Terjadi Pengusiran Dirut PHI Chalid Said Salim Saat RDP dengan Komisi VII DPR RI


Suasana Rapat dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan PT. Pertamina Hulu Energi, PT PHR dan PT. PHM (10/4/2023) . (Foto : Ist).





Algivon - terjadi insiden pengusiran Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia, Chalid Said Salim oleh anggota Komisi VII DPR RI saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), Senin 10 April 2023.


Insiden pengusiran ini adalah buntut dari tidak hadirnya Direktur Utama PHI, Chalid Said Salim dalam kunjungan kerja (kunker) spesifik Komisi VII ke Pertamina Hulu Mahakam (PHM) di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 7 Februari 2023 lalu.


Pada Senin itu, belum lama rapat dengar pendapat yang dipimpin Sugeng Suparwoto dibuka, saat Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Wiko Migantoro akan menyampaikan presentasi, Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PAN, Nasril Bahar, intrupsi dan menceritakan, ketika komisi VII melakukan kujunjungan spesifik ke Pertamina Hulu Mahakam di Kalimantan Timur, Direktur Utama PHI, Chalid Said Salim tidak hadir pada kunjungan tersebut. 


"Kami landing di Kalimantan Timur jam 10 pagi seharusnya kita melakukan kunjungan ke PHM berhubung karena Dirut PHI tidak hadir di sana sampai jam 8 malam kita tidak ada kegiatan sama sekali, padahal rombongan Komisi VII full capacity," cerita Nasril Bahar. 


Akhirnya pada jam 8 malam dilakukan Focus Group Discussion (FGD) yang dipimpin oleh SKK Migas. Hadir pada waktu kunjungan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi; Prof. Ir. Tutuka Ariadji M.Sc., PhD., Deputi Eksploitasi SKK Migas; Wahju Wibowo, Direktur Utama PHE; Wiko Migantoro, dan General Manager PHM; Krisna.


Adapun ketika pihaknya mempertanyakan ketidakhadiran direktur utama PHI kepada direktur Utama PHE; Wiko Migantoro, tidak ada alasan dan kabar spesifik mengenai hal ini. 


"Saya pikir ini sebuah pelecehan pada parlemen. Sama sekali tidak ada penghargaan Komisi VII di hadapan PHM saat kunjungan kerja," ujar Nasril Bahar. 


Selain itu, anggota Komisi VII dari Fraksi PKS, Lamhot Sinaga menambahkan, pada kunjungan kerja pada 7 Februari 2023 lalu, Lamhot sempat mengatakan kepada Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE), Wiko Migantoro, bahwa rombongan parlemen akan menunggu hingga Dirut PHI hadir. 


"Ternyata yang bersangkutan tidak hadir bahkan sampai rapat hari ini tidak ada surat pernyataan apapun atas ketidakhadiran saat itu," ujar Lamhot Sinaga. 


Direktur PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang juga Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), Chalid Said Salim meminta maaf atas ketidakhadiran dalam kunjungan kerja spesifik tersebut. 


Chalid menjelaskan pada saat itu pihaknya sedang melakukan rapat bersama dengan komisaris PHM dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait rencana jangka panjang perusahaan. 


"Selain itu kami juga berdiskusi tentang insentif Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PKHT) terkait blok kami dengan komisaris PHE dan ada beberapa dari Kementerian ESDM," ujar Chalid Said Salim. 


Namun, jawaban Chalid Said Salim tidak memenuhi harapan dari anggota Komisi VII DPR RI sehingga pimpinan Rapat Dengar Pendapat (RDP), Sugeng Suparwoto mengambil sikap untuk meminta Chalid segera keluar dari ruang rapat supaya rapat bisa segera dimulai.


Insiden pengusiran terjadi pada Direktur Utama PHI, Chalid Said Salim dan rapat dilanjutkan dengan presentasi perkembangan PHE oleh Wiko Migantoro. (HS/Rls).

Terjadi Pengusiran Dirut PHI Chalid Said Salim Saat RDP dengan Komisi VII DPR RI Terjadi Pengusiran Dirut PHI Chalid Said Salim Saat RDP dengan Komisi VII DPR RI Reviewed by Harri Safiari on 21.15 Rating: 5

Tidak ada komentar