Dr. Purwanti Pahrurodji Gelar Inovasi Olahan Rumput Laut di GP-C59, Agus Irvshoes: Menuju Satu Desa Satu Pujasera !


 


Markas GP-C59 yang terletak di Jl. Merak No. 2 Kota Bandung dan sehari-hari berperan juga sebagai cafe 'Coffe 59', hari Kamis, 19 Januari 2023 sejenak mengumandangkan potensi bahari kita 'Pelatihan Inovasi Olahan Rumput Laut ada Dr. Purwanti Pahrurodji - "Ingat, ini baru sebagian kecil dari potensi kebaharian kita, terkadang suka merasa miris mengapa kita sebagai negara kepulauan terbesar di dunia potensi rumput lautnya, tak maksimal kita garap?" (Foto : Rivansyah Dunda).  

 

 

 

Algivon -- Entitas Great People (GP)-C59 yang bermarkas di Jalan Merak  No. 2 Kota Bandung Jawa Barat yang berdiri sejak Juni 2022, dan  terus bergeliat merintis pemberdayaan bagi pegiat UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah) di Kota Bandung dan Jabar, kembali melakukan kegiatan. Paling anyar pada Kamis, 19 Januari 2023, menggelar Pelatihan Inovasi Olahan Rumput Laut di Markaz GP -59 di Jalan Merak No 2 Kota Bandung, pesertanya diikuti 32 orang. Yang istimewa nara sumber Inovasi Olahan Rumput Laut ini, hadir Dr. Purwanti Pahrurodji, selama ini ia dikenal sebagai dosen dan owner School of Business Dapur Rumput Laut.

 

“Ibu Dr. Purwanti Pahrurodji ini popular di antaranya sebagai pemenang perempuan inspiratif Indonesia_Nova 2014 Bidang Pendidikan. Bagi kami Dr. Purwanti ini termasuk ‘Great People’, selama 16 tahun terakhir, tanpa lelah ia memperkenalkan potensi bahari kita. Salah satunya, aneka dan khasiat rumput laut untuk kesehatan serta pangan. Ini tujuannya, biar kita-kita orang tambah cihuy dalam banyak hal,” papar CEO Great People-C59, Agus Irvshoes yang juga dikenal sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah UMKM Naik Kelas Jawa Barat.

 

Pantauan redaksi, selama pelatihan berlangsung, para peserta dengan tampak penuh gairah, berkali-kali Dr. Purwanthi menjelaskan potensi bahari kita, sambil mengingatkan untuk tidak bosan-bosannya melakukan inovasi:


Geliat Pelatihan Inovasi Olahan Rumput Laut di Markaz GP -59 di Jalan Merak No 2 Kota Bandung - 'Hanya persoalan keinginan dan jam terbang, pasalnya bahan sangat mudah didapat, peminat tinggal dibina dan diperkenalkan. Insya Alloh pasti menjanjikan ...". (Foto: HS).


 

“Rumput laut ini, hanyalah bagian kecil dari segudang manfaat kebaharian negeri kita. Saya gembira, para peserta di Bandung hari ini, menyambut pelatihan ini. Mari kita kembangkan potensi kelautan kita,” ujarnya disela ia mempraktikkan secara detil olahan mie rumput laut, wedang rumput laut, bakso, nuget,dan sosis yang semuanya berbahan dasar rumput laut dari negeri kita. 

 


Peserta  Bicara …

 


Kepada redaksi ini dia  tiga dari 32 peserta yang terekam menyatakan ketertarikan langsung, untuk mengembangkan olahan rumput laut sebagai implementasi dari pelatihan atau kelas khusus Dr. Purwanti Pahrurodji di markas GP-C59 Kota Bandung:

 

“Pulang dari sini, saya akan kembangkan dan padukan dengan panganan yang biasa saya olah selama ini seperti keripik sukun dan telor asin,” kata Asep Suryana sambil menambahkan –“Bisa saja nanti saya bikin nuget yang biasa saya pasarkan di daerah Cigadung Kota Bandung. Insya Alloh pasti banyak peminatnya.” 

   

                 Semakin mewujud tujuan UMKM Naik Kelas Jawa Barat - Satu Desa Satu Pujasera (Foto HS/RD).

 


Peserta lainnya, Neni asal Buahbatu Kota Bandung yang selama ini punya usaha di bidang kue basah,”sangat berprospek hidangan dari rumput laut ini, dan ternyata mengolahnya pun cukup simple, pasti saya akan kembangkan.”

 

Selain Asep Suryana dan Neni, peserta yang mengaku bernama Ina selaku Ketua Buruan SAE (Urban Farming Terintegrasi) di Kecamatan Regol Kota Bandung yang sehari-hari berhubungan erat dengan aneka program Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, “saya usulkan kepada ibu Dr. Purwanti beliau untuk memberikan pelatihan seperti ini. Di antaranya ditujukan untuk penggalakkan program stunting di daerah kami,” ujarnya. 


Secara terpisah Ketua Dewan Pembina GP-C59 yakni Mas Wied 'Marius Widyarto' yang tak lain 'pelopor atau raja kaos di Bandung sejak 1980-an' yang hari ini sedang melakukan garapan pekerjaan di Yogyakarta, ia mengapresiasi kinerja GP - C59:


"Saya gembira bahwa entitas GP-C59, terus tanpa henti sejak berdiri pada akhir tri wulan 2022 lalu melakukan pemberdayaan khususnya bagi pegiat UMKM. Semoga setelah makin melandai deraan COVID-19 di negara kita, semua bangkit kembali," pungkasnya di seberang telepon.   (HS & Tim)



Dr. Purwanti Pahrurodji Gelar Inovasi Olahan Rumput Laut di GP-C59, Agus Irvshoes: Menuju Satu Desa Satu Pujasera ! Dr. Purwanti Pahrurodji Gelar Inovasi Olahan Rumput Laut di GP-C59, Agus Irvshoes: Menuju Satu Desa Satu Pujasera ! Reviewed by Harri Safiari on 14.49 Rating: 5

Tidak ada komentar