Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Wisata Quran di Bandung: Unik dan Menarik

 


Menparekkraf Sandiaga Uno (tengah) saat meresmikan destnasi wisata 'minat khusus/religi' Wisata Quran di Syaamil Quran di Jalan Babakan Sari Kota Bandung (4/4/2024). (Foto: Ist).


 


Algivon.com -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, meresmikan wisata Quran di Syaamil Quran, Jalan Babakan Sari, Kota Bandung, Kamis, 4 April 2024. Usai meresmikan tujuan wisata yang termasuk kategori minat khusus, Sandiaga Uno meyakini kehadiran obyek wisata Al-Quran di Syaamil Quran, menurutnya terbilang unik dan menarik:

 

“Ini bakal meningkatkan gairah wisata di Kota Bandung,” paparnya dihadapan Chairman Syaamil, Riza Zacharias, beserta jajaran pimpinan Syaamil lainnya.

 

 

Lebih lanjut Sandiaga Uno mengapresiasi destinasi wisata religi yang dibangun sejak tahun 2013,” ini bisa menjadi destinasi yang insya allah rahmatan lil alamin, menjadi rahmat bagi umat manusia, dan kita bisa mendapatkan pelajaran, apalagi di bulan suci saat bulan turunnya Al-Quran," ujarnya sambil menambahkan – Pengunjung dapat melihat proses pembuatan Al-Quran, mulai dari tahap percetakan hingga siap dipasarkan.”

 

 

Tampak hadir pada peresmian Wisata Al-Quran ini di antaranya, Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit, lainnya tampak Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), Fadlul Imansyah; dan beberapa mitra kemaslahatan dari BPKH seperti dari Rumah Zakat, DT Peduli, serta LAZ Persis; juga Perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, serta pimpinan daerah setempat lainnya.

 

 Fun Training & Factory Visit

 

 Diketahui, keberadaan Wisata Quran yang hadir hadir sejak 2013, telah turut meningkatkan bobot edukasi bagi kaum muslim khususnya, dengan berbagai profil, mulai dari anak-anak hingga dewasa, dari lembaga pendidikan hingga komunitas dakwah. Konsep Wisata Quran ini memadukan 'fun training' dan 'factory visit', tujuannya menyampaikan nilai-nilai agung Al-Quran dengan cara melihat proses pembuatan mushafnya.

 



Aneka momen Menparekraf Sandiaga Uno disela-sela peresmian Wisata Quran di Kota Bandung (4/4/2024). (Foto: Ist). 


 

Di Wisata Quran ini kerap digelar pelatihan di Syaamil antara lain menghafal Al-Quran dengan metode 'Tikrar', pelatihan langgam Al-Quran, dan pelatihan menulis Al-Quran. Setelah mengikuti rangkaian pelatihan tersebut, peserta pun akan diajak untuk berkeliling pabrik, melihat bagaimana mushaf Al-Quran dimuliakan dan dijaga sejak proses pembuatannya. Tujuan melihat proses produksi mushaf Al-Quran adalah agar peserta semakin memberi nilai, menghargai, dan mencintai mushaf Al-Quran yang dimilikinya, lalu tergerak untuk semakin serius berinteraksi dengannya.

 

 

Besar harapan, kunjungan Menparekraf di momen bulan Al-Quran ini menjadi momentum penting bagi Wisata Quran dan Syaamil untuk semakin serius mengembangkan dan memperluas daya manfaatnya, sehingga semakin banyak masyarakat muslim yang tertaut hatinya dengan Al-Quran; menjadikan Al-Quran benar-benar sebagai pemberkah serta petunjuk kehidupan. (HS/Rls)

 


Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Wisata Quran di Bandung: Unik dan Menarik Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Wisata Quran di Bandung: Unik dan Menarik Reviewed by Harri Safiari on 19.58 Rating: 5

Tidak ada komentar