Koordinator Presidium KAHMI Jabar Singgung Isu Periode Presiden di Rakornas IV Batam: Tidak Lupa terhadap Konstitusi …

 



Tuanku Jhoni Martiyus Sutan Sarialam (kiri) asal tidak lupa terhadap konstitusi, amanah para pendahulu kita dan perjuangan para pahlawan yang memiliki cita-cita luhur ...(Foto Dok:Ist -25/2/2022)

 

 

Algivon – Saat Rakornas IV Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Nasional di Batam, Kepri yang dibuka oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sopyan Djalil Jumat (25/2/2022) dan ditutup oleh Prof.Dr. Anies Baswedan, PH.D, muncul beragam pendapat.

 

Salah satunya dari peserta  Rakornas yang juga Koordinator Presidium KAHMI Jabar , Tuanku Jhoni Martiyus Sutan Sarialam yang datang bersama Sekum Dr.Fahruz Zaman serta salah satu Presedium Kahmi Jabar, Kurnia Alfarizi. Menurut Tuanku Jhoni Martiyus Sutan Sarialam dirinya berharap, Rakornas ke-IV bisa melahirkan konsolidasi gagasan yang kritis serta solutif bagi situasi dan kondisi Kahmi dan Kebangsaan saat ini.

 

Bagaimana tidak, dalam konteks kehidupan kebangsaan, saat ini tata kelola demokrasi kita sedang diuji oleh elit politik dengan berbagai relasi kekuasaanya yang ingin mendapatkan kesempatan mengukuhkan posisi dan kepentingan.

 

Menurut Jhoni itu hal yang wajar, asal tidak lupa terhadap konstitusi, amanah para pendahulu kita dan perjuangan para pahlawan yang memiliki cita-cita luhur yang ingin mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, bermartabat dan memiliki peradaban yang mulia.

 

Terkait hal tersebut penting sekali pemikiran yang jernih, mendalam dan berimplikasi besar terhadap perjalanan demokrasi, perkembangan pembangunan serta tatanan ekonomi yang berkeadilan, berkelanjutan dan penuh keberkahan maslahat,” tegas Jhoni kepada redaksi pada,  Minggu, (27/2/2022).

  

Jhoni menjelaskan, ada beberapa hal yang harus mendapatkan perhatian khusus, di antaranya, isu perpanjangan masa periode presiden dan kondisi ekonomi nasional di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

 

Katanya,"isu perpanjangan masa periode presiden akan berdampak pada stabilitas politik. Saya menyakini di situasi pandemi Covid-19, pemerintah tetap fokus pada bidang kesehatan dan jaminan pelayanan kesehatan masyarakat,” ujarnya

 

Semoga Momentum Rakornas IV Kahmi tepat dijadikan jalan untuk melakukan transformasi dan perbaikan tata kelola kesehatan di Indonesia,” tegas Jhoni.

 

 

Evaluasi Kinerja Menag …

 

 

Selain itu lelaki yang juga merupakan masih keturunan pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol tersebut menggarisbawahi bahwa di bidang ekonomi terkait pelayanan terhadap kebutuhan  pokok masyarakat lebih utama dibanding mengejar pertumbuhan ekonomi, " paparnya.

 

Masih menurutnya, "pertumbuhan ekonomi akan muncul jika suasana kebatinan rakyat, pengusaha, investor merasa aman, nyaman serta tertata dengan baik.

 

“Kunci dalam ekonomi bagaimana roda produksi dan rantai pasok dijaga dan dikontrol dengan baik dengan dukungan suplai energi primer bagi industri kelistrikan terjamin. Maka stabilitas harga pangan dan kebutuhan pokok terjaga,” imbuhnya.

 

Menyinggung tentang kebijakan fiskal, dirinya menyarankan ada hal yang harus lebih fokus sehingga lebih kontributif bagi pergerakan ekonomi lokal daerah, serta rakyat kecil dan menengah.

 

“Dari sudut pandang ekonomi makro, pemerintah harus melakukan mitigasi risiko pada goncangan akibat situasi geopolitik saat ini, mereview kembali neraca perdagangan dan utang negara. Dengan begitu, ruang fiskal dan kondisi moneter kita baik dan menjadi modal pembangunan ekonomi serta mendukung pertumbuhan ekonomi,”tandasnya.

 

Di akhir realese nya Tuanku Jhoni Martiyus Sutan Sarialam  mendorong Majelis  Nasional KAHMI dan seluruh civitas korp alumni HMI untuk meminta Presiden Jokowi mengevaluasi kinerja Menag Yaqut Cholil atas pernyataannya tentang pemakaian toa untuk azhan yang melukainya perasaan umat Islam Se- Indonesia," pungkasnya. (HS/Ed)


Koordinator Presidium KAHMI Jabar Singgung Isu Periode Presiden di Rakornas IV Batam: Tidak Lupa terhadap Konstitusi …   Koordinator Presidium KAHMI Jabar Singgung Isu Periode Presiden di Rakornas IV Batam: Tidak Lupa terhadap Konstitusi … Reviewed by Harri Safiari on 09.13 Rating: 5

Tidak ada komentar