FK-TANI Dukung Produksi Nasional Jagung via Sumedang, Lenny Sukarni: Kawal Target Mandiri 2025

 






 


DPP FK-TANI dan beberapa pihak yang peduli terhadap produksi jagung nasional di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang - Siap mendukung swasembada nasional dan mandiri pada tahun 2025. (Foto:Harri Safiari) 


 


Algivon – Kunjungan rombongan pengurus DPP (Dewan Pimpnan Pusat) FK-TANI (Forum Komunikasi Tani &  Nelayan Indonesia) untuk kesekian-kalinya, pada Rabu, 12 Januari 2022 berkunjung  ke Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang, “daerah ini sejatinya sejak 2005 – 2025 telah dicanangkan sebagai sentra  produksi jagung nasional. Ini diproyeksikan rata-rata tumbuh sebesar 4,26% per tahun dari total luas lahan 7.200 ha di 26 kecamatan,” kata H. Lenny Sukarni, Ketua Umum FK-TANI mengutip data peluang agribisnis yang tercantum di Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang.

 

Lebih jauh menurut Lenny Sukarni, target pemerintah untuk program swasembada jagung nasional pada era 2025, memang perlu dikawal dan didorong oleh banyak kalangan;”kurun lima tahun terakhir ini, kebutuhan jagung nasional untuk bahan industri pakan, makanan dan minuman meningkat ±10%-15%/tahun,” ujarnya yang hari itu hadir didampingi Sekjen FK-TANI Nanda Juanda, serta Deni Tudirahayu yang akrab disapa Kang Ozenk selaku Wakil Bendahara FK-TANI.

 

Jagung Hibrida …

 

Masih pada hari yang sama, rombongan FK-TANI sebelum meninjau hamparan tanaman jagung di Cibugel sempat dipertemukan, dengan dua tokoh petani jagung warga Desa Sukaraja Kecamatan  Cibugel masing-masing Tatang Kusnadi (40), dan Carmana (42). Uniknya, keduanya ini didampingi  Ir. Aep  Suyoto, mantan Kabid Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sumedang.

 

Menurut warga Desa Sukaraja dan Cibugel-Sumedang umumnya, keberadaan Aep Suyoto ini walaupun telah pensiun dari tugas formalnya, ia masih dibutuhkan – “malah kerap difungsikan sebagai semacam konsultan oleh petani Cibugel,” ujar Carmana yang sehai-hari sebagai Ketua Gapoktan setempat. 




Fokus diskusi yang di antaranya dihadiri unsur DPP FK-TANI terarah bagaimana menghasilkan produk jagung yang lebih berkualitas dengan nilai keekonomian yang berdampak positif bagi para petani . (Foto: Harri Safiari) 



“Saya dulu memang merintis warga Cibugel dan sekitarnya sejak era 1996/1997, merubah pola tanam baru di ribuan hektar lahan di sini. Semula hanya menanam jagung tradisional, lalu dirubah jagung hibrida seperti sekarang. Tak mudah, tentu saja  penuh tantangan serta perjuangan,” ujarnya sambil duduk lesehan di kediamn Tatang Kusnadi yang resik. 

 

Pandangan Baru …

 

Jalannya diskusi para pelaku pertanian di kdiaman tatang Kusnadi hari itu semakin lengkap dengan kehadiran pebisnis Hj. Wiwin Suwindaryati yang mengaku tinggal wara-wiri antara Garut dan Bandung. Hj. Wiwin yang didampingi Danil Irwansyah dari Tim Pandu Tani Indonesia, banyak memberi pandangan baru khususnya meningkatkan kualitas dan harga jual produk.

 

“Intinya para pihak yang ada di gempungan ini, nantiya bekerja sesuai perannya, saling dukung. Terdekat pada Febriari 2022 tatkala panen jagung sedikitnya 16 ribu hektar, dioptimalkan dalam hal kualitas produksi, juga nilai keekonomiannya. Ini kita kawal target nasional mandiri 2025 via jagung Sumedang,”terang H. Lenny Sukarni yang diamini Nanda Juanda. (Harri Safiari)


FK-TANI Dukung Produksi Nasional Jagung via Sumedang, Lenny Sukarni: Kawal Target Mandiri 2025 FK-TANI Dukung Produksi Nasional Jagung via Sumedang, Lenny Sukarni: Kawal  Target Mandiri  2025 Reviewed by Harri Safiari on 21.13 Rating: 5

Tidak ada komentar