Rega T Hakim, Kabid FPPI Puspen Kemendagri, Kagumi Keterbukaan Informasi Publik Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung

 

 


 

Algivon – Ada kabar gembira bagi warga Kabupaten Bandung Jawa Barat, datangnya ini dari Kabid Fasilitasi  Pengaduan dan Pengelolaan Informasi (FPPI) Pusat Penerangan Kemendagri, Rega Tadeak Hakim, saat ia hadir dalam kunjungan kerja ke Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Selasa, (14/6/2022). Intinya, ia mengapresiasi keberadaan dan kinerja desa ini dalam hal keterbukaan Informasi publik.

 

Rega dan tim dalam kunjungannya yang diterima langsung oleh Kades Cibiru Wetan, Hadian Supriatna yang didampingi tim PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi), dan Sekdes Ade Mahmudin,   juga dihadiri Kadis Kominfo Kabupaten Bandung Yudi Abdurrahman, serta Sekcam Cileunyi Dadang Sumpena.

 

Diketahui, tujuan kehadiran tim Kemendagri tesebut, ingin melihat langsung apa dan bagaimana penerapan, serta pemberlakuan sistem Keterbukaan informasi publik di Desa Cibiru Wetan:”Kami kagum dan ini di luar ekspektasi. Ternyata, keterbukaan informasi publik yang sudah berjalan di sini, levelnya jauh di atas yang lain. Kami apresiasi itu semua," ungkap Rega.

 

Desa Cibiru Wetan – Terbuka …

 

Kepada redaksi Algivon.com Kades Cibiru Wetan Hadian Supriatna menegaskan,"kami sangat terbuka terhadap keinginan banyak pihak yang datang, mempertanyakan beberapa hal, seperti terkait APBDes, Realisasi APBDes, dan informasi lainnya. Kami akan layani para pihak tersebut. Namun untuk itu harus mengikuti prosedur pemberian informasi. Percayalah, tidak ada yang kami tutup-tutupi. Hal ini kami berlakukan, semata agar tidak menimbulkan persepsi yang berbeda, " paparnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Yudi Abdurrahman mengatakan, bahwa aneka kegiatan di Desa Cibiru Wetan dalam beberapa tahun terakhir ini, selalu memunculkan hal yang positif dan berprestasi, baik untuk tingkat daerah maupun nasional.

 




Masih kata Yudi Abdurrahman, dari 270 desa di Kabupaten Bandung baru ada 100 desa yang sudah memiliki PPID: “Ini pekerjaan kita ke depan, kehadiran tim Puspen Kemendagri ke sini, tak lain demi menjaring informasi, berupa implementasi keterbukaan informasi publik. Ternyata, hal ini telah dilaksanakan,”tuturnya sambil menambahkan – “Hari ini, bersama para kepala desa lainnya, juga diterapkan tanda tangan elektronik. Ini demi menjalankan roda pemerintahan desa, sehingga pelayanannya lebih efektif dan efisien.”(HS/Edi)

Rega T Hakim, Kabid FPPI Puspen Kemendagri, Kagumi Keterbukaan Informasi Publik Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung  Rega T Hakim, Kabid FPPI Puspen Kemendagri, Kagumi Keterbukaan Informasi Publik  Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung Reviewed by Harri Safiari on 11.23 Rating: 5

Tidak ada komentar