Rahmawati Mulia, Camat Antapani via Musrenbang 2023 Wujudkan Mimpi Kota Bandung

 

Bersama warga Antapani melalui Musrenbang berusaha mewujudkan mimpi Kota Bandung kondisi unggul, nyaman, sejahtera dan agamis. (Foto: Dok Ist) 



 

Algivon -- Antapani, aalah salah satu  kecamatan yang disebut-sebut pada era 2020-an sebagai kecamatan dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Kota Bandung. Namun demikian masih punya mimpi yang  selaras dengan visi Kota Bandung, di antaranya  ‘Memantapkan kualitas infrastruktur dan lingkungan dalam mendukung perekonomian kota menuju Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis’.

 

 ‘Mimpi-mimpi Antapani’ ini  di antaranya dipaparkan Camat Antapani, Rahmawati Mulia dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023 Tingkat Kecamatan Antapani Kota Bandung, yang berlangsung di Gedung Setia Bintang Graha, Jalan Terusan Jakarta, Bandung Selasa 31 Januari 2022.

 

“Ada enam mimpi Antapani yang sedang diupayakan perwjudannya,” ungkap Rahmawati. Pertama,  memindahkan kantor kecamatan; Kedua, revitalisasi lapangan Gasmin (Gasibu Mini); Ketiga, penataan PKL; Keempat, pemeliharaan dan pengawasan bantaram sungai (Cidurian dan Cipamokolan); Kelima, mengoptimalkan fungsi terminal Antapani; Keenam, kerja sama dengan PT KAI memanfaatkan lahan sawah menjadi Buruan SAE.

 

Prioritas itu …

 

Dari enam mimpi itu menurut Rahmawati memindahkan kantor kecamatan adalah perhatian utama atau prioritas, dan mendapat sambutan dari peserta musrenbang. Dewasa ini aktivitas kantor kecamatan yang membawahi 63 RW dan 342 RT ini sering kali menghadapi hambatan teknis, karena daya tampung perkantorannya tidak seimbang dengan kegiatan administratif sehari-hari.



Ini, salah satu mimpi warga Kecamatan Antapani Kota Bandung ... (Foto: Dok. Ist)


 

Lebi lanjut Rahmawati pernah mengatakan, “Kalau ada Pemilu, Pilpres Pilgub atau Pilwalkot dan kegiatan lainnya yang memerlukan pergudangan, kami betul-betul mengalami kesulitan.” Paparan Ibu Camat ini tak urung jadi bincangan para peserta musrenbang di jeda rehat pertemuan tersebut. Terungkap juga keluhan warga yang tinggal di 3 wilayah perbatasan dengan kecamatan lain. Mereka mengalami kesulitan mobilitas apabila harus mengurus administrasi ke kantor kecamatan di Jalan AH. Nasution dekat Cikadut.

 

Usulan pemindahan kantor kecamatan ke lingkar Gasmin ini disambut baik karena kelak kantor kecamatan Antapani berada di tengah pemukiman warga di kecamatan seluas 400,543 hektar ini. Seperti sudah dikenal warga setempat, di lingkar Gasmin terdapat gedung berlantai 3 yang dikelola IPPHI (Ikatan Persaudaraan Haji) Kota Bandung. Diawal-awal keberadaanya warga setempat mengenalnya dengan sebutan wisma haji, namun lebih sering sekadar disewakan untuk resepsi khitanan, pernikahan atau pertemuan lainnya.


Camat Antapani, Rahmawati Mulia  bersama warga berusaha mewujudkan mimpi-mimpi itu. (Dok. Ist) 


 

Ungkapan kehendak warga tersebut terwakili oleh Prof. Dr. Asep Warlan. S.H., M.H sebagai pembicara representatif  Forum Peduli Antapani. Menurutnya, kantor kecamatan Antapani memang seharusnya berlokasi di tengah masyarakat lalu  mengajak seluruh lapisan masyrakat warga Antapani membangun kebersamaan untuk mewujudkan ‘mimpi-mimpi’ tersebut. “Demi mewujudkan niat baik kita memang perlu kebersamaan, karena dengan kebersamaan kita akan memiliki kekuatan,” tegasnya.

 

Beberapa usulan lain dari musrenbang ini di antaranya tertuju  kepada Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Dinas Perhubungan Kota Bandung, ini berkenaan semakin padatnya lalulintas di Antapani. Salah satu opsi penanggulannya  diperlukan perbaikan infrastruktur, penerangan jalan umum, juga lingkungan. Yang dirasakan mendesak adalah perbaikan zebra cross, dan pengadaan rambu-rambu  lalulintas, demi keselamatan para pejalan kaki. (HS/AR)


Rahmawati Mulia, Camat Antapani via Musrenbang 2023 Wujudkan Mimpi Kota Bandung Rahmawati Mulia, Camat Antapani via Musrenbang 2023 Wujudkan Mimpi Kota Bandung Reviewed by Harri Safiari on 14.54 Rating: 5

Tidak ada komentar