Beberesih Vandalisme ala Kang TH, Bikin Kinclong Tiang Listrik



Para relawan di titik pintu msuk Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara - Kali ini fokus melabur tiang listrik dan telepon yang sudah berkarat, semoga menjadi kinclong... (Foto: Dok Ist.).




Algivon -- Giliran tiang listrik di sepanjang Jalan Pajajaran Kota Bandung, mulai dari gerbang Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara (24/10/2022) hingga ke sekitar Kantor KONI Jabar. Pemerakarsanya, yang bikin kinclong tiang listrik itu, tim relawan bentukan Kang TH. Tak lain Kang TH adalah sapaan akrab Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar (2019 - 2024), ia inisiator 'gercep' (gerakan cepat) anti vandalisme Kota Bandung yang digaungkan sejak awal September 2022 lalu.


"Hari ini melanjutkan dari beberapa titik sebelumnya, setelah disisir, itu tiang listrik di Jalan Pajajaran ini pada berkarat. Termasuk vandalismenya juga kami labur lagi. Nah, minggu ini atau minggu depan, dana untuk gerakan ini setiap kelurahann @ Rp. 30 Juta  (151 kelurahan di Bandung -Red), mungkin cair. Semoga membantu kelancaran program ini," papar Ir. Kurnia Solihat anggota DPRD Kota Bandung yang hadir didampingi sesama rekannya Nunung Nurasiah, S.Pd.


Nunung Nurasiah menanggapi sudah turunnya dana stimulan untuk menyukseskan program beberesih di Kota Bandung pada 2022:


"Harapannya, anggaran ini dapat dimanfaatkan secara maksimal di tiap kelurahan. Tentu, pengawasannya akan ditingkatkan, demi efektifitas dan tepat sasaran," kata Nunung Nurasiah sambil menambahkan - "Sejatinya, kebersihan dan keindahan itu tanggung jawab kita semua." 


Pada kesempatan yang sama pendamping Kang TH, Brigjen TNI (Purn) Syahrudin yang merasa bergembira karena program ini telah menular ke beberapa kota dan kabupaten di Jabar, dirinya ditemani Korlap Aksi Beberesih Anti Vandalisme Tony Wijaya kepada redaksi, menyatakan: 


"Hari ini ada 30 relawan terjun ke lapangan. Fokus pelaburan tiang listrik dan beberapa titik yang ada corat-coretnya. Dua dukungan anggota DPRD ini, penyemangat bagi para relawan. Ditambah tadi ada dukungan logistik dari Danlanud Husein Sastranegara Pak I Gusti Putu Setia Darma, terima kasih atas perhatiannya." 



Pembiaran, Hindarkan ...



Secara terpisah Agus Sumas dan Feri, dua-duanya warga Ciumbuleuit Kota Bandung, selaku relawan yang sejak awal ikut kegiatan ini, menyatakan rasa syukur dalam setiap kegiatannya selalu direspon baik warga. 



Berbagai tiang fasilitas umum di kota Bandung tepatnya di sekitar Jalan Pajajaran hari ini (24/10/2022) oleh relawan Kang TH dilabur (Foto: Dok. Ist).



"Pada dasarnya mah warga itu selalu mendukung, menjadikan kota tetap bersih dan indah. Asal, fasilitas umum ini diberi perhatian khusus pihak yang berwenang. Hindarkan saja pembiaran, bila ingin kondisinya tetap prima."


Lainnya, Tatang  Sasmita (32) warga di Jalan Baladewa Kota Bandung yang berprofesi sebagai sales marketing di sebuah perusahaan swasta, mengetahui adanya 'gercep' anti vandalisme ini, menyatakan tanda apresiasi:


"Teruskan ya, perangi kekumuhan tiang listrik yang karatan lama dibiarkan. Bikin kinclong yang coreng-moreng.  Pikirkan juga, penyaluran tangan-tangan gatal kreator vandalisme. Rasanya, aktivis sosial dan seniman, serta pihak berwenang bila berkolaborasi, bisa mengatasi hal ini," ungkapnya. 


Secara terpisah Kang TH yang dikontak redaksi via telepon pada sore hari itu, mengapresiasi hasil pekerjaan para relawan hari ini. "Terima kasih kepada para relawan yang terus dari hari kehari terlibat dalam program ini. Yang lebih menggembirakan ternyata menular juga hingga ke Bandung raya dan daerah lainnya. Masih panjang, garapan iniyang kini diramaikan secara lintas komunitas, lintas wilayah, dan bahkan lintas partai," tutupnya. (Harri Safiari& Tim ).

 


 

Beberesih Vandalisme ala Kang TH, Bikin Kinclong Tiang Listrik Beberesih Vandalisme ala Kang TH, Bikin Kinclong Tiang Listrik  Reviewed by Harri Safiari on 18.20 Rating: 5

1 komentar