Perkenalkan, Teknologi Pemberian Pakan Otomatis Berbasis Arduino – Makin Ringan Aja …



Kompleks Karamba Jaring Apung, di sini dapat diaplikasikan di antaranya dalam hal pemberian pakan otomatis berbasis Arduino (Foto Illustrasi dari Aquatec).

 


O P I N I

 

Fittrie Meyllianawaty Pratiwy, Ph.D.

Dosen Departemen Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Universitas Padjadjaran

 



“KEMAJUAN TEKNOLOGI HARI INI MEMBUAT PEMBERIAN PAKAN IKAN BISA MENGGUNAKAN SENSOR JUGA MELALUI ALAT KOMUNIKASI JARAK JAUH”

 



Algivon – Kita tahu, pakan mempunyai peranan sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangbiakan budidaya ikan.  Pun, kini perkembangan teknologi digital memberikan solusi dalam sebuah sistem

otomatis yang lebih baik. Rancang bangun pemberi pakan otomatis berbasis mikrokontroler adalah salah satu sistem elektronik yang dirancang untuk memberikan pakan secara otomatis pada kolam ikan.

 

Aplikasi dari teknologi yang terotomatisasi juga dapat diterapkan pada kegiatan pembudidayaan ikan, teknologi dapat diterapkan pada pekerjaan yang bersifat rutinitas, atau yang bekerja secara terus- menerus. Pemberian pakan ikan merupakan pekerjaan yang bersifat rutinitas, oleh karena itu dimungkinkan dibuat sebuah alat untuk menggantikan pekerjaan pemberian pakan ikan secara manual dengan alat yang bekerja secara otomatis. Niscaya dengan alat otomatis ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas budidaya ikan. Intinya, memakai alat ini, pekerjaan rutin memberi pakan yang terkadang terasa membosankan, menjadi makin ringan aja …

 

Alat Kompleks, Memudahkan Bidang Perikanan

 

Adruino merupakan platform physical computing yang bersifat open source. Artinya, sistem yang dimilikinya tidak dikoordinasi oleh satu individu atau Lembaga, melainkan memiliki source code. Bagi pemakainya bisa mengombinasi hardware, bahasa pemrograman dan Integrated Development Environment (IDE) yang canggih untuk membuat Arduino, juga dapat diprogram sesuai kebutuhan. Arduino dapat mengenali lingkungan sekitarnya melalui berbagai jenis sensor dan dapat mengendalikan lampu, motor, dan berbagai jenis aktuator lainnya.

 

Keuntungan alat pemberi pakan secara otomatis ini, memudahkan dalam proses pemberian pakan ikan. Alat ini membantu memberi pakan sehingga proses pemberian pakan pada ikan tidak lagi dilakukan secara manual. Pada alat ini terdapat mode timer, yakni alat akan terbuka dan menghamburkan pakan sesuai dengan waktu yang ditentukan, dan jika pakan hampir habis, alat ini secara otomatis mengirimkan pesan ke nomor handphone yang telah terdaftar, sehingga dengan mode tersebut pengguna dapat melakukan proses pekerjaan lain, dalam waktu bersamaan.

 

Sejarah Arduino

 

Pada tahun 2005 untuk pertama kalinya proyek Arduino dimulai, bermulai dari sebuah situs dari perusahaan computer Olivetti di Ivrea Italia, untuk membuat perangkat sebagai pengendali desain interaksi siswa, agar menjadi lebih murah dari sistem yang ada pada saat itu. Dan proyek itu pun berlanjut sampai 2011, hingga terjual sampai 300.000 unit Arduino. David Cuartielles dan Massimo Banzi yang merupakan Founder, proyek Arduino pertama kali dibuat dengan sebutan Ivrea. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, nama tersebut diubah menjadi Ardunino yang memiliki arti “teman yang kuat”, dan dalam Bahasa Inggris disebut “Hardwin”. Hernando Barragan merupakan seorang seniman asal Kolombia yangmenciptakan proyek pengkabelannya.

