Jimmi IA Brutalla Indonesia, Support Dishut Jabar Tanam Mangrove & Lepaskan Tukik di Muara Citirem Sukabumi

 


Persiapan merehabilitasi lingkungan di Pesisir Pantai Kabupaten Sukabumi - Mangrove & Tukik (Foto:Dok). 

 

 


Algivon – Komunitas pegiat sosial lingkungan hidup Brutalla Indonesia baru-baru ini (30/01/2022) mendukung aksi Dinas Kehutaan (Dishut) Provinsi Jawa Barat melakukan penanaman 1.000 pohon mangrove. Aksi ini dilakukan di Muara Citirem, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

 

Aksi yang diinisiasi Dishut Jabar ini diramaikan oleh sedikitnya 150 orang. Mereka ini berasal dari berbagai komunitas di antaranya Brutalla Indonesia, AIK 81, BKSDH Citirem, Zabra, Himapilihn, dan Muspika Ciracap.

 

Menurut info sumber bibit pohon ini diperoleh dari alumni AIK Angkatan 1981, beupa mangrove dan cemara udang, dengan titik penanaman mulai Muara Citirem hingga Pengumbahan.

 

Kepada redaksi, Jimmy Ilham Affandi Ketua Brutalla Indonesia, dirinya dan rekan-rekannya:”Kami sangat mendukung aksi sosial ini, karena dampaknya amat dirasakan oleh warga yang tinggal di pesisir selatan ini. Apalagi kembalinya fungsi hutan mangrove ini, selain mampu menahan arus laut, juga menjadi tempat ikan bertelur.Terpenting kikisan garis pantai di Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi, terselamatkan.”

 

Pelepasan Tukik   

 

Usai penanaman mangrove pada hari itu dilanjut pelepasan penyu atau tukik di Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. “Indonesia sendiri punya 6 jenis penyu. Kita amat butuh tindakan konservasi penyu agar tidak punah.”



Menuju pelepasan tukik bersama Kepala Dinas Kehutanan Jabar, Epi Kustiawan bersama pegiat lingkungan lainnya. (Foto: Dok). 

 

Lebih jauh menurut Jimmi Ilham Affandi yang menyatakan Brutalla Indonesia memiliki sedikitnya 150-an partisipan aktif yang terdiri atas kaum professional, PNS, kalangan pekerja swasta, mahasiswa dan  pelajar,”semoga aksi yang diinisiasi Dishut Jabar ini terus berlangsung, tidak hanyasekali ini saja.”

 

Secara terpisah redaksi mengkonfirmasi Ketua Umum DPP FK-TANI (Form Komunikasi Tani & Nelayan Indonesia), H Lenny Sukarni, mengetahui rekan jejaringnya bergiat secara nyata dalam konservasi lingkungan di pesisir selatan Kabupaten Sukabumi, memberikan aprsiasi tinggi:”Lanjutkan kegiatan yang satu ini dengan kegiatan sejenis lainnya. Paling tidak selain penyelamatan lingkungan yang berjangka Panjang, para nelayan dan petani setempat semakin sejahtera.” (HS/lingkarpena.id)  


Jimmi IA Brutalla Indonesia, Support Dishut Jabar Tanam Mangrove & Lepaskan Tukik di Muara Citirem Sukabumi  Jimmi IA Brutalla Indonesia,  Support Dishut Jabar Tanam Mangrove & Lepaskan Tukik di Muara Citirem Sukabumi Reviewed by Harri Safiari on 16.54 Rating: 5

Tidak ada komentar