Iwan Bule Sumbang Ribuan Bibit Pohon Lemon dan Mangga ke Petani Binaan Ormas BBC

Mugi Sudjana (kiri) dan Komjen Pol (Pur) Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule secara simbolis memberikan bantuan bibit pohon lemon dan mangga ke rekannya Mugi Sudjana untuk disebar ke petani binaan Ormas BBC dan masyarakat Jawa Barat (6/11/2020) Foto HS 

Algivon – Terjadi hal yang cukup unik dan langka, Komjen Pol (Purn) Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule, bertemu dengan rekannya Ketua Umum Ormas BBC (Buah Batu Corps) Mugi Sudjana di Kompleks Alamanda Kota Bandung (6/11/2020). Apa pasal yang menarik perhatian dari pertemuan dua tokoh ini?


"Pak Iwan Bule menyumbang bibit pohon untuk warga Jawa Barat melalui BBC,” kata Mugi Sudjana saat ditemui para pegiat media.


Sumbangan ribuan bibit pohon lemon dan mangga ini, menurut Mugi Sudjana barang tentu disambut baik oleh segenap jajaran pengurus Ormas BBC, beserta elemen masyarakat lainnya. Menurut Mugi Sudjana pula, proses pemberian bantuan ini boleh dikata sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian Iwan Bule terhadap warga Jawa Barat.


Lebih jauh menurut Mugi Sudjana, “Kami punya petani asuhan, Insya Allah, Pak Iwan Bule diberikan selalu kesehatan dan keselamatan, supaya Pak Iwan Bule ini peduli terus kepada warga Jawa Barat,” ucapnya sambil menambahkan –“Apa yang sudah dilakukan oleh Iwan Bule ini, merupakan wujud untuk memperkuat ketahanan pangan, terutama di Jawa Barat.”

 

Ketahanan Pangan

Masih kata Mugi Sudjana yang menganggap Iwan Bule lebih dari sekedar sobat dalit:“Target ke depan, bagaimana ketahanan pangan di Jawa Barat ini bisa hidup dan dinamis, kalau ketahanan pangan ini terus hidup, otomatis masyarakat Jawa Barat ini akan maju,” bebernya.


Ditanya oleh pegiat media, di wilayah tanam mana, bibit pohon ini akan di tanam: dijawab Mugi Sudjana, “Untuk daerah Ujungberung Kota Bandung, Bandung Barat dan Cirebon.”


Malah lebih lanjut,“ bahkan di Cirebon, kami sudah membuat sawah, dari tanah datar dibuat sawah dengan sistem cetak sawah baru tanam benih langsung (tabela), yang hasilnya sangat lumayan,” ujarnya.


Mugi Sudjana pun berharap, bibit pohon lemon ini nantinya bisa turut dirasakan oleh masyarakat secara luas. “Lemon ini sangat dibutuhkan masyarakat, manfaatnya bisa juga untuk obat. Nah, kebetulan di masa pandemi Covid-19 ini kan lemon juga penting dan tre.”


Pada kesempatan yang sama, Iwan Bule yang kini dikenal sebagai Ketua Umum PSSI pun mengatakan, “Kita memberikan sedikit buat teman-teman, khususnya buat BBC, semoga apa yang diberikan ini bisa bermanfaat,” ucapnya.

 

Diuraikan lebih lanjut, “Permintaannya (lemon) juga banyak, bertahap kita akan memberikan bantuan. Dan yang saya berikan ini pohon yang cepat tanam dan cepat berbuah, yaitu lemon. Lemon masa sekarang sangat dicari, tak berhenti orang membeli lemon,” jelas mantan Kapolda Jabar era 2013.


“Mudah-mudahan dengan ditanam di seluruh Jawa Barat, kita khususnya di Jawa Barat tidak perlu lagi impor lemon,” tutupnya. (Harri Safiari)


Iwan Bule Sumbang Ribuan Bibit Pohon Lemon dan Mangga ke Petani Binaan Ormas BBC Iwan Bule Sumbang Ribuan Bibit Pohon Lemon dan Mangga ke Petani Binaan Ormas BBC Reviewed by Harri Safiari on 20.28 Rating: 5

Tidak ada komentar