Pataka 83 Berkumpul di Bandung, Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar - Masih Siap Membina Bangsa



Pataka 83 bukan sekedar berkumpul di Bandung - Masih bersedia menyumbangkan tenaga dan pikiran demi membangun bangsa yang utuh dan kuat (Foto : Harri Safiari)


 

Algivon – Suasana ruangan Ballroom  Kota Baru Parahyangan (KBP), Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat pada Kamis siang, 13 Januari 2022 amatlah berbeda. Pasalnya, sekitar lima puluh personal lebih dari anggota Pataka 83 (Paguyuban Alumni Taruna Akabri ’83) yang tampak kompak dan guyub, berkumpul sambil bersenandung-ria. Mereka ini yang rata-rata tinggal di Bandung, Jakrta, dan Yogyakarta, sebelumnya pada pagi harinya telah melakukan aneka kegiatan seperti olahraga golf, jalan santai, dan bergowes-ria bersama sambil menghirup udara segar di Kawasan KBP.

 

Kepada redaksi Brigjen (Purn) Taufik Hidayat yang kini aktif selaku Ketua DPRD Jabar, masih dalam suasana sumringah menyatakan merasa bersyukur masih bisa berkumpul bersama rekan-rekan di Pataka 83 secara produktif. Dan menurutnya, nanti pertemuan Pataka 83 pada 22 Februari di Jakarta akan berlangsung secara nasional:



Api nan tak kunjung padam dari member Pataka 83 Persahabatan untuk selamanya .... (Foto: Harri Safiari)



 

”Di antara para rekan ini ada yang masih aktif dalam kegiatan kemasayarakatan, turut serta masih membina bangsa di berbagai lini. Padahal rata-rata sudah bercucu, namun kami masih bersemangat,” ujarnya dengan tertawa sambil menambahkan –“Setidaknya, dengan kegiatan ini kami, selalu segar, dan terhindar dari penyakit pikun.”

 

 

Kesatuan & Persatuan Bangsa


 

Sementara itu Mayjen (Purn) Musa Bangun yang sehari-hari dikenal juga sebagai Ketua Umum PPIR (Purnawirawan Pejung Indonesia Raya), seakan memperkuat pendapat rekannya Taufik Hidayat:”Melalui pertemuan ini kami sambil mengenang masa-masa perjuangan di pendidikan pada era 1980-an, siapa tahu tenaga dan pikiran kami masih bisa bermanfaat untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dan ini sudah dibuktikan oleh beberapa rekan yang masih atif di partai politik, sektor swasta, serta lainnya.”

 

Makna lainnya dari pertemuan yang tak sekedar kangen-kangenan ini menurut Jenderal (Purn) Jans Sembiring SE yang mengaku dirinya sebagai anak Medan namun sudah lama tinggl di Jawa Barat sebagai ‘Basun’ (Batak – Sunda) karena telah beristrikan orang Rangkas Bitung, malahan sering datang ke Bandung untuk menikmati alam Parahyangan yang indah:


“Kami pada usia menjelang senja ini melalui perkumpulan Pataka 83, sedikitnya masih bisa bertukar pikiran dan terkadang masih melakukan aksi sosial bersama untuk memperkokoh kesatuan bangsa di segala lini. Benar seperti kata Pak Taufik Hidayat tadi, selain berusaha masih produktif bagi NKRI juga agar kami tidak cepat pikun,” ujarnya dengan menambahkan –“Bersyukurlah kami bersama masyarakat masih bisa membangun sesuai dengan kemampuan yang ada, ini kami sangat syukuri. Semoga kita sehat-sehat selalu.”



Masih bersemangat dan siap membina serta memoertahankan NKRI harga mati (Foto: Fajar).


 

Dalam pengamatan para awak media hadir dalam pertemuan Pataka 83 kali ini di antaranya Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Mayjen (Purn) Dedi Kusnadi Thamim. Uniknya dalam momen ini, ia bersama rekan-rekan seangkatannya sempat mengumandangkan sebuah lagu.

 

Sekedar info, perkumpulan Pataka 83 ini pada tahun 2022 telah menginjak pada usia ke-39. Tercatat pada dokumentasi tahun 2011 lalu, jumlah anggota Pataka 83 ada 414 orang terdiri atas matra darat 184 orang, matra laut 85 orang, matra udara 65 orang, dan kepolisian 83 orang yang berdinas di seluruh wilayah Indonesia. (HS/BRH/HL)   

Pataka 83 Berkumpul di Bandung, Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar - Masih Siap Membina Bangsa Pataka 83 Berkumpul di Bandung, Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar - Masih Siap Membina Bangsa  Reviewed by Harri Safiari on 22.33 Rating: 5

Tidak ada komentar