Peringati Hari Musik Nasional 2023, ini Sekilas Kata Kang 'Opik' Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar

 




Kang Opik sapaan Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat (kanan) bersama istri dr. Rinrin Merinova yang juga dikenal sebagai pecinta seni - Mari, kita pelihara dan kembangkan potensi musik Indonesia (Foto: ig taufikhidayat_dprdjawabarat).

 


 

Algivon – Di Indonesia, setiap tahun ada peringatan Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret. Boleh ditebak, tujuan peringatan rutin ini tak lain agar warga Indonesia memberikan apresiasi khusus terhadap musik Indonesia, yang begitu beragam dari setiap jengkal tanahnya yang terdiri dari 17 ribuan pulau-pulaunya, untuk sekitar 270 juta populasinya.

 

“Sederhananya, hidup tanpa alunan musik, dari irama apapun, dipastikan akan terasa hampa,” demikian dalam beberapa kali kesempatan terlontar dari Kang Opik sapaan akrab dari Ketua DPRD Jabar, Brigjen TNI (Purn) H. Taufik Hidayat S.H., M.H..

 

Uniknya, Kang Opik ini walaupun cukup lama berkarir di bidang militer, pria kelahiran Cirebon dan dibesarkan di Cikampek, Jawa Barat ini, memiliki talenta khusus di dunia pedalangan, hususnya seni adiluhung wayang golek.

 

“Tentu saya dalam kesempatan tertentu, di dalam dan luar negeri pernah mendalang. Ini merupakan kegiatan yang tak terpisahkan bagi diri saya, semata demi memelihara keberadaan seni adiluhung bangsa kita. Ya, di antaranya seni wayang golek di Tanah Pasundan ini,” paparnya dalam suatu kesempatan.

 

Terkait dengan Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret, Kang Opik mengapresiasi semua kalangan dari lintas komunitas dan generasi untuk:

 

“Teruslah para seniman dan pegiat seni di segala bidang, berkarya, lalu melestarikan, mengembangkan seni tradisi maupun  modern. Panduannya, semoga selaras dengan budaya dan nilai yang dikandung bangsa,” ujarnya sambil memungkas – “Musik itu bersifat universal dan multidi mensional. Ia adalah representasi nilai-nilai luhur kemanusiaan. Karenanya, musik itu punya peran strategis dalam pembangunan karakter bangsa.” (HS/Rls)   

 

 


Peringati Hari Musik Nasional 2023, ini Sekilas Kata Kang 'Opik' Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Peringati Hari Musik Nasional 2023, ini Sekilas Kata Kang 'Opik' Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar      Reviewed by Harri Safiari on 01.40 Rating: 5

Tidak ada komentar