Gerakan Hejo Resmi Hadir di Pangandaran, Eka Santosa: 'Dukung Bupati Eling'



DPD Gerakan Hejo Kabupaten Pangandaran resmi hadir per 23 September 2020 - Sepantasnya, kepariwisataan Pangandaran mengarah ke worl class tourism destination ...keberadaan lingkungan hidup di segala lini harus mengarah ke kelas dunia ...


 Algivon – “Hari-hari yang kami nantikan terjadi juga. Gerakan Hejo hadir formal di Pangandaran. Ini tonggak penting untuk menjaga lingkungan. Makin hijau gunung, sungai selalu terpelihara, dan pantai sebagai sumber utama peghidupan nelayan dan kepariwisataan terjaga, itu akan semakin baik. Turis dunia, suka hal ini,” kata Muhrodin Dede Crek yang tercatat sebagai salah satu pengurus Gerakan Hejo Kabupaten Pangandaran 2020 – 2025, menduduki Wakil Ketua Bidang Kepariwisataan.

Galibnya, pelantikan pengurus Gerakan Hejo Kabupaten Pangandaran sendiri telah berlangsung dengan khidmad pada Rabu sore, 23 September 2020 di Aula Hotel Pantai Indah Timur Pangandaran. Tercantum untuk pengendali utama DPD Gerakan Hejo (GH) Kabupaten Pangandaran, Roni Priatna didapuk selaku Ketua. Roni, dibantu Ai Nanan Handayani selaku Sekretaris, dan Yayan Sugiantoro, ST.MT sebagai Bendahara.

“Yakin saya, trio KSB (Ketua, Sekertaris, dan Bendahara) pengendali DPD GH Kabupaten Pangandaran kali ini akan kompak. Apalagi ada Kang Jeje Wiradinata dan Kang Ujang Endin selaku pasangan yang solid mereka dapuk sebagai Dewan Penasihat atau Pangaping di antara 10 tokoh Pangandaran lainnya,” papar Eka Santosa Ketua DPP Gerakan Hejo sesaat sebelum acara pelantikan ini berlangsung.

Kepada Algivon.com Eka sendiri semakin yakin setelah secara intensif telah melakukan kontak dengan Jeje Wiradinata, Bupati Pangandaran. Tegasnya, Eka menyebutnya sebagai ‘bupati yang eling’ dalam konteks kepeduliannya terhadap pentingnya menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup:

“Tak tanggung-tanggung, kami dari jajaran Gerakan Hejo makin bersinergi dengan Pemkab Pangandaran,” urai Eka sambil menekankan kembali ujaran dari Jeje Wiradinata –“Buat apa kita berhasil melakukan pembangunan, kalau lingkungan hidup di sekeliling kita rusak?!”

 


Pelantikan pngurus DPD Gerakan Hejo Kabupaten Pangandaran, harapannya tak sekedar seremoni belaka, demikian asa dari seluruh pengurus kepada Algivon per 23/9/2020.



Esensi Gerakan Hejo

 

Jeje Wiradinata, malamnya di hari yang sama, masih dalam rangka syukuran pelantikan DPD Gerakan Hejo Kabupaten Pangandaran, bertempat di Kawasan Kampung Turis Pantai Timur Pangandaran dihadapan sejumlah pewarta kembali mengapresiasi peranan Gerakan Hejo:

“Bedanya LSM Gerakan Hejo ini tak semata bergerak dalam hal politik praktis semata seperti yang lainnya. Gerakan Hejo, sangat intens melakukan pendampingan untuk pemeliharaan dan perbaikan lingkungan hidup. Kerja-kerja semacam inilah yang kita butuhkan sebagai mitra dalam menggugah warga, untuk memelihara keseimbangan lingkungan hutan, gunung, sumber mata air, sungai, dan pesisir pantai sebagai aset berharga kita.”



Jeje Wiradinata Bupati Pangandaran (tengah) bersama Eka Santosa (kanan) di Kampung Turis Pantai Timur Pangandaran (23/9/2020) - Sepakat memelihara dan membangun Pangandaran dalam hal lingkungan hidup juga melibatkan kemajuan teknologi, remote sensing di antaranya ...


Menimpali apresiasi Bupati Pangandaran terhadap rencana kinerja Gerakan Hejo, yang secara khusus dihadiri Sukidi, Administratur KRPH Ciamis, menurut Eka:

“Kami makin tertantang untuk turut memelihara, dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Tak sekedar dengan kerja biasa, melainkan melibatkan pakar di bidang information technologi (IT), melalui remote sensing, misalnya. Keberadaan unsur lingkungan seperti hutan, gunung, sungai, taman suaka alam, pemukiman, pesisir, termasuk upaya minimasi persampahan, lalu-lintas orang, kenelayanan, kepelabuhanan, sejatinya bisa dipantau perkembangan maupun penghindaran kebencanaannya seminimal mungkin melalui IT,” kata Eka dengan menambahkan – “Konsep smart city itu bukan bualan, bisa kita terapkan dengan biaya minimal. Asal ada political will, apalagi kan kita kan punya tagline juara itu?!” 

Selama di Kawasan Kampung Turis itu, Eka di akhir perbincangan oleh beberapa pewarta sempat diklarifikasi kembali tentang isu ‘premanisme’ di Pangandaran, langsung dihadapan Jeje Wiradinata sendiri. 

“Ya, itu dugaan awal, langsung saya klarifikasi ke Kang jeje dalam beberapa kali kesempatan. Jawabannya membuat saya tersentak. Kata Kang Jeje, buat apa pembangunan berhasil kalau lingkungan rusak?! Kita kan harus move on, inilah yang membuat saya dan jajaran gerakan Hejo menyebutnya lagi-lagi kami namai ‘bupati yang eling’. Buktinya, banyak tindakannya berbuah hal positif. Jarang kan, saat ini pimpinan daerah ‘eling’ sama lingkungan hidup,” pungkas Eka yang katanya tak suka berbasa-basi. (Harri Safiari)   




Gerakan Hejo Resmi Hadir di Pangandaran, Eka Santosa: 'Dukung Bupati Eling' Gerakan Hejo Resmi Hadir di Pangandaran, Eka Santosa: 'Dukung Bupati Eling' Reviewed by Harri Safiari on 14.17 Rating: 5

Tidak ada komentar