BMC di Saung Angklung Udjo Sambut Hari Musik Nasional 2023, Erlan Effendy: Ajak Seniman Ikut Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan



Para seniman yang tergabung dalam Bandung Music Council & Saung Angklung Udjo bersepakat membuka kesempatan ke seniman lain untuk bergabung dalam konteks 'keluarga besar' anggota Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan - Insya Alloh maslahat bagi kita semua... (Foto: Ist.) 



 

Algivon – Nyaris luput dari pantauan para pegiat media di Kota Bandung, galibnya momentum Bandung Music Council (BMC) yang dideklarasikan sejak 2016, dan keberadaannya di bawah naungan Yayasan Bandung Musik Indonesia (YBMI), kembali dalam kaitan Hari Musik Nasional pada 9 Maret 2023 di Saung Angklung Udjo (SAU) di Jalan Padasuka No 118 Kota Bandung Jawa Barat, dengan mengusung tema 'Perlindungan Seniman' kembali membuka kesempatan bagi para pelaku seni agar terhindar dari musibah yang selama ini kerap terjadi:

 

“Kami dari BMC bekerjasama dengan  dengan SAU secara khusus memberikan penerangan, apa itu jaminan kecelakaan kerja bagi seluruh pelaku seni yang bekerja dan berkontribusi di sini. BMC pun mengajak seniman lain, Mari kita menjaminkan diri sendiri agar terhindar dari musibah kecelakakaan. Insya Alloh, kita semua mendapatkan fasilitas jaminan kecelakaan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan. Insya Alloh prosedurnya pun amat mudah…” papar Erlan Effendy Ketua BMC.  


Para seniman saat peringatan Hari Musik Nasional 2023 di Saung Angklung Udjo di Kota Bandung, berhimpun, demi kemaslahatan dan ikut serta secara sukarela pada Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan - Berjaga-jaga sebelum                                                                                 terjadi .... (Foto: Ist.) 

 


Lebih Aware ...


Sementara itu salah satu tokoh seniman di Kota Bandung R Rizky Adiwilaga yang kerap disapa Abah Kiki, masih di tempat yang sama disela-sela mengucapkan tahniah kepada seluruh seniman atau musisi yang ada di Indonesia dan di Bandung khususnya, Ia kembali mengingatkan kepada sesamanya:   

 

“Sejak saat ini para musisi atau seniman pada umumnya, harus lebih aware atau peduli, terutama dalam hal aspek-aspek hukum hukum di bidang musik. Termasuk, dalam hal ini tentang perlindungan keselamatan dirinya seperti yang cukup gencar dihimbaukan oleh BMC untuk terdaftar pada fasilitas jaminan kecelakaan kerja ,” papar Abah Kiki.

 

Labih jauh menurut sang ‘Tuan Rumah’ dari helatan Hari Musik Nasional yang berkolaborasi dengan BMC di SAU di Jalan Padasuka No. 118 Kota Bandung, tak lain President at Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat Udjo, menyatakan:

 

“Hari ini kami membagikan kartu BPJS yang difasilitasi oleh BMC. Akhirnya, seniman-seniman kami di SAU hari ini, tentu sangat berbahagia menerima kartu ini. Yakin, kartu itu akan bermanfaat. Kami mengajak seniman lain di Bandung khususnya untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan ini,” papar Taufik Hidayat Udjo.



 


Pada akhir reportase ini kepada redaksi Erlan Effendy memberi keyakinan, secara bertahap akan semakin banyak para seniman di Kota Bandung yang ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini:

 

“Bayangkan hanya cukup iuran Rp. 16.800 per bulan ini sih amit-amit ya? Akan  ada jaminan pengobatan tuntas bila kita terkena musibah kecelakaan. Persyaratannya, mudah, cukup NIK, No. HP atau email,” pungkas Erlan Effendy. (HS/Rls)    


BMC di Saung Angklung Udjo Sambut Hari Musik Nasional 2023, Erlan Effendy: Ajak Seniman Ikut Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan BMC di Saung Angklung Udjo Sambut Hari Musik Nasional 2023, Erlan Effendy: Ajak Seniman Ikut Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan Reviewed by Harri Safiari on 22.40 Rating: 5

Tidak ada komentar