Peringati 3 Tahun LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara, Dr. Suharso, SH., MH: Azas Dominus Litis !


(Foto & Kolase: Harri Safiari)




Algivon – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara (BAN) yang digelar di Hotel Benua, Jl. Pelajar Pejuang’45 Kota Bandung Jawa Barat pada Jumat, 20 Januari 2023, DPP LSM BAN menggelar diskusi khusus.

 

“Sebetulnya HUT ke-3 LSM BAN, formalnya pada 16 Januari 2023 lalu. Hari ini kami selenggarakan acara khusus yang bekerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Menggelar diskusi dengan tema ‘Mengembalikan Eksistensi Single Prosecution System pada Kejaksaan Agung RI’,” urai Ketua Umum LSM BAN, Yunan Buwana yang didampingi Sekretaris Jenderal LSM BAN, Asep Riyadi.

 

Lebih lanjut, Yunan Buwana dalam kesempatan itu memperkenalkan para nara sumber dari unsur Kejaksaan Tinggi Jawa Barat; Dr. Suharso, SH., MH., yang juga dikenal sebagai Anggota Tim Pokja Yustisi Saber Pungli Jawa Barat.

 


(Foto & Kolase: Harri Safiari)



Suharso dalam paparannya tentang tuntutan keberadaan Kejaksaan sebagai penuntut umum dalam sistem peradilan di Indonesia, hari itu dihadapan puluhan peserta diskusi dari lingkungan partisipan LSM BAN se-Jawa Barat. “Single prosecution, kembalikan sesuai dengan wewenang penuntutan,” ujarnya dengan penjelasan tambahan:

 

“Ada wewenang penuntutan secara limitative sebagai monopoli tidak ada badan lain yang berhak melakukan itu (Azas Dominus Litis - red). Artinya termasuk Penuntut Umum di KPK,” jelasnya dengan menambahkan -“Azas Dominus Litis ini artinya pemilik perkara …”





 

Dalam paparan lanjutannya, Suharso mengingatkan audiens yang rata-rata berprofesi sebagai praktisi di bidang hukum. “Pegangan kami itu Tri Krama Adhyasa. Tak lain, ini kesetiaan yang bersumber pada rasa jujur, baik kepada Tuhan YME, terhadap diri pribadi, serta keluarga dan sesama manusia.”

 

Masih kata Yunan Buwana menanggapi hasil diskusi itu, “Masih jauh untuk memunculkan peran single prosecution dalam sistem peradilan kita seperti yang diinginkan. Namun dari diskusi ini, akan ditindaklanjuti dengan diskusi dan pertemuan lainnya,” tutupnya. (HS & Tim)

Peringati 3 Tahun LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara, Dr. Suharso, SH., MH: Azas Dominus Litis ! Peringati 3 Tahun LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara, Dr. Suharso, SH., MH: Azas Dominus Litis !   Reviewed by Harri Safiari on 23.23 Rating: 5

Tidak ada komentar