Menkumham Yasonna Laoly Temui Eka Santosa Gerakan Hejo: Jembatan Sunda -Nias Bikin Desa Cikadut 'Bersinar'

Persahabatan manis dan saling menghargai warga Sunda dan Nias di Alam Santosa Kabupaten Bandung, 17 Oktober 2020  -- Bukan sembarang jembatan ....

Algivon – Mau dengar apa kata Kang Ozenk aktivis DPP Gerakan Hejo yang punya nama resmi Deni Tudirahayu dan sehari-hari menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya DPP Gerakan Hejo :“Spektrum dari helatan yang dihadiri Menkumham Laoly, memiliki kedalaman tersendiri. Malah tiada duanya, semua hadirin yang tadinya agak bingung menjadi kagum.” 

 

Pendapat spontan di atas meluncur dari Kang Ozenk, usai gelaran kunjungan Menkumham pada Sabtu, 17 Oktober 2020 ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa di Desa Cikadut, Cimenyan Kabupaten Bandung, yang sehari-hari menjadi tempat berkegiatan bagi tokoh Jabar dan nasional Eka Santosa, bersama organisasi Gerakan Hejo dan BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jawa Barat. 

 

“Terkesan siapa pun yang mau memahami acara ini, layaknya paciweuh alias pabaliut teu puguh. Yang hebat Kang Eka sebagai tokoh senior di Jabar, justru ending-nya  everybody is happy. Tadi Pak Yasonna Laoly, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Bandung Dadang Naser, Kepala BNN P Jawa Barat Brigjen (Pol) Sufyan Syarif, dan Waka Divre Perum Perhutani Jabar-Banten Bidang Kelola SDH Amas Wijaya, dan lainnya merasa senang,” ujar Kang Ozenk sambil menambahkan – “Senang karena berada dalam satu putaran, sebagai penyelamat keseimbangan lingkungan sesuai perannya, untuk semua sektor.”


Dialog antar para pakar dan praktisi lingkungan hidup bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly tentang ketahanan pangan secara aplikatif di Alam Santosa (17/10/2020) -- Kemndirian bangsa dalam hal ketahanan pangan, harus tumbuh dari keluarga ...


 Sementara itu menurut Roni Priatna, Ketua DPD Gerakan Hejo Kabupaten Pangandaran yang mengamati kehadiran Menhumkan yang disertai kehadiran Anggota DPR RI Komisi III Marinus Gea yang juga selaku Ketua Umum HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias) Pusat, yang berpartner erat dengan Yusman Ziliwu Ketua HIMNI Jabar:

 

“Sedikitnya empat puluh ribu warga Nias di jabar atau warga Jabar asal Nias. Lalu disimbolkan dengan pemakaian resmi jembatan kayu di Alam Santosa, ini jempol dua tinggi-tinggi. Semua jadi happy, berkat Kang Eka,” Ujar Roni dengan wajah sumringah yang tahu persis di bawah jembatan ini kini ditanami ikan langka yang nyaris punah di Tatar Sunda – “Hebatnya Kang Eka, di kawasannya kini ada penyelamatan berbagai unsur hayati, dan ini disenangi siapa pun.”

 

Lainnya menurut tokoh masyarakat Batak di Jawa Barat Ir. Robin Goeltom yang hadir sebagai undangan khusus di acara yang berisikan berbagai penandatanganan atau MoU antara Gerakan Hejo dengan BNN P Jawa Barat, yang menghasilkan Cikadut sebagai Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) ke-56 di Jabar, dan MoU Gerakan Hejo dengan Divre Perum Perhutani Jabar- Banten dalam hal pengembangan desa wisata berbasis lingkungan hidup serta budaya dengan dimensi pengembangan ekonomi kerakyatan, semua rangkaian acaranya:

Sinergitas di Desa Cikadut Cimenyan Kab. Bandung, pengembangan Desa Wisata berbarengan dengan pencanangan Desa Bersinag (Bersih dari Narkoba), perlu dukungan semua pihak, termasuk warga Desa Cikadut dan seputarnya di Bandung Raya ... 

 

“Keren banget ada dialog pula yang dipandu EO professional. Terpenting sejumlah kesepakatan dari pertemuan ini akan diwujudkan di lapangan.  Kehadiran Menkumham ke Yasonna Laoly ke Alam Santosa, tak lebih dari representasi kehadiran Presiden RI ke Desa Cikadut. Hebatnya, label baru Desa Cikadut ini amatlah inspiratif dan berprospek baik.,” ujar Robin Goeltom.  

 

Alhasil menurut salah satu tuan rumah yakni Listati Kepala Desa Cikadut, menyatakan rasa lega karena beban psikologis serta beban garapan dari desanya, bukanlah sembarang garapan:

 

”Setidaknya Cikadut, kini punya pengakuan luas sebagai salah satu desa wisata di Kabupaten Bandung dan Jabar. Tantangannya, semua program Desa Bersinar dan Desa Wisata harus dikembangkan secara baik,” papar Listati yang diamini tuan rumah utama  perhelatan ini Eka Santosa – “Semoga ini dipahami tak sekedar Persahabatan warga Sunda – Nias belaka, malah lebh dari itu.” (Harri Safiari)

Menkumham Yasonna Laoly Temui Eka Santosa Gerakan Hejo: Jembatan Sunda -Nias Bikin Desa Cikadut 'Bersinar' Menkumham Yasonna Laoly Temui Eka Santosa Gerakan Hejo: Jembatan Sunda -Nias Bikin Desa Cikadut 'Bersinar' Reviewed by Harri Safiari on 17.49 Rating: 5

Tidak ada komentar