Berkat Udunan, Jembatan Gantung Akses Antar Kecamatan di Sukabumi Terwujud – Mau Coba?

 

 

Pengerjaan jembatan gantung penghubung dua Kecamatan di Kabupaten Sukabumi 


Algivon – Pembaca yang Budiman, seperti yang telah dilansir oleh TatarSukabumi.ID, sejumlah masyarakat di sebuah titik pelosok Jawa Barat, tampak bungah. Mereka menyambut pembangunan jembatan gantung di atas Sungai Cicatih, kelak fungsinya sebagai akses penghubung antar kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

 

Tepatnya, bila jembatan ini siap digunakan pada Minggu ke-2 di bulan November 2020, anggaplah ini sebagai penghubung Kampung Ciseupan, Desa Kertamukti, Kecamatan Warungkiara, dengan Kampung Cisalak, Desa Sukamaju Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.

 

Galibnya, pembangunan jembatan ini dikerjakan secara swadaya dengan sokongan dana dari program ekspedisi 1.000 Jembatan Gantung untuk Indonesia dengan pemerakarsa di antaranya Vertical Rescue Indonesia, yang bekerjasama dengan Methodist 90 Go Charity Jakarta, Hotel Bunga Ayu Palabuhanratu,  serta sejumlah donatur lainnya.

 

“Akses vital ini dimanfaatkan oleh warga dari dua desa, 565 keluarga atau 1.600 jiwa," papar Abdul Falah, Koordinator Keswadayaan Masyarakat yang ditemui awak media (4/11/2020) disela-sela pembagunan jembatan yang banyak menarik perhatian warga setempat.








Semua pihak, berkat semangat udunan - bahu membahu membangun jembatan ... 


Spesifikasi jembatan gantung ini, lebar 1,2 meter, melintang di atas ketinggian 11 meter dari titik tertinggi Sungai Cicatih, dengan bentangan lebar sungai sekitar 70 meter, dan panjang 90 meter.

 

Menurut Falah, kehadiran jembatan ini merupakan impian puluhan tahun warga setempat, setelah berkali-kali mengajukan ke pemerintah setempat:

 

”Namun tak kunjung dibangun juga, kali ini terwujud berkat udunan (patungan) dari banyak pihak. Kami ucapkan terima kasih atas udunannya yang tentu ridho lillahi ta’ala.”

 

Re-Stocking Sidat …

 

Pantauan para awak media di lapangan, warga sangat antusias bergotong- royong membangun jembatan ini. Tampak ikut terjun dalam kegiatan ini, disinergikan dengan program Karya Bakti TNI Yon Armed 13 Nanggala Kostrad Sukabumi.

 

"Selain relawan, ada juga donatur yang membantu mensupport persediaan logistik selama pengerjaan jembatan gantung di titik ke-109 ini,” ujar Falah sambil menambahkan – “Fungsinya kelak selain sebagai alat penghubung antar dua kecamatan, yang pasti akan mengurangi ongkos transportasi , sekaligus meningkatkan kegiatan ekonomi warga.”

 

Secara terpisah salah satu Pegiat Lingkungan dan Sosial Kemasyarakatan, yang akrab disapa Bastian Opung, yang juga selaku representasi dari Gerakan Hejo yang berbasis di Kabupaten Sukabumi, ketika dikontak, kapankah perkiraan selesai jembatan ini, lalu siap digunakan?


“Ya, senin depanlah (9/11/2020) siap pakai, pasti asyik tuh, mau? Yang penting lagi saat peresmian nanti, ada pelepasan bibit sidat di lubuk Sungai Cicatih. Ini re-stocking, mencegah kepunahan spesies endemik yang kini langka,” tutup Bastian Opung yang sehari-hari berkarir di Hotel Bunga Ayu, Palabuhanratu. (Harri Safiari)


Berkat Udunan, Jembatan Gantung Akses Antar Kecamatan di Sukabumi Terwujud – Mau Coba? Berkat Udunan, Jembatan Gantung Akses Antar Kecamatan di Sukabumi Terwujud – Mau Coba? Reviewed by Harri Safiari on 22.29 Rating: 5

Tidak ada komentar