 

Seiring perkembangan lainnya banyak kalangan yang mengenal Arduino, sehingga banyak mahasiswa yang mempelajari dan mengembangkan nya dengan bootloader dan Software.  Arduino merupakan sistem open source yang dapat dikembangkan menjadi suatu remote control yang dapat memudahkan pemakainya dalam menjalankan suatu pekerjaan, salah satunya dalam bidang budidaya perikanan.

 

Arduino dapat memudahkan pemakainya dengan memanfaatkan media ultrasonik, gelombang radio, internet, dan saluran telepon, juga  sistem remote control melalui saluran telepon.

 

Jenis-jenis Arduino

 

Ada banyak model arduino yang beredar di pasaran, sifat arduino ialah open source, karenanya banyak vendor yang menjual varian yang original atau yang tidak original (Syahwil, 2013).

 

1. Arduino Uno

Merupakan Mikrokontroler yang memiliki 14 pin digital yang berbasis ATmega328, dimana 6 pin dapat digunakan sebagai Output PWM, untuk daya dari board Arduino ini kita dapat menggunakan kabel USB, atau daya eksternal adaptor AC-DC dan baterai (Syahwil, 2013).

 

2. Arduino Leonardo

Atmega43u2 merupakan basis dari Arduino Leonardo yang memiliki 20 pin I/O dan 7 pin output PWM dan 12 pin input , clock speed 16 MHz Crystal oscillator, untuk daya Arduino Leonardo sama dengan Arduino uno (Syahwil, 2013).

 

3. Arduino Nano

Merupakan papan yang berukuran kecil yang berbasis ATmega328, pada arduino uno hanya memiliki catu daya dengan kabel mini-B USB dan tidak memiliki DC jack Power.

 

 Fungsi Arduino sebagai Auto Feeder dalam Budidaya Perikanan

 


 






Fungsi dari alat ini yaitu sebagai alat salah satu system elektronik yang dirancang untuk memberikan pakan secara otomatis pada kolam ikan. Sistem ini dikendalikan menggunakan board Arduino.  Fungsi dari alat ini akan bergerak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pengguna dan ketika pakan sudah hampir habis, maka secara otomatis alat akan memberikan sinyal berupa sms kepada pengguna bahwa pakan sudah hampir habis, sehingga pengguna dapat mengantisipasi pakan yang akan habis.

 

Pada penelitian Andreyanto et al. (2019) menunjukan jika perancangan pakan ikan otomatis ini, dalam pengujian modul gsm terdapat kesalahan sms yang tidak terkirim pada percobaan minggu kedua sebesar 28,57%, dan pada percobaan minggu ketiga sebesar 42,85%. Berdasarkan hasil pengujian pakan ikan yang keluar dari wadahnya didapat 0% error atau kesalahan.

 

Hasil pengujian pakan ikan yang keluar dari wadah pada percobaan minggu kedua kesalahan atau error yang terjadi sebesar 1,06% dan pada percobaan minggu ketiga kesalahan atau error yang terjadi sebesar 3,57%. Lalu wadah pakan dapat terdeteksi habis apabila makanannya tersisa sebesar 20,5gr. Kemudian pada perancangan pakan ikan otomatis ini dilakukan pengujian waktu RTC dengan waktu computer, dan didapat bahwa waktu RTC lebih cepat dibandingkan dengan waktu computer.

 

Harapannya alat ini dapat terintegrasi dengan teknologi terbarukan dan ramah lingkungan semisal menggunakan modul solar cell (tenaga matahari), nilai plus lainnya melalui sistem sumber tegangan alat ini, juga  dapat diaplikasikan di tempat-tempat yang jauh dari sumber listrik. Selamt mencoba … (HS/FMP)

Perkenalkan, Teknologi Pemberian Pakan Otomatis Berbasis Arduino – Makin Ringan Aja … Perkenalkan, Teknologi Pemberian Pakan Otomatis Berbasis Arduino – Makin Ringan Aja … Reviewed by Harri Safiari on 05.56 Rating: 5

Tidak ada komentar