Jreng … Aklamasi untuk Reggy Adriansyah Pimpin ITLA Jabar 2022 - 2026


 Akhir Musda Ke-3 ITLA Jabar memunculkan Reggy Adriansjah Kartawidjaja membiduki organisasi ini untuk 4 tahun ke depan (2022 - 2026) (Foto:Dok Panitia)



Algivon – Galibnya sebuah pesta demokrasi organisasi, seperti helatan  musyawarah tingkat daerah atau nasional, kerap menjadi sebuah ajang unjuk gigi, ajang adu gengsi untuk menunjukkan jati diri. Terkadang, ada yang berupaya secara  rasional maupun klenik, unjuk  kekuatan, adu strategi, menata orasi hingga serangan fajar. Lazimnya, bukan rahasia lagi  para calon ketua yang sudah terverifikasi panitia untuk maju dalam pemilihan, kasak-kusuk bermanuver. Abrakadabra, fenomena unik ini masih banyak terjadi, bukan tidak mungkin sebuah organisasi pecah karena kubu kubuan. Muncul fanatisme berlebih  pada  figur yang dijagokannya, sayangnya  sang  panutan itu tidak terpilih.

 

Konon pada Sabtu (29/1/2022), berlangsunglah perhelatan pesta demokrasi Musyawarah Daerah ke-3 ITLA (Indonesia Tour Leader Association) JABAR di Yello Hotel Bandung. Tapak hadir pada prosesi pembukaan ini, perwakilan unsur pemerintah, Disparbud Provinsi Jabar, Disbudpar Kota Bandung, Ketua GIPI, organisasi kepariwisataan dan elemen pariwisata lain.

 

ITLA  adalah sebuah asosiasi / perkumpulan para  pemimpin perjalanan wisata Indonesia,  ini dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep.55/MEN/III/2009 tentang Penetapan SKKNI Sektor Pariwisata Bidang Jasa Pramuwisata dan Pemimpin Perjalanan Wisata (Tour Leader). Sejak 05 Maret 2009 ITLA terbentuk sebagai sebuah organisasi resmi di Indonesia.



Serah terima pataka ITLA Jabar dari ketua terdahulu Nico Darmawan Effendi kepada ketua baru Reggy Adriansyah Kartawidjaja - Mari menatap bersama ... (Foto:Dok Panitia)

 

“Semoga dengan Musda ITLA III ini adalah momentum untuk mengakselerasi pembangunan Pariwisata Jawa Barat. Untuk itu diharapkan ide ide kreatif khususnya dari ITLA agar sektor pariwisata menjadi lokomotif bagi pembangunan di Jawa Barat,” ungkap Kepala Bidang Pemasaran, Chandrawulan S.STP, MAP mewakili Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

 

Kata Kenny …

 

Dihubungi secara terpisah, Kenny Dewi Kaniasari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mengharapkan ITLA bisa berkolaborasi lebih solid dengan pemerintah dan terus optimis. “Terlebih anggota ITLA sebagai orang terdepan di perjalanan wisata, harus selalu sehat dan kami selaku pemerintah mencoba percepatan booster. Khususnya untuk anggota ITLA Jabar,” tutur  Kenny yang disambut riuh tepuk tangan.

 

SDM Pariwisata …

 

Dalam rangkaian acara musyawarah tingkat daerah ini, dihadirkan beberapa pembicara yang pakar dalam bidang pariwisata untuk Diskusi Panel dengan mengupas tema “Memimpin Masa Depan Baru, Membangun Pariwisata Indonesia.” Acara yang dilakukan secara hybrid ini menarik minat ratusan pegiat, pelaku dan pelajar serta mahasiswa melalui link zoom.

 

“Dunia pendidikan seyogyanya bersinergi dengan industri, asosiasi dan stakeholder lainnya untuk menghasilkan SDM Pariwisata yang unggul. Untuk itu diperlukan kolaborasi dan penyesuaian kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga dunia pendidikan bisa menghasilkan lulusan sesuai dengan harapan,”  demikian Endang Komesty S, SS, MM.Par, CHE,CHRMP yang juga sebagai Ketua Jurusan Perjalanan pada Poltekpar NHI Bandung Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, dulu dikenal dengan nama NHI.

 


 Kemasan apik dari para penyelenggara, memunculkan nuansa teduh dan guyub pada perhelatan Musda Ke-3 ITLA Jabar - Tak sekedar angklung mengalun pada acara pembukaannya, berharap pada kepemimpinan organisasi di masa mendatang selalu mengharum penuh prestasi. (Foto: Dok Panitia)



Reggy Adriansjah Terpilih

 

Alhasil suasana Musda Ke-3 ITLA Jabarberlangsung tenang, teduh dan guyub, semua kalangan sepakat – “Ini jauh dari hingar-bingar perebutan kekuasaan”. Semua bersetuju  berdasarkan hasil Sidang Pleno dan Tata Tertib Organisasi yang mendasarkan pada AD/ART ITLA. Akhirnya, jreng jring jreng dan suara ketok palu pimpinan sidang yang diiringi tepuk tangan membahana di ruangan. Ini mengisyaratkan bahwa, Reggy Adriansjah Kartawidjaja secara sah, dan meyakinkan terpilih,  menerima tongkat kepemimpinan Ketua DPD ITLA Jawa Barat masa bakti 2022 -2026.

 

 “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, semoga Allah mengizinkan saya bisa mengemban amanah dari anggota ITLA Jawa Barat, hanya dengan doa, dukungan, kolaborasi dan semangat dari semuanya kita akan maju,” pungkas Reggy, menutup rangkaian Musyawarah Daerah kali ini. (HS/Josep-ITLA)

Jreng … Aklamasi untuk Reggy Adriansyah Pimpin ITLA Jabar 2022 - 2026 Jreng … Aklamasi untuk Reggy Adriansyah Pimpin ITLA Jabar 2022 - 2026 Reviewed by Harri Safiari on 17.53 Rating: 5

Tidak ada komentar