

Adapun terkait fenomena resesi yang akan dihadapi Indonesia, M Farhan mengatakan bahwa fenomena resesi tidak terhindarkan, faktanya pertumbuhan ekonomi di Indonesia berkisar antara minus satu hingga minus tiga persen. Hal ini terjadi karena konsekuensi keadaan saat ini. Namun, harus kita hadapi bersama. Kuncinya hanya ada dua, daya tahan, dan kemampuan beradaptasi.  

 

Alhasil M Farhan dalam pemaparan ini meghimbau, di antaranya:”Marilah kita membangun daya tahan ini. Marilah kita membentuk ketahanan nasional yang kuat. Dan, marilah kita belajar dari kondisi yang tengah kita alami, agar kita dapat bertahan dan beradaptasi," tutup M Farhan. (Harri Safiari)

 

 


M Farhan Gelar Sosialisasi dan Penguatan Empat Pilar Kebangsaan di Bandung: Bangun Daya Tahan Bangsa, Belajarlah dari kondisi … M Farhan Gelar Sosialisasi dan Penguatan Empat Pilar Kebangsaan di Bandung: Bangun Daya Tahan Bangsa, Belajarlah dari kondisi … Reviewed by Harri Safiari on 14.38 Rating: 5

Tidak ada komentar