Adri Zulpianto, Koordinator Alaska: Pertamina, Hindari Apes dan Cari Kambing Hitam, Pecatlah Ahok?!

 

Iluustrasi : TVC Pasti Pas Operete ...



Algivon – Kepada redaksi (9/9/2020) kembali Adri Zulpianto selaku Koordinator Alaska (Aliansi Lembaga Analisis Kebijakan dan Anggaran, yang terdiri dari CBA, dan Lembaga Kaki Publik), menyatakan setidaknya ada tiga masalah di Perusahaan Pertamina yang saat ini tengah menjadi viral atau sorotan masyarakat.

 

“Masalah perusahaan ini bisa dibilang apesnya Pertamina. Apes ini disebabkan, Pertama, tentang Kerugian PT. Pertamina pada semestar satu 2020 yang sampai US$ 767,92 juta atau sekitar Rp 11,33 triliun. Kedua, tidak ada hujan, tidak ada angina. Tiba tiba Pertamina terhempas dari Fortune Global 500. Dan ketiga,  penunjukan Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok yang menduduki kursi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).”

 

Lebih lanjut Adri Zulpianto, menyinggung perihal apesnya Pertamina yang katanya semakin mengenaskan, yang sebenarnya bisa dihindri. Ini terjadi, tatkala pihak manajemen perusahaan, justru malah berusaha untuk mencari cari alasan mengapa Pertamina bisa merugi?

 

Lucunya, pihak manajemen Pertamina, malah sepertinya ‘ngotot’ mengemukakan sedikitnya ada tiga alasan yang mereka anggap pantas untuk dikambing-hitamkan: yaitu penurunan penjualan, fluktuasi Rupiah terhadap Dolar AS, dan melemahnya harga minyak mentah dunia.

 

Namun dimata Alaska, alasan apapun yang diberikan Pertamina tidak bisa diterima begitu saja. Musababnya, dalam hitung hitungan bisnis, Pertamina tidak mungkin merugi. “Saat itu harga BBM internasional sedang anjlok turun tapi harga jual BBM kepada rakyat tetap tinggi atau tidak  mengalami penurunan sepersen pun,” ujar Adri Zulpianto.

 

Akhirul kata yang bikin Pertamina terlihat tambah kacau ‘sumacau’, perihal pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Komut (Komisaris Utama) Pertamina. Alkisah, dalam dunia nyata dan peraturan terkait, pengangkatan Ahok ini banyak melanggar peraturan yang dibuat oleh kementerian sendiri, seperti Permen BUMN No.01/2011 tentang Penerapan GCG, Permen BUMN No.02/MBU/02/2015 tentang Persyaratan Pengangkatan Komisaris BUMN, dan UU BUMN No.19/2003.

 

Alhasil dari penjelasan di atas, Alaska menilai kerugian Pertamina kali ini, senyata-nyatanya disebabkan oleh mis manajemen di internal Pertamina sendiri.

 

Sebagai penutup, Alaska daam kesempatan ini meminta dengan amat sangat kepada Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir, segera perbaiki manajemen Pertamina. Langkah pertama dan penting: “Segeralah pecat Ahok dari jabatan komisaris utama Pertamina,” pungkas Adri Zulpianto. (Rls/Harri Safiari)


Adri Zulpianto, Koordinator Alaska: Pertamina, Hindari Apes dan Cari Kambing Hitam, Pecatlah Ahok?! Adri Zulpianto, Koordinator Alaska: Pertamina, Hindari Apes dan Cari Kambing Hitam, Pecatlah Ahok?! Reviewed by Harri Safiari on 13.32 Rating: 5

Tidak ada komentar